02 Januari 2014
كيفيّة رفع اليدين مع التكبير ؛ سواء في تكبيرة الإحرام أو تكبيرات الانتقال عند السنّة | BERBAGAI CARA ATAU KAIFIYYAH MENGANGKAT TANGAN BAIK DALAM TAKBIRATUL IHRAM ATAU TAKBIRATUL INTIQOOL MENURUT SUNNAH
a). MENGANGKAT KEDUA TANGAN SEJAJAR DENGAN PUNDAK.
[HR. Bukhari]
Sebagaimana hadits dari Abdullah bin Umar radliyyallaahu 'anhuma :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ قَالَ أَخْبَرَنَا عَبْدُ اللَّهِ قَالَ أَخْبَرَنَا يُونُسُ عَنْ الزُّهْرِيِّ أَخْبَرَنِي سَالِمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ فِي الصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يَكُونَا حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَكَانَ يَفْعَلُ ذَلِكَ حِينَ يُكَبِّرُ لِلرُّكُوعِ وَيَفْعَلُ ذَلِكَ إِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنْ الرُّكُوعِ وَيَقُولُ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ وَلاَ يَفْعَلُ ذَلِكَ فِي السُّجُودِ.
(رواه البخاري في صحيحه : 187:1، رقم الحديث : 736)
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Muqootil. Dia berkata : Telah menceritakan kepada kami Abdullah. Dia berkata : Telah menceritakan kepada kami. Dia berkata : Yunus, dari Al Zuhriy. Telah menceritakan kepadaku Salim bin Abdillah, dari Abdillah bin 'Umar radliyyallaahu 'anhuma beliau berkata :
Aku melihat Rasulullah Shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika berdiri dalam sholat mengangkat kedua tangannya hingga keduanya sejajar dengan pundaknya dan adalah beliau mengerjakan demikian itu ketika bertakbir untuk ruku’ dan beliau mengerjakan hal itu ketika mengangkat kepalanya dari ruku’ seraya berucap :”Sami’allohu liman hamidah” dan beliau tidak melakukannya hal tersebut pada saat sujud.
(HR. Bukhari : I/ 187 no hadits. 736)
b). MENGANGKAT KEDUA TANGAN SEJAJAR DENGAN KEDUA TELINGA.
[HR. Muslim dn Nasa'i]
Sebagaimana hadits dari Al-Huwairits radliyyallaahu 'anhu :
عَنْ مَالِكِ بْنِ الْحُوَيْرِثِ أَنَّ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم كَانَ إِذَا كَبَّرَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا أُذُنَيْهِ, وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى يُحَاذِيَ بِهِمَا أُذُنَيْهِ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ فَقَالَ : سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ , فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ.
(رواه مسلم في صحيحه : 7/2)
Dari Malik bin Al-Huwairits radliyyallaahu 'anhu bahwa sesungguhnya Rasulullah Shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika bertakbir mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan kedua telinganya. Dan ketika ruku’, beliau mengangkat kedua tangannya hingga sejajar dengan dua telinganya dan ketika mengangkat kepala dari ruku’, beliau berucap:”Sami’allohu liman hamidah.” Beliau mengerjakan seperti hal tersebut.
(HR Muslim II: 7)
عَنْ وَائِلِ بْنِ حُجَْرٍ أَنَّهُ رَأَى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم إِذَا افْتَتَحَ الصَّلاَةَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى تَكَادَ إِبْهَامَاهُ تُحَاذِى شَحْمَةَ أُذُنَيْهِ.
(رواه النسائى : 123/2)
Dari Wail bin Hujr bahwa sesungguhnya ia melihat Rasulullah Shalallaahu 'alaihi wasallama ketika memulai sholat mengangkat kedua tangannya hingga hampir-hampir ibu jari mendekati kedua telinganya.
( HR AN-Nasaiy II : 123).
c). MENGANGKAT KEDUA TANGAN LEBIH TINGGI DARI TELINGA.
[HR. Baihaqiy]
Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah radliyyallaahu 'anhu :
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْهُ رَأَيْتُ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم يَرْفَعُ يَدَيْهِ مَدًّا يَعْنِى فِى الصَّلاَةِ.
(رواه البيهقى : 27/2 )
Dari Abu Hurorioh radliyyallaahu 'anhu berkata:” Aku melihat Rasulullah Shalallaahu 'alaihi wa sallama mengangkat kedua tangannya dengan memanjangkan (kedua tangannya) di dalam sholat.
(HR Al-Baihaqy II:27).
d). MENGANGKAT KEDUA TANGAN SETINGGI DADA. [HR. Abu Dawud]
Sebagaimana hadits dari Wail bin Hujrin :
عَنْ وَائِلَ بْنِ حُجْرٍ قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم حِيْنَ افْتَتَحَ الصَّلاَةَ رَفَعَ يَدَيْهِ حَيَالَ أُذُنَيْهِ قَالَ ثُمَّ أَتَيْتُهُمْ فَرَأَيْتُهُمْ يَرْفَعُوْنَ أَيْدِيَهِمْ إِلَى صُدُوْرِهِمْ فِى إِفْتِتَاحِ الصَّلاَةِ وَعَلَيْهِمْ بَرَانِسُ.
(رواه أبو داود : 193/1 )
Dari Wail bin Hujr berkata:”Aku melihat Nabi Shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika memulai sholat mengangkat kedua tangannya ke arah telinganya. Kemudian Wail bin Hujr berkata:”Saya mendatangi mereka dan saya melihat mereka mengangkat tangan sampai pada dada-dada mereka di dalam memulai sholat dan mereka memakai baronis (mantel bertudung kepala).
(HR Abu Dawud I :193).
2. CARA MENGANGKAT TANGAN:
Membuka jari dengan tidak perlu merenggangkan dan tidak terlalu merapatkan serta menghadapkan telapak tangan ke arah kiblat. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah radliyyallaahu 'anhu :
عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عنه أَنَّ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم كَانَ اِذَا افْتَتَحَ الصَّلاَةَ نَشَرَ أَصَابِعَهُ نَشْرًا.
(رواه البيهقى : 27/2 )
Dari Abu Hiuroiroh radliyyallaahu 'anhu bahwa adalah Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika memulai sholat merenggangkan jari-jarinya.
(HR Al-Baihaqy II : 27).
3. MENGANGKAT DUA TANGAN DILAKUKAN PADA 4 WAKTU:
a). Ketika Takbiratul Ihram.
[HR. Bukhari]
Sebagaimana hadits dari Naafi’ dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma :
عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ إِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَهُ يَدَيْهِ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَرَفَعَ ذَلِكَ ابْنُ عُمَرَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم.
(رواه البخاري : 188/1)
Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa sesungguhnya Ibnu Umar ketika masuk sholat bertakbir dan mengangkat kedua tangannya. Dan ketika ruku’ mengangkat kedua tangannya. Dan ketika mengucap “Sami’allohu liman hamidah” mengangkat kedua tangannya dan ketika berdiri dari roka’at kedua mengangkat kedua tangannya. Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma meriwayatkan perbuatan ini dari Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama.
(HR. Bukhari : I/ 188. Hadits Marfu')
b). Ketika Ruku'.
[HR. Bukhari]
Sebagaimana hadits dari Nafi’ dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'annhuma :
عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ إِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَرَفَعَ ذَلِكَ ابْنُ عُمَرَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم.
(رواه البخاري : 188/1)
Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma
ketika masuk sholat bertakbir dan mengangkat kedua tangannya dan ketika ruku’ mengangkat kedua tangannya dan ketika mengucap “Sami’allohu liman hamidah” mengangkat kedua tangannya dan ketika berdiri dari roka’at kedua mengangkat kedua tangannya. Dan Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma meriwayatkan perbuatan ini dari Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama.
(HR Bukhari : I/ 188. Hadits Marfu')
c). Ketika I'tidal atau ketika bangun dr Ruku'. [HR. Bukhari]
Sebagaimana hadits dari Naafi’ dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma :
عَنْ نَافِعٍ أَنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ إِذَا دَخَلَ فِى الصَّلاَةِ كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا رَكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا قَامَ مِنَ الرَّكْعَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَرَفَعَ ذَلِكَ ابْنُ عُمَرَ إِلَى النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم.
(رواه البخاري : 188/1)
Diriwayatkan dari Nafi’ bahwa Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma
ketika masuk sholat bertakbir dan mengangkat kedua tangannya dan ketika ruku’ mengangkat kedua tangannya dan ketika mengucap “Sami’allohu liman hamidah” mengangkat kedua tangannya dan ketika berdiri dari roka’at kedua mengangkat kedua tangannya. Dan Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma meriwayatkan perbuatan ini dari Rasulullah shalalllaahu 'alaihi wa sallama .
(HR Bukhari : I/ 188. Hadits Marfu')
d). Ketika berdiri dari Tasyahud awal.
[HR. Baihaqiy]
Sebagaimana hadits riwayat Imam Al-Baihaqy dari Aliy bin Abi Thalib, Abu Musa Al Asy'ariy, Jabir bin Abdillah Al Anshariy, Abu Hurairah, dan dari Anas bin Malik radliyyallaahu 'anhum :
أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ ، وَأَبُو سَعِيدِ بْنُ أَبِي عَمْرٍو ، قَالا : ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ ، ثنا بَحْرُ بْنُ نَصْرٍ ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ وَهْبٍ ، أَخْبَرَنِي ابْنُ أَبِي الزِّنَادِ ، عَنْ مُوسَى بْنِ عُقْبَةَ ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الْفَضْلِ الْهَاشِمِيِّ ، عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الأَعْرَجِ ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي رَافِعٍ ، عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " أَنَّهُ كَانَ إِذَا قَامَ إِلَى الصَّلاةِ الْمَكْتُوبَةِ ، كَبَّرَ وَرَفَعَ يَدَيْهِ حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ ، وَيَصْنَعُ مِثْلَ ذَلِكَ إِذَا قَرَأَ قِرَاءَتَهُ ، وَأَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ ، وَيَصْنَعُهُ إِذَا فَرَغَ مِنَ الرُّكُوعِ ، وَلا يَرْفَعُ يَدَيْهِ فِي شَيْءٍ مِنْ صَلاتِهِ وَهُوَ قَاعِدٌ ،
وَإِذَا قَامَ مِنَ السَّجْدَتَيْنِ رَفَعَ يَدَيْهِ كَذَلِكَ وَكَبَّرَ " ،
وَقَدْ رُوِّينَا هَذَا الْحَدِيثَ ، عَنْ أَبِي مُوسَى الأَشْعَرِيِّ ، وَجَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الأَنْصَارِيِّ ، وَأَبِي هُرَيْرَةَ ، وَأَنَسِ بْنِ مَالِكٍ ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ .
(رواه البيهقى في السنن الكبرى : 137/2، رقم الحديث : 2303. حديث مرفوع)
Telah menceritakan kepada kami Abu Abdillah Al Hafidz, dan Abi Sa'iidin bin Abi 'Amrin, mereka berdua mengatakan : Telah menceritakan kepada kami Abu Al Abbas Muhammad bin Ya'qub, Telah menceritakan kepadaku Bahru bin Nashrin, Telah menceritakan kepadaku Abdullah bin Wahbin, Telah mengabarkan kepadaku Ibnu Abi Al Zinad, dari Musa bin 'Uqbah, dari Abdillah bin Al Fadl Al Hasimiy, dari Abdir Rahman Al A'rajiy, dari 'Ubaidillah bin Abi Rafi', dari Aliy bin Abi Thalib radliyyallahu 'anhu, dari Rasulillahi shalallaahu 'alaihi wasallama : Ketika Rasulullah akan mendirikan Shalat Maktubah, beliau bertakbir dan mengangkat kedua tangannya sejajar dengan kedua pundaknya, beliau juga melakukannya seperti itu setelah menyelesaikan bacaannya, dan melakukannya seperti Itu ketika akan melakukan ruku', dan beliau melakukannya ketika akan bangun dari ruku', dan beliau tidak mengangkat kedua tangannya sama sekali ketika beliau shalat dalam keadaan duduk.
Dan ketika berdiri dari dua sujud, juga bertakbir dan mengangkat kedua tangannya .
Dan sungguh kami telah meriwayatkan hadits ini dari Abu Musa Al Asy'ariy, Jabir bin Abdillah Al Anshariy, Abi Hurairah, dan Anas bin Malik, dari Rasulillah shalallaahu 'alaihi wasallama.
(HR. Al-Baihaqy Fi Al Sunan Al Kubra : II/ 137, no hadits. 2303)
4. RIWAYAT TENTANG WAKTU TAKBIR DAN MENGANGKAT TANGAN:
a). Mengangkat bersamaan dengan Takbir.
[HR. Bukhari]
Sebagaimana hadits dari Abdullah bin Umar radliyyallaahu 'anhuma :
عَنْ عَبْدِ الله بْنِ عُمَرَ رَضِيَ الله عَنْهُمَا قَالَ: رَأَيْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم افْتَتَحَ التَّكْبِيْرَ فِى الصَّلاَةِ فَرَفَعَ يَدَيْهِ حِيْنَ يُكَبِّرُ حَتَّى يَجْعَلَهُمَاحَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا كَبَّرَ لِلرُّكُوْعِ فَعَلَ مِثْلَهُ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ الله لِمَنْ حَمِدَهُ فَعَلَ مِثْلَهُ وَقَالَ :رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ وَلاَ يَفْعَلُ ذَلِكَ حِيْنَ يَسْجُدُ وَلاَ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ .
(رواه البخاري : 188/1)
Dari Abdullah bin Umar radliyyallaahu 'anhuma berkata:”Saya melihat Nabi shalallaahu 'alaihi wa sallama membuka sholat dengan takbir , mengangkat kedua tangannya ketika bertakbir sehingga menjadikan kedua tangannya sejajar dengan dua pundaknya , dan ketika bertakbir dari ruku’ mengerjakan yang semisalnya dan ketika mengucapkan “Sami’allohu Liman Hamidah” melakukan yang seperti itu, dan berucap:’Robbana lakalhamdu “ dan tidak melakukan yang demikian itu ketika akan sujud dan tidak pula ketika mengangkat kepalanya dari sujud.
(HR Bukhari : I/ 188)
b). Mengangkat sebelum Takbir.
[HR. Muslim]
Sebagaimana hadits dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma :
عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ الله صلى الله عليه وسلم إِذَا قَامَ لِلصَّلاَةِ رَفَعَ يَدَيْهِ حَتَّى تَكُوْنَا حَذْوَمَنْكِبَيْهِ ثُمَّ كَبََّرَ فَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ وَإِذَا رَفَعَ مِنَ الرُّكُوْعِ فَعَلَ مِثْلَ ذَلِكَ وَلاَ يَفْعَلُ حِيْنَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ.
(رواه مسلم : 6/2)
Dari Ibnu Umar radliyyallaahu 'anhuma berkata: Adalah Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama ketika berdiri untuk melakukan sholat mengangkat kedua tangannya sehingga sejajar dengan kedua pundaknya , kemudian bertakbir . Maka ketika hendak ruku’ melakukan seperti itu, dan ketika bangun dari ruku’ melakukan seperti itu juga , dan tidak melakukan itu ketika mengangkat kepalanya dari sujud.
(HR. Muslim. : II/ 6)
c). Bertakbir sebelum mengangkat tangan.
[HR. Baihaqiy]
Sebagaimana hadits dari Ibnu Qilabah radliyyallaahu 'anhu :
عَنْ ابْنِ قِلاَبَةَ أَنَّهُ رَأَى مَالِكَ بْنَ الْحُوَيْرِثِ إِذَا صَلَّى كَبَّرَ ثُمَّ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا أَرَادَ أَنْ يَرْكَعَ رَفَعَ يَدَيْهِ وَإِذَا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرُّكُوْعِ رَفَعَ يَدَيْهِ وَحَدَثَ أَنَّ رَسُوْلَ الله صلى الله عليه وسلم كَانَ يَفْعَلُ هَذَا.
(رواه البيهقى : 27/2)
Dari Ibnu Qilabah bahwa sesungguhnya dia melihat Malik bin Al-Huwairits ketika sholat bertakbir kemudian mengangkat kedua tangannya, dan ketika hendak ruku’ mengangkat kedua tangannya, dan ketika mengangkat kepalanya dari ruku’ mengangkat kedua tangannya dan Ibnu Qilabah menceritakan bahwa Rasulullah shalallaahu 'alaihi wa sallama juga melakukan seperti itu.
( HR Al-Baihaqy II :27)
Imam Malik, Imam Syafi'i, dan Imam Ahmad mengatakan : Mengangkat kedua tangan hingga sejajar kedua pundak.
Imam Abu Hanifah mengatakan : Mengankat tangan hingga sejajar dengan kedua telinga.
{Lihat Kitab Ibanatu Al Ahkam Syarhu Bulugh Al Maram Karya As Sayyid Alwi Al Malikiy Al Hasaniy dan Syaikh Hasan Sulaiman Al Nuuriy : 1/ 297, cet. Pertama, th. 1416 H / 1996 M, Daar Al Fikr}
وقال مالك والشافعي واحمد : رفع اليدين حتّى تكون إلى المنكبين، وقال أبو حنيفة : رفع اليدين حتّى تكون حذو الأدنين.
{انظر كتاب إبانة الأحكام شرح بلوغ المرام للامام السيد علوي المالكي والشيخ حسن سليمان النوري : 1/ 297، الطبعة الأولى، السنة : 1416 هــ / 1996 مــ، دار الفكر}
CATATAN:
Takbir pd awal shalat dinamakan Takbiratul Ihram, sedangkan pd gerakan peralihan gerakan shalat dinamakan Takbiratul Intiqol.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
PALING DIMINATI
-
(edisi revisi ditahun kedua pandemi covid 19 pertengahan ramadhan 1442 H awwal mei 2021 M) 𝓐𝓵 𝓠𝓾𝓻'𝓪𝓷 𝓜𝓮𝓷𝓳𝓮𝓵𝓪𝓼𝓴𝓪𝓷 𝓣𝓮...
-
بربي عرفت ربي و لولا المربي ما عرفت ربي Dengan bimbingan guru yang hanya menunjukkan kejalan Allah, aku mengenal Tuhanku. Jikalau tidak ad...
-
(edisi revisi akhir bulan sya'ban menjelang ramadhan tahun pandemi 1442 H / 2021 M) *A]• 🌴✍️ DEFINISI DURHAKA KEPADA ORANGTUA* *a1)• 👌...
-
• (edisi revisi tahun kedua pandemi covid 19 sepuluh terakhir bulan ramadhan 1442 H 4 mei 2021 M) *1️⃣﹏✍︵✰• SƱŔΛŦ ΛĿ ĪИSΛИ* إِنَّا خَلَقْ...
-
ألا يا الله بنظرة من العين الرحيمة للإمام الحبيب عبد الله علوي ألحــــــداد ألا يا الله بنظرة من العين الرحيمة *** تداوي كل ما ...
-
حكمة اليوم : ٢٤ ابريل ٢٠١٧ م 👑 edisi khusus ibadah sufi : senin wage, 27 Rojab 1437 H *🌹♻Ajaran Sufi Dan Untaian Syair Indah Rabi...
-
A).NASAB BELIAU 01. Dari ayahndnya: Muhammad bin Abdullh bin Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushay bin Kilab bin Murrah ...
-
A• Faidah Makan Sahur Dan Tidur Siang حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ ، حَدَّثَنَا أَبُو عَامِرٍ ، حَدَّثَنَا زَمْعَةُ بْنُ صَالِحٍ ، ع...
-
(edisi revisi tahun corona 2021 M/sya'ban 1442 H) *💾✍️• Hadits Riwayat Dari Sahabat Abi Hurairah Radhiyallahu Anhu :* أَخْبَرَنَا أَبُو...
-
“Bahlul” kata yang bisa kita gunakan untuk mensifati orang yang bodoh, tapi dr mana asal kata itu.. Diksahkan.. Sesungguhnya (BAHLUL) nama...
Kategori
SHALAT
(10)
HADITS
(5)
WANITA
(5)
ADAB DAN HADITS
(3)
FIQIH HADIST
(3)
WASHIYYAT DAN FAWAID
(3)
5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA
(2)
AQIDAH DAN HADITS
(2)
CINTA
(2)
PERAWATAN JENAZAH BAG VII
(2)
SIRAH DAN HADITS
(2)
TAUSHIYYAH DAN FAIDAH
(2)
TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN
(2)
(BERBHAKTI
(1)
11 BAYI YANG BISA BICARA
(1)
12 BINATANG YANG MASUK SURGA
(1)
25 NAMA ARAB
(1)
7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME
(1)
ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID
(1)
ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU)
(1)
ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT
(1)
AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI
(1)
AJARAN SUFI SUNNI
(1)
AKIBAT SU'UDZON PADA GURU
(1)
AL QUR'AN
(1)
AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH
(1)
AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY
(1)
AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM
(1)
AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH
(1)
APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG?
(1)
AQIDAH
(1)
ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA
(1)
ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI
(1)
AYAT PAMUNGKAS
(1)
BAGAIMANAPUN BENTUKNYA VAGINA RASANYA TUNGGAL
(1)
BAHASA ALAM AKHIRAT
(1)
BAHAYANYA MINUM DITENGAH TENGAH MAKAN MAKANAN
(1)
BAHAYANYA NAMIMAH TERHADAP TERKABULNYA DOA DAN BERLANGSUNGNYA ADZAB KUBUR
(1)
BEKERJA KERAS UNTUK MENCUKUPI ANAK ISTRI ORTU RENTA TERMASUK FI SABILILLAH
(1)
BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG
(1)
BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA
(1)
BERSENGGAMA ITU SEHAT
(1)
BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH
(1)
BID'AH HASANAH SUDAH DILEGALKAN OLEH RASULULLAH ﷺ PADA ZAMANNYA
(1)
BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA
(1)
BOLEH MEMINTA BANTUAN ATAU PERTOLONGAN JIN MALAIKAT DAN RUH PARA NABI WALI DAN SHOLIHIN
(1)
BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR
(1)
BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT
(1)
BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS
(1)
BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI
(1)
BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA
(1)
Bahsul Masa'il
(1)
Boleh Memuji Atau Menyebut Keahlian Diri Sendiri Untuk Promosi Bukan Untuk Kesombongan Atau Pamer
(1)
Bumi Memuntahkan Jasad Orang Murtad Pembunuh Orang Yangengucapkan Kalimat Tauhid
(1)
CARA BERSUCI PRAKTIS DAN TIDAK BERLEBIH LEBIHAN
(1)
DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM
(1)
DAN FAKHR
(1)
DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA)
(1)
DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN
(1)
DASAR PERAYAAN MAULID NABI
(1)
DEFINISI DAN BATASAN YATIM MENURUT ULAMA' MADZHAB
(1)
DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA'
(1)
DO'A MUSTAJAB
(1)
DO'A TIDAK MUSTAJAB
(1)
DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA
(1)
DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB
(1)
DOA KHUSUS
(1)
DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB
(1)
DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR
(1)
DONGO JOWO MUSTAJAB
(1)
DSB)
(1)
DURHAKA
(1)
Dan Berinteraksi Dengan Mereka Secara Bijak
(1)
Diantara Pro Dan Kontra Mensholati Jenazah Yang Berada Didalam Keranda Atau Peti Mati Yang Dipaku Atau Digembok
(1)
Doa
(1)
FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR
(1)
FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH
(1)
FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI
(1)
FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG
(1)
FIQIH MADZAHIB
(1)
FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA
(1)
FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS
(1)
FIQIH QURBAN SUNNI
(1)
FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA
(1)
GAHARU
(1)
GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS
(1)
HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA
(1)
HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS
(1)
HALAL BI HALAL
(1)
HARAM MEMAKAN KEPOMPONG SERANGGA ANAK TAWON YANG DISENDIRIKAN TIDAK BERSAMA MADU ATAU SARANGNYA
(1)
HARTA HARAM HALAL BAGI FAKIR MISKIN DAN BOLEH UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK
(1)
HARUS SELALU PEDULI DENGAN URUSAN SESAMA MUSLIM
(1)
HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN
(1)
HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT
(1)
HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA
(1)
HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD
(1)
HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH
(1)
HUKUM INSEMINASI BUATAN DAN BAYI TABUNG
(1)
HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP
(1)
HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING
(1)
HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK
(1)
HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN
(1)
HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH
(1)
HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB
(1)
HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT
(1)
HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN
(1)
HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA
(1)
HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA
(1)
HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA
(1)
HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED
(1)
Hadits Keterbatasan Terkadang Adalah Keitimewaan
(1)
Hukum Bermakmum Dibelakang Imam Yang Tidak Semadzhab
(1)
IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA
(1)
IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH
(1)
IBRANI
(1)
ILMU MUKASYAFAH (WERUH SAK DURUNGE WINARAH)
(1)
IMAM ABU DAWUD MASUK SURGA GARA GARA MENJAWAB ORANG BERSIN DAN IMAM GHOZALI GARA GARA SEEKOR LALAT
(1)
IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA
(1)
INDONESIA
(1)
INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN?
(1)
INOVASI BID'AH OLEH ULAMA' YANG DITUDUH MEMBID'AH BID'AHKAN
(1)
ISLAM
(1)
ISTRI GALAK ADALAH GURU MENJADI WALI ALLAH
(1)
JANGAN GAMPANG MELAKNAT
(1)
JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH
(1)
Jenazah
(1)
KAIFA TUSHLLI (XX) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN
(1)
KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR
(1)
KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT
(1)
KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ
(1)
KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA
(1)
KAIFA TUSHOLLI (V) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT
(1)
KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR
(1)
KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XII) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XIV) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XIX) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XVI) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU'
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XVIII) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XX1V) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXI) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXII) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXIII) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXV) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXVI) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXVII) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXX) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB
(1)
KAIFA TUSHOLLI (XXXII) -
(1)
KAIFA TUSHOLLI (x) -
(1)
KAJIAN TINGKEPAN NGAPATI MITONI KEHAMILAN
(1)
KALIMAH YANG BERISI TAUHID DAN DZIKIR BISA MENGHANTARKAN MASUK SURGA KETIKA DIUCAPKAN TERAKHIR
(1)
KAPAN ISTRI DAPAT MENGGUNAKAN HARTA DALAM RUMAH SUAMI?
(1)
KEBERKAHAN KEBERKAHAN MERAYAKAN MAULID NABI
(1)
KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT
(1)
KECENDERUNGAN SIMPATI SOSIAL
(1)
KEGAGALAN RIHLAH HATIENUJU ALLAH
(1)
KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA
(1)
KEPADA ORANGTUA
(1)
KESUNNAHAN TABKHIR EMBAKAR DUPA
(1)
KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL
(1)
KETIKA HAJAT TERCAPAI SEMBELIHLAH SYAHWAT DAN MENDEKATLAH KEPADA ALLAH
(1)
KETIKA ORANG ALIM SAMA DENGAN ANJING
(1)
KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB
(1)
KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN
(1)
KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN
(1)
KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN
(1)
KIFAROT
(1)
KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT)
(1)
KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS
(1)
KREASI BARU IBADAH DAN DOA SUDAH DILEGALKAN SEJAK ZAMAN NABI -ﷺ-
(1)
KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM
(1)
KUFUR AKIBAT MENCELA NASAB KETURUNAN
(1)
KULLUHU MIN SYA'BAN
(1)
KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT
(1)
Kalam Hikmah Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy (Part I)
(1)
Kapan Istri Boleh Mengalokasikan Harta Gono Gini Atau Harta Pribadi Suami
(1)
Kasih Sayang Dan Menyejukkan Hati Dalam Sholat
(1)
Keirian Nabi -ﷺ-Yang Beliau Tidak Mengharapkan Ditanyakan Kepada Allah
(1)
LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI
(1)
LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA
(1)
MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA
(1)
MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA?
(1)
MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH
(1)
MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH
(1)
MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT
(1)
MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA
(1)
MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI
(1)
MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH
(1)
MEMBANGUN KEBESARAN DIRI SENDIRI BUKAN HANYA MENGEKOR KEBESARAN MOYANGNYA
(1)
MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA
(1)
MEMBELI KITAB ULAMA' MENARIK RIZQI DAN KEKAYAAN
(1)
MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER
(1)
MENCERITAKAN NIKMAT ALLAH UNTUK KESOMBONGAN
(1)
MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN
(1)
MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH
(1)
MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ﷺ
(1)
MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP
(1)
MENUTUPI AIB ORANG LAIN DAN MEMANDANG KASIH SAYANG KEPADA PELAKU MAKSIAT DAN DOSA
(1)
MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS
(1)
MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI
(1)
MUSIBAH ITU MENYEBAR TIDAK PANDANG BULU
(1)
MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH
(1)
Manfaat Ucapan Al Hamdulillah
(1)
Membagusi Akhlaknya Bersama Manusia
(1)
Membungkuk Rukuk Mencium Lantai Sujud Kepada Makhluk
(1)
Mencaci Mayyit Dapat Menyakiti Kerabatnya Yang Masih Hidup Dan Dapat Menimbulkan Keburukan Keburukan
(1)
NABI DAN RASUL
(1)
NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN
(1)
NISHFU AKHIR SYA'BAN
(1)
ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA
(1)
ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI
(1)
Orang Awwam Dan Yang Menjadi Madzhab Atau Taklidnya
(1)
Orang Disebut Sufi Jika Selalu Beristiqamah Bersama Allah Azza wa Jalla
(1)
PAHALA KHOTMIL QUR'AN
(1)
PENGHORMATAN MURID PADA GURU MURSYID SECARA LAHIR
(1)
PENGHORMATAN SECARA LAHIR SEORANG MURID KEPADA GURU MURSYIDNYA
(1)
PENGHUNI KUBUR SURGA ATAUPUN NERAKA
(1)
PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT
(1)
PENYELEWENGAN AL QUR'AN
(1)
PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III
(1)
PERAWATAN JENAZAH BAG IV
(1)
PERAWATAN JENAZAH BAG V
(1)
PERAWATAN JENAZAH BAG VI
(1)
PESAN MBAH HAMID PASURUAN TENTANG KEHIDUPAN
(1)
POSISI IMAM SHOLAT JENAZAH DIMANAKAH?
(1)
PRAKTEK JUAL BELI SALING MERELAKAN BARANG DAGANGANNYA TANPA MENGUCAPKAN JUAL BELI
(1)
PREDIKSI LAILATUL QADAR
(1)
PUASA QODLO'
(1)
PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL
(1)
PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO'
(1)
PUJIAN ALLAH BAGI ORANG YANG MEMBANGUNKAN RUMAH TINGGAL BAGI PENDAKWAH ILALLAH
(1)
PUJIAN ALLAH KEPADA ORANG YANG MAU MENGAMBIL PELAJARAN DARI KISAH ORANG ORANG DAHULU
(1)
Paparan Syuyukh Guru Guru Murobbi Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy)
(1)
QISHOH ISLAMI
(1)
Qashidah
(1)
RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT
(1)
RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU
(1)
RESEP MENJADI WALI
(1)
Rahasia Titik Huruf Ba' Dalam Al Qur'an Dan Pahala Berdakwah Walaupun Cuma Dapat 1 Orang
(1)
SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM
(1)
SANAD SILSILAH ASWAJA
(1)
SANG GURU ASLI
(1)
SAYYID MUHAMMAD ALAWIY AL MALIKIY AL HASANIY KAYA RAYA NAMUN TETAP ZUHUD
(1)
SEDEKAH SHALAT
(1)
SEDEKAH TAK SENGAJA
(1)
SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED
(1)
SEMBELIHAN
(1)
SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID
(1)
SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL
(1)
SHADAQAH SHALAT
(1)
SHALAT DAN FAIDAHNYA
(1)
SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH
(1)
SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID
(1)
SHOLAT REBO WEKASAN DIANTARA PRO DAN KONTRA
(1)
SIKAP MURID KETIKA BATINNYA MENGINGKARI PERINTAH GURU MURSYIDNYA
(1)
SILATURRAHMI SESAMA ARWAH
(1)
SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA
(1)
SIRAH BABI DAN ANJING
(1)
SIRAH DAN FAIDAH
(1)
SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH
(1)
SIRAH NABAWIYYAH
(1)
SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR
(1)
SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT
(1)
SIRAH THAHARAH
(1)
SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI
(1)
SUAMI ONANI DENGAN TANGAN ISTRI DAN MENJILATI KEMALUAN ISTRINYA
(1)
SUHBAH HAQIQAH
(1)
SUM'AH
(1)
SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA'
(1)
SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL
(1)
SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN
(1)
SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI
(1)
SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN
(1)
SYARI'AT DARI BID'AH
(1)
Sedekah Boleh Dibelanjakan Sesuai Keinginan Selama Pemberi Tidak Menentukan Gunanya
(1)
Semua Yang Diperbolehkan Oleh Allah Adalan Sunnah Rasulullah -ﷺ-
(1)
Silsilah Nasab Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy
(1)
TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU
(1)
TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH
(1)
TAHALLUL CUKUR GUNDUL ATAU POTONG RAMBUT SELESAI HAJI DAN UMROH
(1)
TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI
(1)
TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT
(1)
TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA
(1)
TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA
(1)
TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN
(1)
TIDAK PERLU TEST DNA SEBAGAI BUKTI DZURRIYYAH NABI -ﷺ-
(1)
TIDAK RUGI MENGABIL HIKMAH DARI MANAPUN DAN DARI SIAPAPUN
(1)
TIGA KATA KETELADANAN DALAM AL QUR'AN
(1)
TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA
(1)
TUTORIAL ACUNG JARI KETIKA TASYAHUD
(1)
T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳
(1)
UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH
(1)
UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA
(1)
ULANG TAHUN RASULILLAH
(1)
URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA
(1)
Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya
(1)
WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL
(1)
WAJIB NIAT MASUK WAKTU MAGHRIB HINGGA SEBELUM SUBUH
(1)
YAUMU SYAK)
(1)
ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA
(1)
ZAKAT FITRAH 2
(1)
ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN
(1)

Tidak ada komentar:
Posting Komentar