Bismillahirrohmaanirrohiim

27 Desember 2024

TᑌTOᖇIᗩᒪ ᗯᑌᗪᒪᑌ ᗪEᑎGᗩᑎ ᗩIᖇ ᗪᗩᒪᗩᗰ ᗷEᒍᗩᑎᗩ KEᑕIᒪ ᗪᗩᑎ ᗪIᗪᗩᒪᗩᗰ GᗩYᑌᑎG

 TᑌTOᖇIᗩᒪ ᗯᑌᗪᒪᑌ ᗪEᑎGᗩᑎ ᗩIᖇ ᗪᗩᒪᗩᗰ ᗷEᒍᗩᑎᗩ KEᑕIᒪ ᗪᗩᑎ ᗪIᗪᗩᒪᗩᗰ GᗩYᑌᑎG

 





𝟏]• 𝐀𝐋 𝐇𝐀𝐃𝐈𝐓𝐒


a)• Hadits Tentang Volume Air Wudlu Dan Air Mandi Rasulullah -ﷺ- Dan Tempat Air Yang Pernah Digunakan.


Banyaknya air wudhu yang digunakan Rasulullah ﷺ adalah 1 mud  setara dengan 687 mililiter air (tidak lebih dari setengah botol air mineral ukuran terbesar 1.500 ml). Dan air yang digunakan mandi Rasulullah -ﷺ-  adalah 1 sho' setara dengan 2,75 liter air. Hal ini berdasarkan riwayat hadits;


حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ ، قَالَ : حَدَّثَنَا مِسْعَرٌ ، قَالَ : حَدَّثَنِي ابْنُ جَبْرٍ ، قَالَ : سَمِعْتُ أَنَسًا ، يَقُولُ : 


«كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَغْسِلُ ، أَوْ كَانَ يَغْتَسِلُ ، بِالصَّاعِ إِلَى خَمْسَةِ أَمْدَادٍ ، وَيَتَوَضَّأُ بِالْمُدِّ».

[رواه البخاري واللفظ له /  كتاب الوضوء / باب الوضوء بالمد حديث رقم الحديث: ١٩٧. ومسلم].


Telah menceritakan kepada kami : Abu Nu’aim, ia berkata :  Telah menceritakan kepada kami : Mis’ar, ia berkata :  Telah menceritakan kepadaku : Ibnu Jabar, ia berkata : Aku mendengar Anas radliyyAllahu 'anhu berkata :  

"Nabi -ﷺ- membasuh, atau mandi dengan satu sha’ hingga lima mud, dan berwudlu dengan satu mud.

[HR. Bukhoriy Teks  Miliknya No. 197. Dan Muslim].


Hadits Yang Senada:


حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ كَثِيرٍ، حَدَّثَنَا هَمَّامٌ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ صَفِيَّةَ بِنْتِ شَيْبَةَ، عَنْ عَائِشَةَ : 


«أَنَّ النَّبِيَّ -ﷺ- كَانَ يَغْتَسِلُ بِالصَّاعِ، وَيَتَوَضَّأُ بِالْمُدِّ»، 


قَالَ أَبُو دَاوُدَ: رَوَاهُ أَبَانُ، عَنْ قَتَادَةَ، قَالَ: سَمِعْتُ صَفِيَّةَ.

[رواه أبو داود / ١ - كتاب الطهارة / باب ما يجزئ من الماء في الوضوء / رقم الحديث: ٩٢].


Dari 'Aisyah radliyaAllahu 'anha beliau berkata : 


Nabi (ﷺ) biasa mandi dengan 1  sha' (air) dan berwudhu dengan 1 mud (air).


Abu Dawud berkata: Tradisi ini juga diriwayatkan oleh Aban dari  Qatadah. Dalam versi ini beliau berkata: “Saya mendengar dari  shafiyyah.

[HR. Abu Dawud No. 92].


 قيل : والصاع يساوي (2.75 لتر ماء)، والمد يساوي (687 ملليلتر ماء). 


Riwayat Hadits Tentang Berwudlu Dengan Air Didalam Botol Atau Gayung : 


حَدَّثَنَا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ قَالَ حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ بِلَالٍ قَالَ حَدَّثَنِي عَمْرُو بْنُ يَحْيَى عَنْ أَبِيهِ قَالَ كَانَ عَمِّي يُكْثِرُ مِنْ الْوُضُوءِ قَالَ لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ زَيْدٍ أَخْبِرْنِيا كَيْفَ رَأَيْتَ النَّبِيَّ -ﷺ- يَتَوَضَّأُ؟ 


فَدَعَا بِتَوْرٍ مِنْ مَاءٍ فَكَفَأَ عَلَى يَدَيْهِ فَغَسَلَهُمَا ثَلَاثَ مِرَارٍ ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فِي التَّوْرِ فَمَضْمَضَ وَاسْتَنْثَرَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ مِنْ غَرْفَةٍ وَاحِدَةٍ ثُمَّ أَدْخَلَ يَدَهُ فَاغْتَرَفَ بِهَا فَغَسَلَ وَجْهَهُ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ غَسَلَ يَدَيْهِ إِلَى الْمِرْفَقَيْنِ مَرَّتَيْنِ مَرَّتَيْنِ ثُمَّ أَخَذَ بِيَدِهِ مَاءً فَمَسَحَ رَأْسَهُ فَأَدْبَرَ بِهِ وَأَقْبَلَ ثُمَّ غَسَلَ رِجْلَيْهِ فَقَالَ هَكَذَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ -ﷺ- يَتَوَضَّأُ.

[رواه البخاري / كتاب الوضوء / باب الوضوء من التور / رقم الحديث: ١٩٩].


Telah menceritakan kepada kami Khalid bin Mukhallad berkata, telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Bilal berkata, telah menceritakan kepadaku 'Amru bin Yahya dari Bapaknya berkata, " Pamanku berlebihan dalam berwudlu, lalu ia berkata kepada 'Abdullah bin Zaid, "Beritahu kami berdua bagaimana kamu melihat Nabi -ﷺ- wudlu?


'Abdullah bin Zaid minta bejana berisi air, lalu ia menuangkan ke telapak tangannya dan mencucinya tiga kali. Kemudian memasukkan tangannya ke dalam bejana tersebut, lalu berkumur dan mengeluarkan air dari dalam hidung sebanyak tiga kali dari satu cidukan tangan. Kemudian memasukkan tangannya ke dalam bejana menciduk air dan membasuh mukanya tiga kali. Kemudian membasuh tangannya sampai siku dua kali-dua kali. Kemudian mengambil air dengan tangannya dan mengusap kepalanya, ia tarik tangannya ke belakang kepala lalu dikembalikan ke depan. Kemudian membasuh kakinya. Setelah itu berkata, "Begitulah aku melihat Nabi -ﷺ- berwudlu'." 

[HR. Bukhariy No. 199].


Dan Riwayat Hadits Yang Lain:


روي : ... عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ

قَالَ بِتُّ عِنْدَ خَالَتِي مَيْمُونَةَ لَيْلَةً فَقَامَ النَّبِيُّ -ﷺ- مِنْ اللَّيْلِ فَلَمَّا كَانَ فِي بَعْضِ اللَّيْلِ قَامَ النَّبِيُّ -ﷺ- فَتَوَضَّأَ مِنْ شَنٍّ مُعَلَّقٍ وُضُوءًا خَفِيفًا يُخَفِّفُهُ عَمْرٌو وَيُقَلِّلُهُ وَقَامَ يُصَلِّي فَتَوَضَّأْتُ نَحْوًا مِمَّا تَوَضَّأَ ...الحديث.

[رواه البخاري / كتاب الوضوء / باب فضل التخفيف في الوضوء / رقم الحديث: ١٣٨].


Dari Ibnu ‘Abbas radliyyAllahu 'anhuma beliau  berkata : Pada suatu malam aku pernah menginap di rumah bibiku, Maimunah, Nabi -ﷺ- lalu melaksanakan shalat malam. Hingga pada suatu malam, Nabi -ﷺ- bangun dan berwudlu DARI BEJANA KECIL DENGAN WUDLU YANG RINGAN, setelah itu berdiri dan shalat. Aku lalu ikut berwudlu’ dari bejana yang beliau gunakan untuk wudlu’,...Al Hadits.

[HR. Bukhariy No. 138].

 


b)• Hadits Tentang Air Dua Qullah :


Adapun hadits mengenai air dua qullah adalah sebagai berikut : 


حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ خَلَّادٍ الْبَاهِلِيُّ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَنْبَأَنَا مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرِ بْنِ الزُّبَيْرِ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ : سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ  -ﷺ- سُئِلَ عَنْ الْمَاءِ يَكُونُ بِالْفَلَاةِ مِنْ الْأَرْضِ وَمَا يَنُوبُهُ مِنْ الدَّوَابِّ وَالسِّبَاعِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -ﷺ- :


«إِذَا بَلَغَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ». 


حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ رَافِعٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَقَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ النَّبِيِّ  -ﷺ- نَحْوَهُ.

[رواه ابن ماجه /  ١ - كتاب الطهارة وسننها (٧٥) باب مقدار الماء الذي لا ينجس / رقم الحديث: ٥١٧.

Dari Ubaidullah bin Abdullah bin Umar. Dari Bapaknya radliyyAllahu 'anhuma beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah -ﷺ- ditanya tentang hukum air yang berada di tanah lapang dan air yang dijilat oleh binatang melata dan binatang buas?" maka beliau pun menjawab: 


"Jika air itu mencapai dua qullah (tempayan besar) maka ia tidak akan najis karena sesuatu." 


Telah menceritakan kepada kami ['Amru bin Rafi'] berkata: telah menceritakan kepada kami [Abdullah Ibnul Mubarak] dari [Muhammad bin Ishaq] dari [Muhammad bin Ja'far] dari [Ubaidullah bin Abdullah bin Umar] dari [Bapaknya] dari Nabi -ﷺ-  sebagaimana hadits diatas.

[HR. Ibnu Majah Teks Miliknya No. 517. Dan Ad Darimi].


Dalam riwayat lain disebutkan,


حَدَّثَنَا أَبُو عَمْرٍو عُثْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ الدَّقَّاقُ , نا عَلِيُّ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْوَاسِطِيِّ , نا مُحَمَّدُ بْنُ أَبِي نُعَيْمٍ , نا سَعِيدُ بْنُ زَيْدٍ , سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ إِسْحَاقَ , حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ , عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ , عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ , قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -ﷺ-  يَقُولُ وَسَأَلَهُ رَجُلٌ عَنِ الْمَاءِ يَكُونُ بِأَرْضِ الْفَلَاةِ وَمَا يَنْتَابُهُ مِنَ الدَّوَابِّ وَالسِّبَاعِ فَقَالَ: 


«إِذَا بَلَغَ الْمَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يَحْمِلِ الْخَبَثَ».

[رواه رواه أحمد. وأبو داود. والترمذي. والنسائي. والدارمي . وابن ماجه . وفي أخرى لأبي داود : " فإنه لا ينجس " . و الدارقطني واللفظ له /  ١ - كتاب الطهارة باب حكم الماء إذا لاقته النجاسة / رقم الحديث: ١٧].


Dari riwayat Abdullah bin Umar radliyyAllahu 'anhuma, beliau berkata: Aku mendengar Rasulullah -ﷺ- bersabda, dan ada seorang laki-laki bertanya kepada beliau tentang air yang ditemukan di gurun pasir dan apa perkara yang menimpanya dari  binatang liar dan binatang buas, lalu beliau menjawab: 


"Jika air itu mencapai dua qullah (tempayan besar), maka ia tidak memuat kotoran."

[HR. Ahmad. Abu Dawud. Tirmidzi. Nasa'i. Ibnu Majah. Darimi. Dan Ad Dariquthniy Teks Miliknya No. 17].



c)• Riwayat yang mengisyaratkan pada kategori air banyak dan air sedikit : 


وحَدَّثَنَا نَصْرُ بْنُ عَلِيٍّ الْجَهْضَمِيُّ وَحَامِدُ بْنُ عُمَرَ الْبَكْرَاوِيُّ. قَالَا: حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ الْمُفَضَّلِ عن خالد، عن عبد الله ابن شَقِيقٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ؛ : أَنّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : 


«إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ نَوْمِهِ، فَلَا يَغْمِسْ يَدَهُ فِي الإِنَاءِ حَتَّى يَغْسِلَهَا ثَلَاثًا. فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي أَيْنَ باتت يده».

[رواه مسلم /  ٢ - كتاب الطهارة / (٢٦) باب كراهة غمس المتوضئ وغيره يده المشكوك في نجاستها في الإناء قبل غسلها ثلاثا / رقم الحديث: ٢٧٨].


Dari Abi Hurairah radhiyyAllahu 'anhu: Bahwa Rasulullah -ﷺ-, pernah bersabda;


“Jika salah seorang kalian bangun tidur, maka jangan ia langsung memasukkan tangannya ke dalam sebuah wadah (berisi air) sebelum ia mencuci tangan tiga kali. Sungguh, ia tidak tahu di mana tangannya bermalam (meraba raba).” 

[HR Muslim No. 279].



d)• Ukuran Air Sedikit Dan Banyak


❁˚ৡ✿⊱• Imam At Tirmidziy berkata dalam kitab Sunannya (juz. 1 hal. 97) :


قَالَ عَبْدَةُ قَالَ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْحَاقَ: «القُلَّةُ هِيَ الجِرَارُ، وَالقُلَّةُ الَّتِي يُسْتَقَى فِيهَا»، وَهُوَ قَوْلُ الشَّافِعِيِّ، وَأَحْمَدَ، وَإِسْحَاقَ، قَالُوا: «إِذَا كَانَ المَاءُ قُلَّتَيْنِ لَمْ يُنَجِّسْهُ شَيْءٌ مَا لَمْ يَتَغَيَّرْ رِيحُهُ أَوْ طَعْمُهُ»، وَقَالُوا: «يَكُونُ نَحْوًا مِنْ خَمْسِ قِرَبٍ»

[انظر كتاب سنن الترمذي : (ج ١ ص ٩٧) /  ١ - أبواب الطهارة / باب منه آخر / رقم الحديث: ٦٧ / المؤلف: محمد بن عيسى بن سَوْرة بن موسى بن الضحاك، الترمذي، أبو عيسى (ت ٢٧٩ هـ) / الناشر: شركة مكتبة ومطبعة مصطفى البابي الحلبي - مصر، الطبعة: الثانية، ١٣٩٥ هـ - ١٩٧٥ مـ].


Abdah berkata; Muhammad bin Ishaq berkata; "Al Qullah" adalah beberapa guci besar, dan Qullah adalah air yang biasa dipakai untuk minum." Abu Isa (At Tirmidziy) berkata; "Dan itu adalah pendapat Imam Syafi'i, Ahmad, dan Ishaq. Mereka mengatakan; "Apabila air itu mencapai dua Qullah maka tidak ada sesuatu yang menjadikannya najis, yaitu selama tidak berubah bau atau rasanya, dan mereka mengatakan; "kira-kira airnya sebanyak lima Qirbah (kendi)." Selesai.


❁˚ৡ✿⊱• Syaikh Muhammad Nawwi Al Bantaniy Al Jawiy Al Indonisiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Kasyifatu As Saja :


 الماء قليل وكثير: القليل مادون القلتين، والكثير قلتان فأكثر. القليل يتنجس بوقوع النجاسة فيه وإن لم يتغير. والماء الكثير لا يتنجس إلا إذا تغير طعمه أو لونه أو ريحه 


“Air itu sedikit dan banyak. Air sedikit adalah air kurang dari dua kulah. Sedangkan air banyak adalah air sebanyak dua kulah atau lebih. Air sedikit (yang suci) berubah status menjadi (air) najis dengan sebab kejatuhan najis padanya meski kondisi air tidak berubah. Sebaliknya, air banyak tidak berubah status menjadi (air) najis kecuali jika rasa, warna, atau aroma air berubah. Selesai


Adapun air dua kulah:


- Menurut an-Nawawi : 55,9 cm3 =174,580 Ltr


- Menurut ar-Rofi’i : 56,1 Cm3 = 176,245 Ltr


- Menurut Ahli Iraq : 63,4 Cm3 = 245,325 Ltr


- Menurut Aktsarinnas : 60 Cm3 =187,385 Ltr

[Daftar Istilah Ukuran dalam Kitab Fiqih. Pondok Pesantren Hidayatul

Mubtadiien. Ngunut Tulungagung Jatim].



❁˚ৡ✿⊱•Rais Syuriyah PBNU KH Afifuddin Muhajir dalam syarah Taqrib-nya menyebut air dua kulah setara dengan (270) liter. Kiai Afif mendapatkan angka ini dari Kitab Al-Fiqhul Islami Wa Adillatuh karya Syaikh Wahbah Az-Zuhailiy : 


وهي تساوي مائتين وسبعين (270) لترا وقدرهما بالمساحة في مكان مربع ذراع وربع (=8،91 سم) طولا وعرضا وعمقا بالذراع المتوسط


“Ia (dua kulah) memiliki volume setara dengan 270 liter (air). Ukuran keduanya (dua kulah) bila ditempatkan pada sebuah wadah persegi empat adalah wadah dengan panjang, lebar, dan kedalaman dengan 1,25 hasta standar (atau setara dengan 91,8 cm).” Selesai 



❁˚ৡ✿⊱•Imam An Nawawiy Asy Syafi'iy menjelaskan seberapa banyak ukuran dua qullah didalam Kitabnya Minhajut Tholibin Wa 'Umdatu Al Muftin ( hal. 10):


“وَالْقُلَّتَانِ خَمْسُمِائَةِ رَطْلٍ بَغْدَادِيٍّ تَقْرِيبًا فِي الْأَصَحِّ”

[انظر كتاب منهاج الطالبين وعمدة المفتين في الفقه : (ص ١٠) / كتاب الطهارة / المؤلف: أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦هـ) / الناشر: دار الفكر، الطبعة: الأولى، ١٤٢٥هـ/٢٠٠٥مـ].


“Dua qullah berisi kurang lebih lima ratus (500) rithl bangsa Baghdad (Irak) perkiraannya,  menurut pendapat yang paling benar." Selesai.



❁˚ৡ✿⊱•Imam Zainuddin Al-Malibariy Asy Syafi'iy menjelaskan ukuran dua qullah ketika kita menggunakan meteran, dalam kitabnya Fathu Al Mu’in (hal. 43):


“وَبِالْمُسَاحَةِ فِيْ المَرْبَعِ: ذِرَاعٌ وَرُبُعُ طُوْلًا وَعَرَضًا وَعُمُقًا، بِذِرَاعِ اليَدِّ المُعْتَدِلَةِ وَفِيْ المُدَوَّرِ: ذِرَاعٌ مِنْ سَائِرِ الجَوَانِبِ بِذِرَاعِ الآدَمِيِّ، وَذِرَاعَانِ عُمُقًا بِذِرَاعِ النَّجَارِ، وَهُوَ ذِرَاعٌ وَرُبُعٌ.”

[انظر كتاب فتح المعين بشرح قرة العين بمهمات الدين : (ص ٤٣) / باب الصلاة / فصل في شروط الصلاة / المؤلف: زين الدين أحمد بن عبد العزيز بن زين الدين بن علي بن أحمد المعبري المليباري الهندي الشافعي (ت ٩٨٧هـ) / الناشر: دار بن حزم، الطبعة: الأولى - بدون السنة].


“Ukuran dua qullah bila menggunakan meteran di wadah kubus adalah setiap sisi memiliki panjang satu seperempat (1, 1/4) lengan orang biasa. Dan dalam bentuk tabung memiliki ukran diameter satu lengan orang biasa dengan kedalaman dua lengan tukang kayu. Dan satu lengan tukang kayu sama dengan satu seperempat (1, 1/4) lengan orang biasa.” Selesai 


Panjang satu lengan orang biasa adalah 48 cm. Ketika kita terapkan pada wadah kubus yang setiap sisi memiliki panjang satu seperempat lengan orang biasa, maka setara dengan 60 cm. Dan volume kubus yang memiliki panjang sisi 60 cm adalah 216 liter. Sedangkan ukuran pada wadah tabung, diameternya adalah 48 cm dengan tinggi 120 cm dan memiliki volume 217,03 liter.


❁˚ৡ✿⊱•Syaikh Prof. DR. Muhammad Az-Zuhaily mengatakan bahwa dua qullah itu sekitar 200 kg air atau 200 liter. Lihat Al-Mu’tamad fii Al-Fiqh Asy-Syafiiy : juz.1 hal. 41. Gambarannya air dua qullah itu bervolume, 1 m x 1 m x 20 cm.



e)• Air Wudlu Harus Mengalir Membasahi Anggota Wudlu Tidak Cukup Hanya Menyentuhnya Serta Memercikkannya Saja


❁˚ৡ✿⊱•Imam An-Nawawiy Asy Syafi'iy menjelaskan dalam kitabnya Al-Majmu’ Syarhu Al Muhadzab (juz. 1 hal. 251):


 لَا يَصِحُّ الْوُضُوءُ حَتَّي يَجْرِيَ الْمَاءُ عَلَى الْعُضْوِ وَأَنَّهُ لَا يَكْفِي اِمْسَاسُهُ وَالْبَلَلُ  

[انظر كتاب المجموع شرح المهذب :(ج ١ ص ٢٥١) /  كتاب الطهارة / باب الآنية / المؤلف: أبو زكريا محيي الدين بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦ هـ) / الناشر: (إدارة الطباعة المنيرية، مطبعة التضامن الأخوي) - القاهرة، عام النشر:١٣٤٤ - ١٣٤٧ هـ].


“Tidak sah wudhu sampai air mengalir membasahi anggota wudhu, dan tidak cukup hanya menyentuhnya serta memercikkannya saja.” Selesai.


Kemudian yang dimaksud dengan mengalirnya air adalah air tersebut dapat berpindah dari tempatnya meskipun dengan dijalankan oleh orang yang wudhu, semisal menggunakan tangannya.


❁˚ৡ✿⊱•Imam Khothib  As-Syirbiniy Asy Syafi'iy dalam kitab Al-Ghuraru Al Bahiyah Syarhu Al Bahjah Al-Wardiyyah (juz I, hal. 113).


قَوْلُهُ جَرَيَانُ الْمَاءِ) الظَّاهِرُ أَنَّهُ يَكْفِي جَرَيَانُهُ بِإِجْرَاءِ الشَّخْصِ فَلَوْ كَانَ قَلِيلًا لَا يَجْرِي بِإِجْرَائِهِ لَمْ يَكْفِ فَلْيُحَرَّرْ

[انظر كتاب الغرر البهية في شرح البهجة الوردية : (ج ١ ص ١١٣) /  [باب الطهارة / فصل في آداب الخلاء وفي الاستنجاء / المؤلف: زكريا بن محمد بن أحمد بن زكريا الأنصاري، زين الدين أبو يحيى السنيكي الشافعي (ت ٩٢٦هـ) / الناشر: المطبعة الميمنية - بدون السنة].


“(Ungkapan “mengalirnya air”) tampaknya cukup mengalir dengan dialirkan oleh seseorang. Jika air itu sedikit dan tidak mengalir saat dialirkan oleh orang tersebut, maka tidak cukup. Pahamilah.” Selesai.



𝟐]• 𝐀𝐐𝐖𝐀𝐋𝐔𝐋 𝐔𝐋𝐀𝐌𝐀'


i)• Berwudlu Dengan Air Sedikit, Banyak,  Air Bekas (Musta'mal). Dan Mutanajis (Terkena Najis).


Sebagian ulama seperti Abu Hanifah, Asy Syafi’iy, Ahmad dan pengikut mereka menyatakan bahwa jika air kurang dari dua qullah, air tersebut menjadi najis dengan hanya sekedar kemasukan najis walaupun tidak berubah rasa, warna atau baunya.


Jadi menurut pendapat ini, jika air lima liter (ini relatif sedikit) kemasukan najis (misalnya percikan air kencing), walaupun tidak berubah rasa, bau atau warnanya; air tersebut tetap dinilai najis. Alasan mereka adalah berdasarkan mafhum (makna inplisit) dari hadits dua qullah ini yaitu jika air telah mencapai dua qullah tidak dipengaruhi najis maka kebalikannya jika air tersebut kurang dari dua qullah, jadilah najis.


Namun ulama lainnya seperti Imam Malik, sebagian Ulama' Syafi'iyyah, ulama Dzohiriyah, Muhammad bin Abdul Wahb dan ulama Nejed menyatakan bahwa air tidaklah menjadi najis dengan hanya sekedar kemasukan najis. Air tersebut bisa menjadi najis apabila berubah salah satu dari tiga sifat yaitu rasa, warna atau baunya. Hal ini berdasarkan riwayat hadits:


حَدَّثَنَا هَنَّادٌ وَالْحَسَنُ بْنُ عَلِيٍّ الْخَلَّالُ وَغَيْرُ وَاحِدٍ قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ عَنْ الْوَلِيدِ بْنِ كَثِيرٍ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ كَعْبٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ : قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنَتَوَضَّأُ مِنْ بِئْرِ بُضَاعَةَ وَهِيَ بِئْرٌ يُلْقَى فِيهَا الْحِيَضُ وَلُحُومُ الْكِلَابِ وَالنَّتْنُ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ  -ﷺ- : 


«إِنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ لَا يُنَجِّسُهُ شَيْءٌ».


قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ 

[رواه الترمذي /  ١ - أبواب الطهارة / باب ما جاء أن الماء لا ينجسه شيء / رقم الحديث: ٦٦].


Dari Abi Sa'id radliyyAllahu 'anhu, beliau berkata : 

Rasulullah -ﷺ- ditanya : “Apakah kami boleh berwudhu  dari sumur Budha’ah, yaitu sumur tempat membuang kain-kain bekas haidh, bangkai, anjing dan barang-barang busuk? Maka Rasulullah -ﷺ- bersabda: 


“Sesungguhnya air itu suci, tidak ada yang dapat menajiskannya."


Dan Abu Isa (At Tirmidziy) berkata : INI HADITS HASAN....dst.

[HR. Abu Dawud. Dan Tirmidziy Teks Miliknya No. 66].



ii)• Berwudlu Dengan Air Dalam Gayung


Bila seseorang berniat mengambil air keluar dari wadahnya untuk berwudhu di luar wadah, maka airnya tidak menjadi musta’mal sehingga wudhunya sah. Akan tetapi, bila ia berniat membasuh tangannya (dalam rangka berwudhu) di dalam wadah, maka airnya menjadi musta’mal dan wudhunya menjadi tidak sah bila terus menggunakan air tersebut.


❁˚ৡ✿⊱• Imam An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Raudlatu  Al-Thâlibîn (juz I, halaman 9) 


وَلَوْ غَمَسَ الْمُتَوَضِّئُ يَدَهُ فِي الْإِنَاءِ قَبْلَ الْفَرَاغِ مِنْ غَسْلِ الْوَجْهِ، لَمْ يَصِرْ مُسْتَعْمَلًا. وَإِنْ غَمَسَهَا بَعْدَ فَرَاغِهِ مِنَ الْوَجْهِ بِنِيَّةِ رَفْعِ الْحَدَثِ، صَارَ مُسْتَعْمَلًا. وَإِنْ نَوَى الِاغْتِرَافَ، لَمْ يَصِرْ، وَإِنْ لَمْ يَنْوِ شَيْئًا، فَالصَّحِيحُ أَنَّهُ يَصِيرُ، وَقَطَعَ الْبَغَوِيُّ بِأَنَّهُ لَا يَصِيرُ. 

[انظر كتاب روضة الطالبين وعمدة المفتين :(ج ١ ص ٩) /  كتاب الطهارة / باب الماء الطاهر / المؤلف: أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي الشافعي (ت ٦٧٦ هـ) / الناشر: المكتب الإسلامي، بيروت- دمشق- عمان، الطبعة: الثالثة، ١٤١٢ هـ / ١٩٩١ مـ].


“Apabila seseorang mencelupkan tangannya ke dalam wadah air sebelum ia selesai dari membasuh muka maka airnya tidak menjadi musta’mal.. Apabila ia mencelupkan tangannya setelah selesai membasuh muka dengan niatan untuk menghilangkan hadas tangan maka airnya menjadi musta’mal. APABILA IA BERNIAT IGHTIRÂF (NIATAN DALAM HATI UNTUK MENGAMBIL AIR KELUAR DARI WADAHNYA UNTUK DIPAKAI MENYUCIKAN ANGGOTA WUDHU DI LUAR WADAH), MAKA TIDAK MENJADI MUSTA’MAL.” Jika dia tidak berniat  apa-apa, maka yang benar akan menjadi musta'mal, dan Al-Baghawi menetapkan tidak menjadi musta'mal." Selesai. Selesai.



❁˚ৡ✿⊱•Lebih jelasnya, Syaikh Sa’id bin Muhammad Ba’alawi menjelaskan praktiknya, dalam kitabnya Syarh Muqaddimah al-Hadlramiyah = Busyro Al Karim  (halaman 77) :


(فإذا أدخل) الجنب جزءاً من بدنه باقياً على جنابته بعد نية الغسل، أو (المتوضىء) جزءاً محدثاً من يده اليمنى أو اليسرى (يده في الماء القليل بعد غسل وجهه) ثلاثاً… (غير ناو الاغتراف) بأن أدخلها بقصد غسلها في الإناء، أو مع الإطلاق ( ... صار الماء مستعملاً) ـ 

[انظر كتاب شَرح المُقَدّمَة الحضرمية =  بُشرى الكريم بشَرح مَسَائل التَّعليم : (ص ٧٧) / باب الطهارة / فصل: في الماء المستعمل / المؤلف: سَعيد بن محمد بَاعَليّ بَاعِشن الدَّوْعَنِيُّ الرباطي الحضرمي الشافعي (ت ١٢٧٠هـ) / الناشر: دار المنهاج للنشر والتوزيع، جدة، الطبعة: الأولى، ١٤٢٥ هـ - ٢٠٠٤ مـ].


“Apabila seseorang yang junub memasukkan sebagian badannya yang statusnya masih junub setelah ia berniat untuk mandi, atau seorang yang berwudhu memasukkan sebagian anggota tubuhnya yang masih berhadas, berupa tangan kanan atau kiri, ke dalam air yang sedikit setelah ia membasuh wajahnya sebanyak 3 kali, .... TANPA IA BERNIAT UNTUK IGHTIRÂF (NIATAN DALAM HATI UNTUK MENGAMBIL AIR KELUAR DARI WADAHNYA UNTUK DIPAKAI MENYUCIKAN ANGGOTA WUDHU DI LUAR WADAH), semisal ia memasukkan tangannya dengan niat membasuhnya di dalam wadah atau tanpa niat apapun maka airnya menjadi musta’mal.” Selesai 



JADI, PERMASALAHAN UTAMANYA TERLETAK PADA NIAT IGHTIRÂF (NIATAN DALAM HATI UNTUK MENGAMBIL AIR KELUAR DARI WADAHNYA UNTUK DIPAKAI MENYUCIKAN ANGGOTA WUDHU DI LUAR WADAH). Bila seseorang memasukkan tangannya ke dalam gayung atau wadah air lainnya dengan niat ightirâf, maka airnya tidak menjadi musta'mal sehingga tak masalah untuk dipakai melanjutkan wudhu. Akan tetapi bila tanpa niat ightirâf ini, maka airnya berstatus sebagai air musta’mal sehingga tak bisa dipakai melanjutkan wudhu dan harus diganti dengan air lainnya. Niat ightirâf ini tempatnya ketika awal mula tangan menyentuh air dalam wadah. 



❁˚ৡ✿⊱•Imam  Asy-Syarwani berkata dalam kitab  Hasyiyyahnya yang termaktub dalam kitab Tuhfatu Al Muhtaj Ila Syarhi Al-Minhāj (juz. 1 hal. 81): 


 وَالْوَجْهُ الَّذِي لَا مَحِيصَ عَنْهُ وَلَا التَّفَاوُتُ لِغَيْرِهِ أَنَّهُ لَا بُدَّ أَنْ تَكُونَ نِيَّةُ الِاغْتِرَافِ عِنْدَ أَوَّلِ مُمَاسَّةِ الْيَدِ لِلْمَاءِ حَتَّى لَوْ خَلَا عَنْهَا أَوَّلَ الْمُمَاسَّةِ صَارَ الْمَاءُ بِمُجَرَّدِ الْمُمَاسَّةِ مُسْتَعْمَلًا 

[انظر كتاب تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي :(ج ١ ص ٨١) / كتاب احكام الطهارة / المؤلف: أحمد بن محمد بن علي بن حجر الهيتمي الشافعي [ت ٩٧٤ هـ] / الناشر: المكتبة التجارية الكبرى بمصر لصاحبها مصطفى محمد، عام النشر: ١٣٥٧ هـ - ١٩٨٣ مـ].


“Pendapat yang tak bisa diabaikan dan tidak boleh ditukar dengan yang lain adalah bahwasanya NIAT IGHTIRÂF TIDAK BOLEH TIDAK HARUS DILAKUKAN KETIKA AWAL MULA TANGAN MENYENTUH AIR SEHINGGA APABILA DI WAKTU AWAL PERSENTUHAN TERSEBUT TIDAK ADA NIAT, MAKA AIRNYA MENJADI MUSTA’MAL HANYA DENGAN MENYENTUHNYA SAJA.” Selesai.


Uraian di atas adalah pendapat yang dianggap kuat dalam mazhab Syafi’iy yang difatwakan sebagai pendapat resmi mazhab. SEMUANYA BERTUMPU PADA ADA TIDAKNYA NIAT IGHTIRÂF. Lalu apa niat ightirâf itu? Secara bahasa, ightirâf berarti mengambil air. NIAT IGHTIRÂF DALAM ISTILAH FIQIH ADALAH NIATAN DALAM HATI UNTUK MENGAMBIL AIR KELUAR DARI WADAHNYA UNTUK DIPAKAI MENYUCIKAN ANGGOTA WUDHU DI LUAR WADAH. Niat ini sebagai penegasian bahwa tangan menyentuh air tidak dalam rangka menghilangkan hadas tangan di dalam wadah, melainkan sebagai media untuk mengambil air saja. 


❁˚ৡ✿⊱•Imam  Asy-Syarwani berkata dalam kitab  Hasyiyyahnya yang termaktub dalam kitab Tuhfatu Al Muhtaj Ila Syarhi Al-Minhāj (juz. 1 hal. 80 - 81): 


 لَيْسَ الْمُرَادُ بِهَا التَّلَفُّظُ بِنَوَيْتُ الِاغْتِرَافَ، وَإِنَّمَا الْمُرَادُ اسْتِشْعَارُ النَّفْسِ أَنَّ اغْتِرَافَهَا هَذَا لِغَسْلِ الْيَدِ وَفِي خَادِمِ الزَّرْكَشِيّ أَنَّ حَقِيقَتَهَا أَنْ يَضَعَ يَدَهُ فِي الْإِنَاءِ بِقَصْدِ نَقْلِ الْمَاءِ وَالْغَسْلِ بِهِ خَارِجَ الْإِنَاءِ لَا بِقَصْدِ غَسْلِهَا دَاخِلَهُ انْتَهَى. وَظَاهِرٌ أَنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ حَتَّى الْعَوَامّ إنَّمَا يَقْصِدُونَ بِإِخْرَاجِ الْمَاءِ مِنْ الْإِنَاءِ غَسْلَ أَيْدِيهِمْ خَارِجَهُ وَلَا يَقْصِدُونَ غَسْلَهَا دَاخِلَهُ وَهَذَا هُوَ حَقِيقَةُ نِيَّةِ الِاغْتِرَافِ “

[انظر كتاب تحفة المحتاج في شرح المنهاج وحواشي الشرواني والعبادي :(ج ١ ص ٨٠ - ٨١) / كتاب احكام الطهارة / المؤلف: أحمد بن محمد بن علي بن حجر الهيتمي الشافعي [ت ٩٧٤ هـ] / الناشر: المكتبة التجارية الكبرى بمصر لصاحبها مصطفى محمد، عام النشر: ١٣٥٧ هـ - ١٩٨٣ مـ].


YANG DIMAKSUD NIAT IGHTIRÂF BUKANKAH MENGUCAP SAYA NIAT MENGAMBIL AIR (IGHTIRÂF), TETAPI MERASAKAN DALAM HATI BAHWA TINDAKANNYA MENGAMBIL AIR BERTUJUAN UNTUK MEMBASUH TANGAN. Dan dalam kitab Khadim karya Imam Az-Zarkasyi disebutkan bahwa hakikat ightirâf adalah dengan cara MELETAKKAN TANGAN DI DALAM WADAH AIR DENGAN NIATAN MEMINDAH AIR DAN MEMBASUH TANGAN DI LUAR WADAH, BUKAN DENGAN MAKSUD MEMBASUH TANGAN DI DALAMNYA. Yang jelas, bahwa sebagian besar orang bahkan yang awam sekalipun tak lain mereka berniat mengeluarkan air dari wadahnya untuk membasuh tangannya di luar wadah dan tidak bermaksud untuk membasuh tangan di dalamnya. Inilah dia hakikat dari niat ightirâf itu.” Selesai.


✯͜͡❂⊱•أَلحَمْدُ لِلّـهِ الَّذِيْ بِنِعْمَتِهِ تَتُمُّ الصّالِحَاتُ✯͜͡❂⊱• 



•._.••´¯``•.¸¸.•`   🎀 ӄʀǟɖɛռǟռ ֆɛʟǟȶǟռ

ֆʀʊʍɮʊռɢ

ʍǟɢɛʟǟռɢ

 🎀   `•.¸¸.•``¯´••._.•


٢٥ جمادى الثاني ١٤٤٦ هـ

27 ໓ēŞē๓๖ēr 2024 ๓

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (10) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BAGAIMANAPUN BENTUKNYA VAGINA RASANYA TUNGGAL (1) BAHASA ALAM AKHIRAT (1) BAHAYANYA MINUM DITENGAH TENGAH MAKAN MAKANAN (1) BAHAYANYA NAMIMAH TERHADAP TERKABULNYA DOA DAN BERLANGSUNGNYA ADZAB KUBUR (1) BEKERJA KERAS UNTUK MENCUKUPI ANAK ISTRI ORTU RENTA TERMASUK FI SABILILLAH (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BID'AH HASANAH SUDAH DILEGALKAN OLEH RASULULLAH ﷺ PADA ZAMANNYA (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH MEMINTA BANTUAN ATAU PERTOLONGAN JIN MALAIKAT DAN RUH PARA NABI WALI DAN SHOLIHIN (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) Bahsul Masa'il (1) Boleh Memuji Atau Menyebut Keahlian Diri Sendiri Untuk Promosi Bukan Untuk Kesombongan Atau Pamer (1) Bumi Memuntahkan Jasad Orang Murtad Pembunuh Orang Yangengucapkan Kalimat Tauhid (1) CARA BERSUCI PRAKTIS DAN TIDAK BERLEBIH LEBIHAN (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI DAN BATASAN YATIM MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA KHUSUS (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DSB) (1) DURHAKA (1) Dan Berinteraksi Dengan Mereka Secara Bijak (1) Diantara Pro Dan Kontra Mensholati Jenazah Yang Berada Didalam Keranda Atau Peti Mati Yang Dipaku Atau Digembok (1) Doa (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAHARU (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HARAM MEMAKAN KEPOMPONG SERANGGA ANAK TAWON YANG DISENDIRIKAN TIDAK BERSAMA MADU ATAU SARANGNYA (1) HARTA HARAM HALAL BAGI FAKIR MISKIN DAN BOLEH UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK (1) HARUS SELALU PEDULI DENGAN URUSAN SESAMA MUSLIM (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM INSEMINASI BUATAN DAN BAYI TABUNG (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) Hadits Keterbatasan Terkadang Adalah Keitimewaan (1) Hukum Bermakmum Dibelakang Imam Yang Tidak Semadzhab (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) ILMU MUKASYAFAH (WERUH SAK DURUNGE WINARAH) (1) IMAM ABU DAWUD MASUK SURGA GARA GARA MENJAWAB ORANG BERSIN DAN IMAM GHOZALI GARA GARA SEEKOR LALAT (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) INOVASI BID'AH OLEH ULAMA' YANG DITUDUH MEMBID'AH BID'AHKAN (1) ISLAM (1) ISTRI GALAK ADALAH GURU MENJADI WALI ALLAH (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) Jenazah (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KAJIAN TINGKEPAN NGAPATI MITONI KEHAMILAN (1) KALIMAH YANG BERISI TAUHID DAN DZIKIR BISA MENGHANTARKAN MASUK SURGA KETIKA DIUCAPKAN TERAKHIR (1) KAPAN ISTRI DAPAT MENGGUNAKAN HARTA DALAM RUMAH SUAMI? (1) KEBERKAHAN KEBERKAHAN MERAYAKAN MAULID NABI (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KECENDERUNGAN SIMPATI SOSIAL (1) KEGAGALAN RIHLAH HATIENUJU ALLAH (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TABKHIR EMBAKAR DUPA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KETIKA HAJAT TERCAPAI SEMBELIHLAH SYAHWAT DAN MENDEKATLAH KEPADA ALLAH (1) KETIKA ORANG ALIM SAMA DENGAN ANJING (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KIFAROT (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KREASI BARU IBADAH DAN DOA SUDAH DILEGALKAN SEJAK ZAMAN NABI -ﷺ- (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KUFUR AKIBAT MENCELA NASAB KETURUNAN (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) Kalam Hikmah Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy (Part I) (1) Kapan Istri Boleh Mengalokasikan Harta Gono Gini Atau Harta Pribadi Suami (1) Kasih Sayang Dan Menyejukkan Hati Dalam Sholat (1) Keirian Nabi -ﷺ-Yang Beliau Tidak Mengharapkan Ditanyakan Kepada Allah (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBANGUN KEBESARAN DIRI SENDIRI BUKAN HANYA MENGEKOR KEBESARAN MOYANGNYA (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMBELI KITAB ULAMA' MENARIK RIZQI DAN KEKAYAAN (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENCERITAKAN NIKMAT ALLAH UNTUK KESOMBONGAN (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ﷺ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MENUTUPI AIB ORANG LAIN DAN MEMANDANG KASIH SAYANG KEPADA PELAKU MAKSIAT DAN DOSA (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUSIBAH ITU MENYEBAR TIDAK PANDANG BULU (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) Membagusi Akhlaknya Bersama Manusia (1) Membungkuk Rukuk Mencium Lantai Sujud Kepada Makhluk (1) Mencaci Mayyit Dapat Menyakiti Kerabatnya Yang Masih Hidup Dan Dapat Menimbulkan Keburukan Keburukan (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) Orang Awwam Dan Yang Menjadi Madzhab Atau Taklidnya (1) Orang Disebut Sufi Jika Selalu Beristiqamah Bersama Allah Azza wa Jalla (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENGHORMATAN MURID PADA GURU MURSYID SECARA LAHIR (1) PENGHORMATAN SECARA LAHIR SEORANG MURID KEPADA GURU MURSYIDNYA (1) PENGHUNI KUBUR SURGA ATAUPUN NERAKA (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PESAN MBAH HAMID PASURUAN TENTANG KEHIDUPAN (1) POSISI IMAM SHOLAT JENAZAH DIMANAKAH? (1) PRAKTEK JUAL BELI SALING MERELAKAN BARANG DAGANGANNYA TANPA MENGUCAPKAN JUAL BELI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA QODLO' (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) PUJIAN ALLAH BAGI ORANG YANG MEMBANGUNKAN RUMAH TINGGAL BAGI PENDAKWAH ILALLAH (1) PUJIAN ALLAH KEPADA ORANG YANG MAU MENGAMBIL PELAJARAN DARI KISAH ORANG ORANG DAHULU (1) Paparan Syuyukh Guru Guru Murobbi Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy) (1) QISHOH ISLAMI (1) Qashidah (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) Rahasia Titik Huruf Ba' Dalam Al Qur'an Dan Pahala Berdakwah Walaupun Cuma Dapat 1 Orang (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SAYYID MUHAMMAD ALAWIY AL MALIKIY AL HASANIY KAYA RAYA NAMUN TETAP ZUHUD (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SEMBELIHAN (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SHOLAT REBO WEKASAN DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) SIKAP MURID KETIKA BATINNYA MENGINGKARI PERINTAH GURU MURSYIDNYA (1) SILATURRAHMI SESAMA ARWAH (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUAMI ONANI DENGAN TANGAN ISTRI DAN MENJILATI KEMALUAN ISTRINYA (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) Sedekah Boleh Dibelanjakan Sesuai Keinginan Selama Pemberi Tidak Menentukan Gunanya (1) Semua Yang Diperbolehkan Oleh Allah Adalan Sunnah Rasulullah -ﷺ- (1) Silsilah Nasab Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAHALLUL CUKUR GUNDUL ATAU POTONG RAMBUT SELESAI HAJI DAN UMROH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TIDAK PERLU TEST DNA SEBAGAI BUKTI DZURRIYYAH NABI -ﷺ- (1) TIDAK RUGI MENGABIL HIKMAH DARI MANAPUN DAN DARI SIAPAPUN (1) TIGA KATA KETELADANAN DALAM AL QUR'AN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) TUTORIAL ACUNG JARI KETIKA TASYAHUD (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) WAJIB NIAT MASUK WAKTU MAGHRIB HINGGA SEBELUM SUBUH (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top