*⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉☾︎༆❦︎๐️﷽๐️❦︎༆☽︎❉*
*۩❖ุงููุณََّููุงู ُู ุนฺََْููชُู ْู َูุฑَุญْู َุฉُ ุงّٰٰูููู َูุจَุฑฺَชَุงุชُُู❖۩*
๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐ ๐๐๐๐๐
แฉ]• แทOแชEแผ แฐEแGGแฉแทแแG แIแฉT แญแแฉแแฉ แซOแชแชO', แแฉแชแแฉแ, KIแดแฉแแฉT, แชแฉแ แIแฉT แแฉแชแฉแผแแฉTแ แญแแฉแแฉ แแแแแฉแผ แชแฉแ KEแชแแฉแYแฉ แทEแแผแฉแIแช
Namun dalam hal ini dalam kalangan Ulama' Syafi'iyyah sendiri terdapat perbedaan pendapat
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Jalaluddin Abdurrahman As Suyuthiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Asybah Wa An Nadzo'ir (hal.22):
ุตَุงู َ ِูู َْููู ِ ุนَุฑََูุฉ ู َุซًَูุง َูุถَุงุก ุฃَْู َูุฐْุฑًุง، ุฃَْู ََّููุงุฑَุฉ ; َََูููู ู َุนَُู ุงูุตَّْูู ุนَْู ุนَุฑََูุฉ، َูุฃَْูุชَู ุงْูุจَุงุฑِุฒُِّู ุจِุงูุตِّุญَّุฉِ، َูุงْูุญُุตُِูู ุนَُْููู َุง، َูุงَู: ََููุฐَุง ุฅْู ุฃَุทََْูู َูุฃَْูุญََُูู ุจِู َุณْุฃََูุฉِ ุงูุชَّุญَِّูุฉِุงูู.
[ุงูุธุฑ. ูุชุงุจ ุงูุฃุดุจุงู ูุงููุธุงุฆุฑ ูู ููุงุนุฏ ููุฑูุน ููู ุงูุดุงูุนูุฉ :(ูู ูขูข) / ุงูู ุจุญุซ ุงูุซุงูุซ: ููู ุง ุดุฑุนุช ุงูููุฉ ูุฃุฌูู ุงูุฃู ุฑ ุงูุฎุงู ุณ: ู ู ุง ูุชุฑุชุจ ุนูู ุงูุชู ููุฒ ุงูุฅุฎูุงุต / ุงูู ุคูู: ุฌูุงู ุงูุฏูู ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุงูุณููุทู (ุช ูฉูกูก ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูุนูู ูุฉ / ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคู ูฃ ูู - ูกูฉูจูฃ ู ู].
Jika dia berpuasa pada hari Arafah misalnya, sebagai puasa qodlo', nadzar, atau penebusan, DAN BERSAMAAN DENGANNYA DIA BERNIAT BERPUASA ARAFAH, MAKA AL-BARIZI MENGELUARKAN FATWA SAH DAN BERHASIL MENDAPATKAN (PAHALA) DARI KEDUANYA. Dia berkata: Demikian juga apabila dia memutlakkannya. Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imqm Abdurrahman57 Ba'alawiy Al Hadlromiy Asy Syafi'iy berkata dalam kitabnya Bughyatu Al- Mustarsyidin (hal. 235):
(ู ุดุฃูุฉ: ู) ุธَุงِูุฑُ ุญَุฏِْูุซ "َูุฃَุชْุจَุนَُู ุณِุชًّุง ู ِْู ุดََّูุงٍู" ูุบَْูุฑِِู ู َِู ุงูุฃَุญَุงุฏِْูุซِ ุนَุฏَู ُ ุญُุตُِูู ุงูุณِّุชِّ ุฅุฐَุง ََููุงَูุง ู َุนَ َูุถَุงุก ุฑَู َุถุงَู ,
Secara dhohir, hadits "Wa Atba-ahu Sittan min syawwal" dan lainnya, tidak menghasilkan pahala enam hari (puasa Syawal) apabila niatnya bersamaan dengan niat qodho' puasa Ramadhan.
ِْููู ุตَุฑَّุญَ ุงุจُู ุญَุฌَุฑٍ ุจِุญُุตُِูู ุฃَุตِْู ุงูุซََّูุงุจِ ِูุฅِْูู َุงِِูู ุฅِุฐَุง ََููุงَูุง َูุบَْูุฑَِูุง ู ِْู ุนَุฑََูุฉَ ูุนَุงุดُูุฑุงุก
Akan tetapi Ibnu Hajar menerangkan, mendapatkan pahala bagi yang menyempurnakannya apabila puasa Sunnah tersebut diniati dengan lainnya dari puasa arofah dan asyura'
ุจَْู ุฑَุฌَّุญَ (ู ุฑ) ุญُุตُูู ุฃุตِْู ุซََูุงุจِ ุณَุงุฆِุฑ ุงูุชَّุทَُّูุนَุงุชِ ู َุนَ ุงَููุฑْุถِ ูุฅْู َูู ْ ََِْููููุง, ู ََูู ُูุตَّุฑُْูู ุตَุงุฑٌِู , َูุฃَู َูุถู ุฑَู َุถَุงَู ูู ุดََّูุงٍู, َููุตَุฏَ َูุถَุงุก ุงูุณِّุชِّ ู ِْู ุฐِู ุงَْููุนْุฏَุฉِ,
Bahkan Imam Ramli mengunggulkan, tetap mendapatkan beberapa pahala puasa sunah serta puasa fardhu, meskipun puasa sunnahnya tidak diniati selama tidak terbelokkan arah ibadahnya seperti ia niat puasa qadha ramadhan di bulan syawal dan ia niati sekalian puasa qadha 6 hari di bulan dzulqo'dah.
ُููุดَُّู ุตَูู ُ ‹ุงูุณِّุชِّ ูุฅْู ุฃْูุทَุฑَ ุฑَู َุถَุงَู ุงูู. ููุช: ูุงุนุชู ุฏ ุฃุจُู ู ุฎุฑู ุฉ ุชَุจุนًุง ููุดูููุฏู ุนَุฏَู ุญُุตُِْูู َูุงุญِุฏٍ ู َِْููุง ุฅุฐَุง ََููุงَูุง ู َุนًุง , َูู َุง َْูู َููู ุงูุธُّْูุฑَ ูุณَُّูุชََูุง, ุจَْู ุฑَุฌَّุญَ ุฃَุจُู ู َุฎุฑَู ุฉ ุนَุฏَู َ ุตِุญَّุฉِ ุตَْูู ِ ุงูุณِّุชِّ ِูู َْู ุนََِْููู َูุถุงุกُ ุฑَู َุถَุฃَู ู ُุทًَْููุง. ุงูุชูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุจุบูุฉ ุงูู ุณุชุฑุดุฏูู : (ุต ูขูฃูฅ) ุตูู ุงูุชุทูุน / ุงูู ุคูู: ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุญุณูู ุจู ุนู ุฑ ุจุงุนููู ุงูุญุถุฑู ู ุงูุดุงูุนู / ุฏุงุฑ ุงููุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Dan disunahkan menjalankan puasa 6 hari di bulan Syawal meskipun ia memiliki tanggungan qadha karena ia pernah tidak puasa di bulan ramadhannya.
Aku berpendapat : Imam Abu Makhromah yang mengikuti pendapat Imam As-Samhudi MENGUKUHKAN TIDAK SAH SALAH SATU DARI KEDUANYA KETIKA DINIATI SECARA BERSAMAAN, seperti niat shalat dhuhur dan sunnahnya.”
Bahkan Imam Abu Makhromah MENGUNGGULKAN TIDAK SAHNYA PUASA 6 HARI (BULAN SYAWAL) BAGI ORANG YANG MEMILIKI KEWAJIBAN QODHO' PUASA RAMADHAN. Selesai.
RINGKASNYA ADA TIGA PENDAPAT :
1)• Menurut Ibnu Hajar Al Haitamiy Al Makkiy Asy Syafi'iy, orang yang mengqadha puasa bisa mendapat pahala puasa sunah syawal dengan syarat diniati juga puasa Syawal tersebut.
2)• Menurut Imam Romliy Asy Syafi'iy, orang yang mengqadha puasa di bulan Syawal bisa mendapat pahala sunah Syawal meskipun tidak berniat. Maksudnya, ia hanya berniat mengqadha saja tanpa berniat puasa Syawal.
3)• Menurut Abu Makhromah puasa qadha tidak bisa digabung dengan puasa Syawal.
แท]•แชIแฉแแแแKแฉแ แฐEแแชแฉแผแแชแKแฉแ แญแแฉแแฉ แซOแชแชO' TEแแชEแทIแผ แชแฉแผแแชแ แETEแชแฉแผ ITแ แทแฉแแ แญแแฉแแฉ แแแแแฉแผ
Terdapat pendapat lain yang menyebutkan bahwa SEORANG MUSLIM YANG MEMILIKI UTANG PUASA RAMADHAN DIANJURKAN UNTUK MENDAHULUKAN QADHA PUASANYA TERLEBIH DAHULU. Setelahnya, baru boleh menunaikan puasa sunah Syawal.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Al-Khatib Asy-Syarbini dalam kitab Mughnil Muhtaj juga menjelaskan bahwa orang yang memiliki tangungan hutang puasa Ramadhan dianjurkan untuk mengqadhanya sesegera mungkin. Setelah itu, maka barulah ia boleh melanjutkan puasanya dengan puasa Syawal.
ََْููู ุตَุงู َ ِูู ุดََّูุงٍู َูุถَุงุกً ุฃَْู َูุฐْุฑًุง ุฃَْู ุบَْูุฑَ ุฐََِูู، َْูู ุชَุญْุตُُู َُูู ุงูุณَُّّูุฉُ ุฃَْู َูุง؟ َูู ْ ุฃَุฑَ ู َْู ุฐََูุฑَُู، َูุงูุธَّุงِูุฑُ ุงْูุญُุตُُูู. َِْููู َูุง َูุญْุตُُู َُูู َูุฐَุง ุงูุซََّูุงุจُ ุงْูู َุฐُْููุฑُ ุฎُุตُูุตًุง ู َْู َูุงุชَُู ุฑَู َุถَุงُู َูุตَุงู َ ุนَُْูู ุดََّูุงًูุง؛ ِูุฃََُّูู َูู ْ َูุตْุฏُْู ุนََِْููู ุงْูู َุนَْูู ุงْูู ُุชََูุฏِّู ُ، َِููุฐََِูู َูุงَู ุจَุนْุถُُูู ْ: ُูุณْุชَุญَุจُّ َُูู ِูู َูุฐِِู ุงْูุญَุงَูุฉِ ุฃَْู َูุตُูู َ ุณِุชًّุง ู ِْู ุฐِู ุงَْููุนْุฏَุฉِ ِูุฃََُّูู ُูุณْุชَุญَุจُّ َูุถَุงุกُ ุงูุตَّْูู ِ ุงูุฑَّุงุชِุจِ ุงูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ู ุบูู ุงูู ุญุชุงุฌ ุฅูู ู ุนุฑูุฉ ู ุนุงูู ุฃููุงุธ ุงูู ููุงุฌ : (ุฌ ูข ุต ูกูจูค) / [ูุชุงุจ ุงูุตูุงู / ุจุงุจ ูู ุตูู ุงูุชุทูุน / ุงูู ุคูู: ุดู ุณ ุงูุฏูู، ู ุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ، ุงูุฎุทูุจ ุงูุดุฑุจููู ุงูุดุงูุนู [ุช ูฉูงูง ูู] / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูุนูู ูุฉ، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูกูฅ ูู - ูกูฉูฉูค ู ู].
“Kalau seseorang mengqadha puasa, berpuasa nadzar, atau berpuasa lain di bulan Syawal, apakah mendapat keutamaan sunah puasa Syawal atau tidak? Saya tidak melihat seorang ulama berpendapat demikian, tetapi secara zahir, dapat. Tetapi memang ia tidak mendapatkan pahala yang dimaksud dalam hadits khususnya ORANG LUPUT PUASA RAMADHAN DAN MENGQADHANYA DI BULAN SYAWAL KARENA PUASANYA TIDAK MEMENUHI KRITERIA YANG DIMAKSUD. Karena itu sebagian ulama berpendapat bahwa dalam kondisi seperti itu ia dianjurkan untuk berpuasa enam hari di bulan Dzul qa’dah sebagai qadha puasa Syawal,” Selesai
Berbeda dengan pendapat yang memilih bahwa puasa 6 hari dibulan puasa tetap dianjurkan, walaupun masih punya hutang puasa romadlon karena berbuka, hal ini sebagaimana diterangkan oleh Syaikh Ibrahim Al-Baijuri Asy Syafi'iy dalam Kitabnya Hasyiyatu Al Baijuri 'alรข Syarhil 'Allรขmah Ibni Qasim, Cet. Daru Al Fikr, (Juz. 1 Halaman 214):
ูุฅู ูู ูุตู ุฑู ุถุงู ูู ุง ูุจู ุนููู ุจุนุถ ุงูู ุชุฃุฎุฑูู ูุงูุธุงูุฑ ูู ุง ูุงูู ุจุนุถูู ุญุตูู ุงูุณูุฉ ุจุตูู ูุง ุนู ูุถุงุก ุฃู ูุฐุฑ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุญุงุดูุฉ ุงูุจูุฌูุฑู ุนูู ุดุฑุญ ุงูุนูุงู ุฉ ุงุจู ูุงุณู :(ุฌ ูก ุต ูขูกูค) / ุงูู ุคูู : ุงูุดูุฎ ุงุจุฑุงููู ุงูุจูุฌูุฑู ุงูุดุงูุนู / ุงูุทุจุนุฉ : ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
"Puasa Syawal tetap dianjurkan meskipun seseorang tidak berpuasa Ramadhan-seperti diingatkan sebagian ulama muta'akhirin-. Tetapi yang jelas-seperti dikatakan sebagian ulama-seseorang mendapat keutamaan sunah puasa Syawal dengan cara melakukan puasa qadha atau puasa nadzar (di bulan Syawal),". Selesai
C]• แทOแชEแผ แฐEแGแฉแทแแG แIแฉT แญแแฉแแฉ แแแแแฉแผ แชEแGแฉแ แIแฉT แญแแฉแแฉ แแแแแฉแผ แชแฉIแแYแฉ
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam kitabnya al-Asybah wan Nadhair mengatakan bahwa MENGGABUNGKAN DUA NIAT SUNAH MENURUT IMAM AL-QAFFAL KEDUA IBADAH TERSEBUT TIDAK SAH DILAKUKAN SECARA BERSAMAAN.
Namun, pendapat Imam al-Qaffal ini dibantah dengan sebuah kasus bahwa berniat mandi sunah untuk shalat Jumat dan mandi sunah hari raya keduanya dianggap sah dikerjakan secara bersamaan.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Berikut penjelasan Imam Jalaluddin Abdurrahman As Suyuthiy Asy Syafi'iy dalam kitabnya Al-Asybah Wa An Nadhair( juz I halaman 23):
ุงูุฑَّุงุจِุนُ: ุฃَْู َِْูููู ู َุนَ ุงَِّْูููู ًَْูููุง ุขุฎَุฑ: ََููุง َูุญْุตَُูุงِู. َูุงَُูู ุงََّْูููุงُู َُِูููุถَ ุนََِْููู ุจَِِّููุชِِู ุงْูุบُุณْู ِْููุฌُู ُุนَุฉِ َูุงْูุนِูุฏ، َูุฅَُِّููู َุง َูุญْุตَُูุงِู. ُْููุช: ََููุฐَุง َْูู ุงุฌْุชَู َุนَ ุนِูุฏ َُููุณُูู، ุฎَุทَุจَ َُููู َุง ุฎُุทْุจَุชَِْูู، ุจَِูุตْุฏِِูู َุง ุฌَู ِูุนًุง ุฐََูุฑَُู ِูู ุฃَุตِْู ุงูุฑَّْูุถَุฉِ، َูุนَََُّููู ุจِุฃََُّููู َุง ุณَُّูุชَุงِู، ุจِุฎَِูุงِู ุงْูุฌُู ُุนَุฉ َูุงُْููุณُูู، ََْูููุจَุบِู ุฃَْู ُْููุญَู ุจَِูุง ู َุง َْูู ََููู ุตَْูู َْููู ุนَุฑََูุฉ َูุงِูุงุซَِْْููู ู َุซًَูุง، ََููุตِุญّ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูุฃุดุจุงู ูุงููุธุงุฆุฑ ูู ููุงุนุฏ ููุฑูุน ููู ุงูุดุงูุนูุฉ :(ุต ูขูฃ) / ุงูู ุจุญุซ ุงูุซุงูุซ: ููู ุง ุดุฑุนุช ุงูููุฉ ูุฃุฌูู / ุงูุฃู ุฑ ุงูุฎุงู ุณ: ู ู ุง ูุชุฑุชุจ ุนูู ุงูุชู ููุฒ ุงูุฅุฎูุงุต / ุงูู ุคูู: ุฌูุงู ุงูุฏูู ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุงูุณููุทู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฉูกูก ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูุนูู ูุฉ، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคู ูฃ ูู - ูกูฉูจูฃ ู ู].
"Keempat: Jika seseorang berniat MENGGABUNGKAN DUA NIAT UNTUK DUA IBADAH SUNAH, maka kedua ibadah tersebut tidak sah dilakukan secara bersamaan. Pendapat ini disampaikan oleh Imam Al-Qaffal. Namun, pendapat tersebut dibantah dengan contoh berniat mandi untuk Jumat dan hari raya, dimana keduanya dianggap sah."
Aku ("As-Suyuthi) berpendapat: Begitu juga, jika shalat Ied dan shalat kusuf berkumpul (waktunya bersamaan), maka seseorang dapat berkhutbah dua kali dengan niat untuk keduanya sekaligus. Hal ini disebutkan dalam kitab Ar-Raudhah dan dikuatkan dengan alasan bahwa keduanya adalah ibadah sunah, berbeda dengan shalat Jumat dan salat kusuf."
"Dan seyogyanya dapat disamakan juga, SESEORANG YANG BERNIAT PUASA HARI ARAFAH DAN HARI SENIN MISALNYA, MAKA PUASA TERSEBUT SAH." Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Salahsatu Guru dari orang orang wahhabiy syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy menjelaskan dalam kitab qowaidnya:
ุฅุฐุง ุงุฌุชู ุนุช ุนุจุงุฏุชุงู ู ู ุฌูุณ ูุงุญุฏ ุชุฏุงุฎูุช ุฃูุนุงููู ุง ูุงูุชูู ุนููู ุง ุจูุนู ูุงุญุฏ ุฅุฐุง ูุงู ุงูู ูุตูุฏ ูุงุญุฏุง.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูููุงุนุฏ ูุงูุฃุตูู ุงูุฌุงู ุนุฉ ูุงููุฑูู ูุงูุชูุงุณูู ุงูุจุฏูุนุฉ ุงููุงูุนุฉ : (ุต ูขู ูจ) ุงูู ุคูู : ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุงูุณุนุฏู، (ุงููุงูุฑุฉ: ุงูุนุฑุจูุฉ ุงูุณุนูุฏูุฉ، ุฏ.ุท، ูกูฉูฅูฆู ู].
"Apabila dua Ibadah yang sejenis berkumpul dan ada kemiripan dalam tatacara, maka pelaksanaannya digabung dan cukup dengan melaksanakan salah satunya jika keduanya mempunyai maksudnya yang sama".
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Contoh niat menggabung 2 niat puasa antara puasa qodlo', kafarat, nadzar yang digabung bersamaan dengan niat puasa sunnah:
ََْูููุชُ ุตَْูู َ ุบَุฏٍ ุนَْู َูุถَุงุกِ َูุฑْุถِ ุฑَู َุถَุงَู َูุตَْูู َ ุดََูุฑِ ุฑَุฌَุจَ ุฅِูู َุงًูุง َูุงุญْุชِุณَุงุจًุง َِِّููู ุชَุนَุงَูู.
"Saya niat berpuasa untuk mengganti puasa Ramadhan (puasa nadzar, kafarot, ... Dll), dan puasa bulan Rojab (Senin Kamis, Asyuro', puasa bidl, ..... Dll)، atas dasar iman dan hanya mengharap pahala dari Allah, karena Allah Ta'ala."
Atau menggabungkan 2 niat puasa Sunnah dengan niat puasa Sunnah lainnya :
ََْูููุชُ ุตَْูู َ ุงْูุฅِุซَِْْููู َูุงْูุฎَู ِْูุณِ َู ุตَْูู َ ุงْูุจِْูุถِ ุฅِูู َุงًูุง َูุงุญْุชِุณَุงุจًุง َِِّููู ุชَุนَุงَูู.
Saya berniat puasa Senin kamis dan puasa putih atas dasar iman dan hanya mengharap pahala Allah, karena Allah Ta'ala.
แช]• แทOแชEแผ แแผOแชแฉT แชEแGแฉแ แชแแฉ แIแฉTแฉแ
Shalat 2 rakaat dengan niat shalat sunah mutlak atau shalat sunah rawatib atau selainnya, atau bahkan shalat fardlu baik shalat ada`, qodlo', atau nadzar maka hal itu sudah dianggap cukup. Konsekuensinya ia mendapat pahala sesuai dengan apa yang diniatkan sekaligus juga mendapatkan pahala tahiyyatul masjid.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab (juz. 4 hal. 52):
َูุงَู ุงَุตْุญَุงุจَُูุง ََููุง ُูุดْุชَุฑَุทُ ุงَْู ََِْูููู ุจَุงูุฑَّْูุนَุชَِْูู ุงูุชَّุญَِّูุฉَ ุจَْู ุฅِุฐَุง ุตََّูู ุฑَْูุนَุชَِْูู ุจَِِّููุฉِ ุงูุตََّูุงุฉِ ู ُุทًَْููุง ุฃَْู ََููู ุฑَْูุนَุชَِْูู َูุงَِููุฉً ุฑَุงุชِุจَุฉً ุฃَْู ุบَْูุฑَ ุฑَุงุชِุจَุฉٍ ุฃَْู ุตََูุงุฉَ َูุฑِูุถَุฉٍ ู ُุคَุฏَّุงุฉً ุฃَْู ู ُْูุถَِّูุฉً ุฃَْู ู َْูุฐُูุฑَุฉً ุฃَุฌْุฒَุฃَُู ุฐََِูู َูุญَุตََู َُูู ู َุง ََููู َูุญَุตَْูุชْ ุชَุญَِّูุฉُ ุงْูู َุณْุฌِุฏِ ุถِู ًْูุง ََููุง ุฎَِูุงَู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุฌู ูุน ุดุฑุญ ุงูู ูุฐุจ : (ุฌ ูค ุต ูฅูข) / ุจุงุจ ุตูุงุฉ ุงูุชุทูุน / ู ุณุงุฆู ู ูู ุฉ ุชุชุนูู ุจุตูุงุฉ ุงูููู / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุฒูุฑูุง ู ุญูู ุงูุฏูู ุจู ุดุฑู ุงููููู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฆูงูฆ ูู) / ุงููุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงูุทุจุงุนุฉ ุงูู ููุฑูุฉ، ู ุทุจุนุฉ ุงูุชุถุงู ู ุงูุฃุฎูู) - ุงููุงูุฑุฉ، ุนุงู ุงููุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ูู].
“Para ulama dari kalangan madzhab kami (madzhab Syafi’i) berpendapat bahwa tidak disyaratkan seseorang untuk berniat shalat tahiyyatal masjid dua rakaat, bahkan apabila ia shalat dua rakaat dengan niat shalat sunah mutlaq atau niat shalat dua rakaat shalat sunah rawatib atau selain rawatib, atau shalat fardlu baik shalat ada`, qadla, atau yang dinazdarkan maka hal teresebut dia anggap mencukupi dan ia mendapatkan sesuai dengan niatnya termasuk di dalamnya shalat tahiyyatal masjid. Dalam hal ini tidak ada perselisihan pendapat di antara mereka". Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Berikut contoh niat menggabung 2 sholatan antara niat shalat wajib dan tahiyyatal masjid:
ุฃُุตَِّูู َูุฑْุถَ ุงูุตّูุจْุญِ (ุฃَุฏَุงุกً / َูุถَุงุกً) َูุชَุญَِّูุฉَ ุงْูู َุณْุฌِุฏِ ุฑَْูุนَุชَِْูู ู ُุณْุชَْูุจَِู ุงِْููุจَْูุฉِ ِِّٰููููู ุชَุนَุงٰูู
Saya niat shalat fardhu subuh (pada waktunya/qodlo') dan shalat tahiyyatal masjid (sebelum duduk ketika masuk masjid), 2 rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala.
Atau menggabung niat 2 shalatan antara shalat Sunnah dan niat shalat Sunnah yang lain :
ุฃُุตَِّูู ุณَُّูุฉَ ุชَุญَِّูุฉِ ุงْูู َุณْุฌِุฏِ ََููุจَِّْููุฉَ ุงูุธُّْูุฑِ/ุงْูุฌُู ْุนَุฉِ ุฑَْูุนَุชَِْููุฉ ู ُุณْุชَْูุจَِู ุงِْููุจَْูุฉِ (ุฃَุฏَุงุกً / َูุถَุงุกً)
ِِّٰููููู ุชَุนَุงٰูู
Saya niat shalat sunnah tahiyyatal masjid (sebelum duduk ketika masuk masjid), dan shalat Sunnah qobliyah Dzuhur/Jum'ah, 2 rakaat dengan menghadap kiblat, (pada waktunya/qodlo'), karena Allah Ta'ala.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab (juz. 4 hal. 52):
ِูู َูุฐَุง َูุงَู ุฃَุตْุญَุงุจَُูุง ََููุฐَุงَْูู ََููู ุงَْููุฑِูุถَุฉَ َูุชَุญَِّูุฉَ ุงْูู َุณْุฌِุฏِ ุฃَْู ุงูุฑَّุงุชِุจَุฉَ َูุชَุญَِّูุฉَ ุงْูู َุณْุฌِุฏِ ุญَุตََูุง ุฌَู ِูุนًุง ุจَِูุง ุฎَِูุงٍู. ุงูุชูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุฌู ูุน ุดุฑุญ ุงูู ูุฐุจ : (ุฌ ูค ุต ูฅูข) / ุจุงุจ ุตูุงุฉ ุงูุชุทูุน / ู ุณุงุฆู ู ูู ุฉ ุชุชุนูู ุจุตูุงุฉ ุงูููู / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุฒูุฑูุง ู ุญูู ุงูุฏูู ุจู ุดุฑู ุงููููู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฆูงูฆ ูู) / ุงููุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงูุทุจุงุนุฉ ุงูู ููุฑูุฉ، ู ุทุจุนุฉ ุงูุชุถุงู ู ุงูุฃุฎูู) - ุงููุงูุฑุฉ، ุนุงู ุงููุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ูู].
Dalam hal ini Para ulama dari kalangan kami (Syafi'iyyah) menyatakan : ‘Begitu juga apabila ia berniat shalat fardlu dan shalat tahiyyatal masjid atau berniat shalat rawatib dan tahiyyatal masjid MAKA KEDUANYA BISA DIPEROLEH SEMUANYA. Dalam hal ini tidak ada perselisihan pedapat di antara mereka." Selesai
Begitu juga ketika seseorang niat shalat fardlu dan niat tahiyyatal masjid misalnya, atau niat tahiyatil Masjid dan Qabliyah maka keduanya dapat diperoleh, DENGAN KATA LAIN MENDAPATKAN PAHALA KEDUANYA.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Qolyubi dan 'Umairah berkata dalam kitab Hasyiyah Qalyubi Wa Umairah (juz. 1 hal. 246):
(َูุชَุญْุตُُู ุจَِูุฑْุถٍ ุฃَْู ٍَْููู ุขุฎَุฑَ ) ุณََูุงุกٌ َُِูููุชْ ู َุนَُู ุฃَู ْ َูุง ِูุฃََّู ุงْูู َْูุตُูุฏَ ُูุฌُูุฏُ ุตََูุงุฉٍ َูุจَْู ุงْูุฌُُููุณِ ، ََููุฏْ ُูุฌِุฏَุชْ ุจِู َุง ุฐُِูุฑَ ، ََููุง َูุถُุฑُُّู َِّููุฉُ ุงูุชَّุญَِّูุฉِ ِูุฃَََّููุง ุณَُّูุฉٌ ุบَْูุฑُ ู َْูุตُูุฏَุฉٍ ุฎَِูุงَู َِّููุฉِ َูุฑْุถٍ َูุณَُّูุฉٍ ู َْูุตُูุฏَุฉٍ ََููุง ุชَุตِุญُّ
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุญุงุดูุชุง ููููุจู ูุนู ูุฑุฉ :(ุฌ ูก ุต ูขูคูฆ) / ูุชุงุจ ุงูุตูุงุฉ / ุจุงุจ ุตูุงุฉ ุงูููู / ุงูู ุคูู: ุฃุญู ุฏ ุณูุงู ุฉ ุงูููููุจู ูุฃุญู ุฏ ุงูุจุฑูุณู ุนู ูุฑุฉ / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจูุฑูุช، ุงูุทุจุนุฉ: ุจุฏูู ุทุจุนุฉ، ูกูคูกูฅูู-ูกูฉูฉูฅู ู].
“Shalat sunnat tahiyyatal masjid bisa didapatkan dengan shalat fardlu atau shalat sunah yang lain baik shalat tahiyyatil masjid diniati bersamaan shalat fardlu atau sunah maupun tidak. Sebab, intinya adalah adanya shalat sebelum duduk di masjid dan hal itu sudah merupakan realisasi atau terwujud sebagaimana telah disebutkan . Dan niat shalat sunnat tahiyyatal masjid tidak merusak shalat tersebut karena shalat tahiyyatal masjid adalah termasuk sunah yang tidak ditentukan (sunah gharu maqshudah). Berbeda dengan niat shalat fardlu bersamaan dengan shalat sunnah yang sudah ditentukan. Dalam kasus ini shalatnya tidak sah." Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Syaikh DR. Wahbah bin Musthofa Az Zuhailiy berkata dalam Kitabnya Al Fiqhiyyah Al Islamiy Wa Adillatuh (juz. 1 hal. 192):
ุงูุฑุงุจุน ู ุฃู ูููู ู ุน ุงูููู ูููุงً ุขุฎุฑ: ููุง ูุญุตูุงู، ูุฃู ุงูุณَّูุชูู ุฅุฐุง ูู ุชุฏุฎู ุฅุญุฏุงูู ุง ูู ุงูุฃุฎุฑู، ูุง ุชูุนูุฏุงู ุนูุฏ ุงูุชุดุฑูู ุจูููู ุง ูุณูุฉ ุงูุถุญู ููุถุงุก ุณูุฉ ุงููุฌุฑ، ูุฅู ุฏุฎูุช ุฅุญุฏุงูู ุง ูู ุงูุฃุฎุฑู ูุชุญูุฉ ุงูู ุณุฌุฏ ูุณูุฉ ุงูุธูุฑ ู ุซูุงً، ุตุญ؛ ูุฃู ุงูุชุญูุฉ ุชุญุตู ุถู ูุงً. ููุณุชุซูู ู ู ุฐูู: ู ุง ูู ููู ุงูุบุณู ููุฌู ุนุฉ ูุงูุนูุฏ، ูุฅููู ุง ูุญุตูุงู، ูู ุง ูู ุฎุทุจ ุฎุทุจุชูู ุจูุตุฏ ุงูุนูุฏ ูุงููุณูู ุฌู ูุนุงً، ูุฅูู ูุตุญ. ูู ุง ูู ููู ุตูู ููู ุนุฑูุฉ ูุงูุงุซููู ู ุซูุงً، ููุตุญ.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงُِْูููู ุงูุฅุณูุงู ُّู ูุฃุฏَّูุชُُู : (ุฌ ูก ุต ูกูฉูข) / ุงูู ุทูุจ ุงูุซุงูู ุนุดุฑ ู ุงูููุฉ ูุงูุจุงุนุซ ูู ุงูุนุจุงุฏุงุช ูุงูุนููุฏ ูุงููุณูุฎ ูุงูุชุฑูู / ุซุงู ูุง ู ุดุฑูุท ุงูููุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃ. ุฏ. َْููุจَุฉ ุจู ู ุตุทูู ุงูุฒُّุญَِّْููู، ุฃุณุชุงุฐ ูุฑุฆูุณ ูุณู ุงูููู ุงูุฅุณูุงู ّู ูุฃุตููู ุจุฌุงู ุนุฉ ุฏู ุดู - َّّูููุฉ ุงูุดَّุฑูุนุฉ / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุณูุฑَّูุฉ - ุฏู ุดู، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฑَّุงุจุนุฉ، ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Keempat - Jika dia berniat shalat sunnah bersamaan dengan shalat sunah yang lain: maka hal itu tidak terjadi, karena jika kedua sunnah tersebut tidak masuk ke dalam sunnah yang lain, maka tidak terjadi bila digabungkan, seperti shalat sunnah dhuha dan shalat sunnah. mengqodlo' shalat sunnah shubuh (qobliyyah subuh), maka ketika salah satunya masuk ke dalam sunnah lainnya, seperti shalat Sunnah tahiyatal masjid dan sunnah dhuhur misalnya, maka sah, sebab shalat tahiyyatal masjid tersebut terjadi secara implisit (tercantumkan didalamnya). Pengecualiannya adalah jika dia berniat mandi pada hari Jumat dan Idul Fitri, maka keduanya terjadi, dan jika dia menyampaikan dua khutbah dengan niat Idul Fitri dan gerhana, maka sah. Kalau dia niat puasa pada hari Arafah dan Senin misalnya, maka sah. Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•ุฃَูุญَู ْุฏُ ِِّูููู ุงَّูุฐِْู ุจِِูุนْู َุชِِู ุชَุชُู ُّ ุงูุตّุงِูุญَุงุชُ❉☾︎༆❦︎
❉☾︎༆❦︎ ะบัฮฑ∂ัฮทฮฑฮท ััโฮฑัฮฑฮท 003 001 ะบัฮฑ∂ัฮทฮฑฮท ััฯ ะผะฒฯ ฮทg ะผฮฑgัโฮฑฮทg ื ฮฑััฮทg
๐ ❉☾︎༆❦︎
ูจ ุฑุฌุจ ูกูคูคูฆ ูู
07 ๐ต๐๐๐๐๐๐ 2025 ๐ธ


Tidak ada komentar:
Posting Komentar