𝟙]• ȺӀ Ҩմɾ'ąղ
Allah Ta'ala berfirman:
﴿وَإِنْ أَدْرِي لَعَلَّهُ فِتْنَةٌ لَّكُمْ وَمَتَاعٌ إِلَىٰ حِينٍ﴾
[سورة الأنبياء: ٠١٧/ ١١١]
Dan aku tiada mengetahui, boleh jadi hal itu cobaan bagi kamu dan kesenangan sampai kepada suatu waktu.
[QS. Anbiya: 017/ 111]
Dan Allah Ta'ala berfirman:
﴿ قُلْ مَا كُنتُ بِدْعًا مِّنَ الرُّسُلِ وَمَا أَدْرِي مَا يُفْعَلُ بِي وَلَا بِكُمْ ۖ إِنْ أَتَّبِعُ إِلَّا مَا يُوحَىٰ إِلَيَّ وَمَا أَنَا إِلَّا نَذِيرٌ مُّبِينٌ﴾
[سورة الأحقاف: ٠٢٦/ ٩]
Katakanlah (Nabi Muhammad), “Aku bukanlah Rasul yang pertama di antara para rasul dan aku tidak tahu apa yang akan diperbuat (Allah) kepadaku dan kepadamu. Aku hanyalah mengikuti apa yang diwahyukan kepadaku dan aku tidak lain hanyalah seorang pemberi peringatan yang menjelaskan.”
[QS. Al Ahqof : 026/ 9].
Dan Allah berfirman:
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ
[سورة ألــ عمران : ٠٠٣ / ١٥٩].
Maka, berkat rahmat Allah engkau (Nabi Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. SEANDAINYA ENGKAU BERSIKAP KERAS DAN BERHATI KASAR, TENTULAH MEREKA AKAN MENJAUH DARI SEKITARMU. Oleh karena itu, maafkanlah mereka, mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam segala urusan (penting). Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertawakal.
[QS. Ali Imran : 003/ 159].
ϩ]• ȺӀ Ƕąժìէʂ
Musibah di dunia ini dapat terjadi pada tiga kondisi :
(Kondisi pertama): Menjadi adzab seperti azab sebagian orang yang bersalah.
(Kondisi kedua): Menjadi ujian seperti ujian para nabi.
(Kondisi yang ketiga): adalah musibah yang murni, walaupun tidak ada hukumannya, seperti musibah yang menimpa hewan ternak dan anak-anak.
Dan Bukan syarat orang yang sholih tidak berbuat dosa, melainkan dosa bisa timbul dari orang yang sholih sekalipun.
Bahkan, kemaksiatan bisa terjadi pada orang yang shalih sekalipun. Mengamanatkan kebaikan atau melarang keburukan mungkin diwajibkan baginya, namun ia lalai dalam melakukannya.
و حَدَّثَنِي حَرْمَلَةُ بْنُ يَحْيَى التُّجِيبِيُّ أَخْبَرَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي يُونُسُ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ أَخْبَرَنِي حَمْزَةُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -ﷺ- يَقُولُ:
«إِذَا أَرَادَ اللَّهُ بِقَوْمٍ عَذَابًا أَصَابَ الْعَذَابُ مَنْ كَانَ فِيهِمْ ثُمَّ بُعِثُوا عَلَى أَعْمَالِهِمْ».
[رواه البخاري. ومسلم واللفظ له / ٥١ - كتاب الجنة، وصفة نعيمها وأهلها / ١٩ - باب الأمر بحسن الظن بالله تعالى، عند الموت / رقم الحديث: ٢٨٧٩].
Dari Abdullah bin Umar radliyyAllahu 'anhuma beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah -ﷺ- bersabda:
"Bila Allah hendak mengadzab suatu kaum, adzab menimpa orang yang ada ditengah-tengah mereka lalu mereka dibangkitkan berdasarkan amal-amal mereka."
[HR. Bukhariy. Dan Muslim Teks Miliknya No. 2879]
❁˚ৡ✿⊱•Imam Al Hafidz Ibnu Hajar Al Asqolaniy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Fathu Al-Bariy Syarhu Shahih Al Bukhariy (juz. 13 hal. 60):
وَأَمَّا حَدِيثُ ابْنِ عُمَرَ فِي الْبَابِ وَحَدِيثُ زَيْنَبَ بِنْتِ جَحْشٍ فَمُتَنَاسِبَانِ ، وَقَدْ أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ عَقِبَهُ ، وَيَجْمَعُهُمَا أَنَّ الْهَلَاكَ يَعُمُّ الطَّائِعَ مَعَ الْعَاصِي ، وَزَادَ حَدِيثُ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ الطَّائِعَ عِنْدَ الْبَعْثِ يُجَازَى بِعَمَلِهِ. انتهى
[انظر كتاب فتح الباري بشرح البخاري : (ج ١٣ ص ٦٠) / ٩٢ - كتاب الفتن / ١٩ - باب: إذا أنزل الله بقوم عذابا / المؤلف: أحمد بن علي بن حجر العسقلاني الشافعي (٧٧٣ - ٨٥٢ هـ) / الناشر: المكتبة السلفية - مصر، الطبعة: «السلفية الأولى»، ١٣٨٠ - ١٣٩٠ هـ].
Adapun hadits Ibnu Umar radliyyAllahu 'anhuma tentang topik ini dan hadits Zainab binti Jahsyin radliyyAllahu 'anha keduanya selaras, dan Imam Muslim telah meriwayatkannya pada berikutnya, dan ia mengumpulkan keduanya BAHWA SESUNGGUHNYA ADZAB KERUSAKKAN ITU UMUM MERATA MENIMPA ORANG YANG TAAT BERSAMA DENGAN ORANG YANG DURHAKA, dan hadits Ibnu Umar radliyyAllahu 'anhuma menambahkan bahwa orang yang taat pada saat kebangkitan akan diberi pahala atas perbuatannya. Selesai.
Riwayat Hadits Yang Lain:
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ قَالَ: حَدَّثَنَا صَيْفِيُّ بْنُ رِبْعِيٍّ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ، عَنْ القَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «يَكُونُ فِي آخِرِ هَذِهِ الْأُمَّةِ خَسْفٌ وَمَسْخٌ وَقَذْفٌ»، قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَنَهْلِكُ وَفِينَا الصَّالِحُونَ؟ قَالَ: «نَعَمْ إِذَا ظَهَرَ الخُبْثُ»:
هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ مِنْ حَدِيثِ عَائِشَةَ لَا نَعْرِفُهُ إِلَّا مِنْ هَذَا الوَجْهِ، وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ تَكَلَّمَ فِيهِ يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ مِنْ قِبَلِ حِفْظِهِ
[رواه الترمذي / ٣١ - أبواب الفتن / باب ما جاء في الخسف / رقم الحديث ؛ ٢١٨٥].
Dari Aisyah radliyAllohu 'anhu beliau berkata: Rasulullah -ﷺ- bersabda:
"Akan terjadi pada akhir ummat nanti longsor, perubahan bentuk dan angin kencang yang menghempaskan manusia." A'isyah berkata: aku bertanya: wahai Rasulullah, APAKAH KITA AKAN DIBINASAKAN SEMENTARA DI ANTARA KAMI ADA ORANG ORANG YANG SHALIH?
Beliau menjawab: "YA, JIKA KEMAKSIATAN TELAH MERAJA LELA."
Abu Isa (At Tirmidziy) berkata: HADITS INI GHARIB dari hadits A'isyah, kami tidak mengetahuinya kecuali dari jalur sanad ini, adapun Abdullah bin 'Amru dibicarakan oleh Yahya bin Sa'id dari sisi hafalannya.
[HR. Tirmidziy No. 2185]
Riwayat Hadits Yang Lain;
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ زُهَيْرٍ قَالَ: نا مُحَمَّدُ بْنُ مَنْصُورٍ الطُّوسِيُّ قَالَ: نا هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ قَالَ: نا مُحَمَّدُ بْنُ طَلْحَةَ، عَنْ زُبَيْدٍ قَالَ: حَدَّثَنِي جَامِعُ بْنُ أَبِي رَاشِدٍ، وَدُمُوعُهُ تَتَحَدَّرُ، عَنْ أُمِّ مُبَشِّرٍ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ زَوْجِ النَّبِيِّ -ﷺ- أَنَّهَا سَمِعَتْ رَسُولَ اللَّهِ -ﷺ- يَقُولُ:
«إِذَا ظَهَرَ السُّوءُ فِي الْأَرْضِ أَنْزَلَ اللَّهُ بَأْسَهُ بِأَهْلِ الْأَرْضِ» ، قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَإِنْ كَانَ فِيهِمْ صَالِحُونَ؟ قَالَ: «نَعَمْ وَإِنْ كَانَ فِيهِم صَالِحُونَ، يُصِيبُهُمْ مَا أَصَابَ النَّاسُ، ثُمَّ يَرْجِعُونَ لِرَحَمَةِ اللَّهِ» (وفي رواية : وَمَغْفِرَتِهِ).
[أخرجه الطبراني في ((المعجم الأوسط)) (٢٠٨٩)، وأبو نعيم في ((حلية الأولياء)) (10/218)].
Dari Ummu Salamah istri Nabi -ﷺ-, bahwa sesungguhnya beliau pernah mendengar Rasulullah -ﷺ- bersabda :
"Ketika munculnya kejahatan di atas muka bumi, maka Allah akan menurun adzab-Nya kepada seluruh penduduk bumi. Aku (Ummu Salamah) bertanya : SEKALIPUN DIDALAM KALANGAN MEREKA ADA ORANG SOLEH ? Maka Rasulullah -ﷺ- menjawab : YA, MESKIPUN DALAM KALANGAN MEREKA ADA ORANG SHOLEH. Mereka ditimpa sepertimana yang ditimpa oleh orang ramai kemudian mereka kembali kepada rahmat Allah.
[Al-Thabrani dalam Mu’jam al-Awsath No. 2089. Abu Nu'aim Dalam Hilyatu Al Auliya].
Riwayat Hadits Yang Lain:
حَدَّثَنَا حُسَيْنٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا خَلَفٌ يَعْنِي ابْنَ خَلِيفَةَ، عَنْ لَيْثٍ، عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ، عَنْ الْمَعْرُورِ بْنِ سُوَيْدٍ، عَنْ أُمِّ سَلَمَةَ، زَوْجِ النَّبِيِّ -ﷺ- قَالَتْ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللهِ -ﷺ- يَقُولُ:
«إِذَا ظَهَرَتِ الْمَعَاصِي فِي أُمَّتِي، عَمَّهُمُ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ بِعَذَابٍ مِنْ عِنْدِهِ». فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أَمَا فِيهِمْ يَوْمَئِذٍ أُنَاسٌ صَالِحُونَ؟ قَالَ: " بَلَى ". قَالَتْ: فَكَيْفَ يَصْنَعُ أُولَئِكَ؟ قَالَ: «يُصِيبُهُمْ مَا أَصَابَ النَّاسَ، ثُمَّ يَصِيرُونَ إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنَ اللهِ وَرِضْوَانٍ».
[رواه أحمد / مسند النساء حديث أم سلمة زوج النبي صلى الله عليه وسلم / رقم الحديث: ٢٦٥٩٦].
Dari Ummu Salamah radliyyAllahu 'anha istri Nabi -ﷺ- beliau mendengar Rasulullah -ﷺ- bersabda :
Apabila sudah nampak terang- terangan perbuatan maksiat di kalangan umat-Ku maka Allah akan ratakan azab-Nya, kemudian aku bertanya: ya Rosulullah apa pada hari itu sudah tidak ada lagi orang yang berbuat amal shalih…? Beliau menjawab: tentu ada….kemudian aku bertanya : lalu bagaimana Allah memperlakukan mereka (orang shalih)..? Beliau menjawab: mereka tetap akan terimpa azab sebagaimana orang-orang yang berbuat maksiat. Akan tetapi Allah memberi ampunan dan keridloan-Nya kepada mereka (orang shalih).”
[HR. Ahmad No. 26596].
Riwayat Hadits Yang Lain:
أَخبَرنا أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ الشَّرْقِيِّ، قَالَ: حَدثنا مُحَمَّدُ بْنُ يَحْيَى الذُّهْلِيُّ، قَالَ: حَدثنا عَمْرُو بْنُ عُثْمَانَ الرَّقِّيُّ، قَالَ: حَدثنا زُهَيْرُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ عَائِشَةَ، قَالَتْ: قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، إِنَّ اللهَ إِذَا أَنْزَلَ سَطْوَتَهُ بِأَهْلِ الأَرْضِ وَفِيهِمُ الصَّالِحُونَ فَيَهْلِكُونَ بِهَلَاكِهِمْ؟ فَقَالَ:
«يَا عَائِشَةُ، إِنَّ اللهَ إِذَا أَنْزَلَ سَطْوَتَهُ بِأَهْلِ نِقْمَتِهِ وَفِيهِمُ الصَّالِحُونَ فَيُصَابُونَ مَعَهُمْ ثُمَّ يُبْعَثُونَ عَلَى نِيَّاتِهِمْ وَأَعْمَالِهِمْ».
[رواه ابن حبان في صحيحه / النوع الخامس والستون / ذكر البيان بأن الخلق يبعثون يوم القيامة على نياتهم / رقم الحديث: ٤٣٩٨].
Dari Aisyah radliyAllohu 'anha, beliau berkata: Aku berkata: Wahai Rasulullah, apabila Allah menurunkan kekuasaan-Nya atas penduduk bumi dan di antara mereka ada orang-orang yang bertakwa, apakah mereka akan binasa dengan kehancurannya? Beliau bersabda:
“WAHAI AISYAH, APABILA ALLAH MENURUNKAN MURKA-NYA KEPADA KAUM-NYA DAN DI ANTARA MEREKA ADA ORANG-ORANG YANG SHOLEH SHOLEH, MAKA MEREKA DITIMPA MUSIBAH LALU DIPULANGKAN SESUAI NIATNYA.” DAN PERBUATAN MEREKA.”
[HR. Ibnu Hibban No. 4398].
Ӡ]• ȺզաąӀմӀ ԱӀąʍą'
❁˚ৡ✿⊱•Imam Al Qurthubiy Al Malikiy berkata dalam Kitabnya At Tadzkiroh Biahwali Al Mauta Wa Umuri Al Akhiroh (juz. 3 hal. 1062):
قال علماؤنا رحمة الله عليهم: قولها: "أنهلك وفينا الصالحون؟ قال: نعم إذا كثر الخبث"، دليل على أن البلاء قد يرفع عن غير الصالحين إذا كثر الصالحون".
إذا كثر المفسدون وقَلَّ الصالحون هلك المفسدون والصالحون معهم إذا لم يأمروا بالمعروف ويكرهوا ما صنع المفسدون، وهو معنى قوله: {وَاتَّقُوْا فِتْنَةً لَّا تُصِيْبَنَّ الَّذِيْنَ ظَلَمُوْا مِنْكُمْ خَاۤصَّةًۚ}. (سورة الانفال : ٠٠٩/ ٢٥) اهـ.
[انظر كتاب التذكرة بأحوال الموتى وأمور الآخرة : (ج ٣ ص ١٠٦٢) / باب إقبال الفتن ونزولها كمواقع القطر والظلل ومن أين تجيء والتحذير منها وفضل العبادة عندها / فصل / المؤلف: أبو عبد الله، محمد بن أحمد بن أبي بكر بن فرح الأنصاري الخزرجي الأندلسي ثم القرطبي المالكي (ت ٦٧١ هـ) / الناشر: مكتبة دار المنهاج للنشر والتوزيع، الرياض - السعودية، الطبعة: الأولى، ١٤٢٥ هـ].
Para ulama kami (Malikiyyah), semoga Allah merahmati mereka, berkata: Perkataannya: “apakah kita akan dibinasakan sementara di antara kami ada orang orang yang shalih?” Beliau bersabda: Ya, jika kefasikan banyak, itu merupakan dalil bahwa penderitaan dapat diangkat dari orang-orang yang dzalim (selain sholihin), jika orang orang yang sholih banyak jumlahnya.
JIKA ORANG-ORANG YANG BERBUAT KERUSAKAN ITU BANYAK DAN ORANG-ORANG YANG SALEH SEDIKIT, MAKA ORANG-ORANG YANG BERBUAT KERUSAKAN ITU AKAN BINASA, DAN ORANG-ORANG YANG SHOLEH ITU AKAN IKUT BINASA BERSAMA-SAMA MEREKA, JIKA MEREKA (SHOLIHIN) TIDAK MELAKUKAN AMAR MA'RUF DAN MEMBENCI APA YANG DILAKUKAN OLEH ORANG-ORANG YANG BERBUAT KERUSAKAN, itulah maksud dari firman-Nya: {Peliharalah dirimu dari siksaan yang tidak hanya menimpa orang-orang yang dzalim saja di antara kamu}. (QS. Al Anfal : 009/ 25). Selesai.
❁˚ৡ✿⊱•Imam Ibnu Kholdun menjelaskan tentang Bab 'Dakwah keagamaan tanpa fanatisme tidak akan tercapai" beliau berkata dalam kitabnya Tarikh Ibnu Kholdun (juz. 1 hal. 200):
وهكذا كان حال الأنبياء عليهم الصّلاة والسّلام في دعوتهم إلى الله بالعشائر والعصائب وهم المؤيّدون من الله بالكون كلّه لو شاء، لكنّه إنّما أجرى الأمور على مستقرّ العادة والله حكيم عليم فإذا ذهب أحد من النّاس هذا المذهب وكان فيه محقّا قصّر به الانفراد عن العصبيّة
[انظر كتاب العِبَر و] ديوان المبتدأ والخبر في تاريخ العرب والبربر ومن عاصرهم من ذوي الشأن الأكبر : (ج ١ ص ١٠٠) / الباب الثالث من الكتاب الأول في الدول العامة والملك والخلافة والمراتب السلطانية وما يعرض في ذلك كله من الأحوال وفيه قواعد ومتممات / الفصل السادس في أن الدعوة الدينية من غير عصبية لا تتم / المؤلف: عبد الرحمن بن بن خلدون (٧٣٢ - ٨٠٨ هـ) / الناشر: دار الفكر، بيروت
الطبعة: الأولى، ١٤٠١ هـ - ١٩٨١ مـ].
Demikian pula keadaan para nabi -'alaihimush sholatu was sallamu- dalam dakwah mereka kepada Allah melalui kaum dan kelompok, dan mereka didukung oleh Allah beserta seluruh alam semesta jika Dia menghendakinya. Namun Dia hanya menjalankan urusan sesuai dengan apa yang telah ditetapkan karena adat istiadat, dan Allah Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui. Maka jika salah seorang di antara manusia mengikuti doktrin (madzhab) ini dan benar di dalamnya, maka dia tidak akan mampu memisahkan diri dari fanatisme (ashobiyyah). Selesai.
✯͜͡❂⊱•أَلحَمْدُ لِلّـهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتُمُّ الصّالِحَاتُ✯͜͡❂⊱•
•._.••´¯``•.¸¸.•` 🎀 ӄʀǟɖɛռǟռ ֆɛʟǟȶǟռ
ֆʀʊʍɮʊռɢ
ʍǟɢɛʟǟռɢ
🎀 `•.¸¸.•``¯´••._.•
٩ جمادى الثاني ١٤٤٦ هـ
11 ໓ēŞē๓๖ēr 2024 ๓


Tidak ada komentar:
Posting Komentar