Bismillahirrohmaanirrohiim

07 Januari 2025

๐’๐„๐๐”๐“๐€๐‘ ๐Œ๐„๐๐†๐†๐€๐๐”๐๐† ๐ƒ๐”๐€ ๐๐ˆ๐€๐“ ๐’๐‡๐Ž๐‹๐€๐“ ๐ƒ๐€๐ ๐๐”๐€๐’๐€

*⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉☾︎༆❦︎๐Ÿ•Š️﷽๐Ÿ•Š️❦︎༆☽︎❉* 

                             

*۩❖ุงู„ู€ุณَّู€ู„َุงู…ُู€ ุนَู„َูŠฺْชُู…ْู€ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ّٰู€ٰู‡ ูˆَุจَุฑฺَชَุงุชُู‡ُ❖۩*


๐’๐„๐๐”๐“๐€๐‘ ๐Œ๐„๐๐†๐†๐€๐๐”๐๐† ๐ƒ๐”๐€ ๐๐ˆ๐€๐“ ๐’๐‡๐Ž๐‹๐€๐“ ๐ƒ๐€๐ ๐๐”๐€๐’๐€





แ—ฉ]• แ—ทOแ’ชEแ•ผ แ—ฐEแ‘ŽGGแ—ฉแ—ทแ‘Œแ‘ŽG แ‘ŽIแ—ฉT แ‘ญแ‘Œแ—ฉแ”•แ—ฉ แ‘ซOแ—ชแ’ชO', แ‘Žแ—ฉแ—ชแ˜”แ—ฉแ–‡, KIแ–ดแ—ฉแ–‡แ—ฉT, แ—ชแ—ฉแ‘Ž แ‘ŽIแ—ฉT แ”•แ—ฉแ’ชแ—ฉแ•ผแ”•แ—ฉTแ‘Œ แ‘ญแ‘Œแ—ฉแ”•แ—ฉ แ”•แ‘Œแ‘Žแ‘Žแ—ฉแ•ผ แ—ชแ—ฉแ‘Ž KEแ—ชแ‘Œแ—ฉแ‘ŽYแ—ฉ แ—ทEแ–‡แ•ผแ—ฉแ”•Iแ’ช


Namun dalam hal ini dalam kalangan Ulama' Syafi'iyyah sendiri terdapat perbedaan pendapat


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Jalaluddin Abdurrahman As Suyuthiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Asybah Wa An Nadzo'ir (hal.22):


ุตَุงู…َ ูِูŠ ูŠَูˆْู…ِ ุนَุฑَูَุฉ ู…َุซَู„ًุง ู‚َุถَุงุก ุฃَูˆْ ู†َุฐْุฑًุง، ุฃَูˆْ ูƒَูَّุงุฑَุฉ ; ูˆَู†َูˆَู‰ ู…َุนَู‡ُ ุงู„ุตَّูˆْู… ุนَู†ْ ุนَุฑَูَุฉ، ูَุฃَูْุชَู‰ ุงู„ْุจَุงุฑِุฒِูŠُّ ุจِุงู„ุตِّุญَّุฉِ، ูˆَุงู„ْุญُุตُูˆู„ِ ุนَู†ْู‡ُู…َุง، ู‚َุงู„َ: ูˆَูƒَุฐَุง ุฅู†ْ ุฃَุทْู„َู‚َ ูَุฃَู„ْุญَู‚َู‡ُ ุจِู…َุณْุฃَู„َุฉِ ุงู„ุชَّุญِูŠَّุฉِุงู‡ู€.

[ุงู†ุธุฑ. ูƒุชุงุจ ุงู„ุฃุดุจุงู‡ ูˆุงู„ู†ุธุงุฆุฑ ููŠ ู‚ูˆุงุนุฏ ูˆูุฑูˆุน ูู‚ู‡ ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ :(ููŠ ูขูข) /  ุงู„ู…ุจุญุซ ุงู„ุซุงู„ุซ: ููŠู…ุง ุดุฑุนุช ุงู„ู†ูŠุฉ ู„ุฃุฌู„ู‡ ุงู„ุฃู…ุฑ ุงู„ุฎุงู…ุณ: ู…ู…ุง ูŠุชุฑุชุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุชู…ูŠูŠุฒ ุงู„ุฅุฎู„ุงุต / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฌู„ุงู„ ุงู„ุฏูŠู† ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุณูŠูˆุทูŠ (ุช ูฉูกูก ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ / ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคู ูฃ ู‡ู€ - ูกูฉูจูฃ ู…ู€].


Jika dia berpuasa pada hari Arafah misalnya, sebagai puasa qodlo', nadzar, atau penebusan, DAN BERSAMAAN DENGANNYA  DIA BERNIAT BERPUASA  ARAFAH, MAKA AL-BARIZI MENGELUARKAN FATWA SAH DAN BERHASIL MENDAPATKAN (PAHALA) DARI KEDUANYA. Dia berkata: Demikian juga apabila dia memutlakkannya. Selesai.


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imqm Abdurrahman57 Ba'alawiy Al Hadlromiy Asy Syafi'iy berkata dalam kitabnya Bughyatu Al- Mustarsyidin (hal. 235):


(ู…ุดุฃู„ุฉ: ูƒ) ุธَุงู‡ِุฑُ ุญَุฏِูŠْุซ "ูˆَุฃَุชْุจَุนَู‡ُ ุณِุชًّุง ู…ِู†ْ ุดَูˆَّุงู„ٍ" ูˆุบَูŠْุฑِู‡ِ ู…ِู†َ ุงู„ุฃَุญَุงุฏِูŠْุซِ ุนَุฏَู…ُ ุญُุตُูˆู„ِ ุงู„ุณِّุชِّ ุฅุฐَุง ู†َูˆَุงู‡َุง ู…َุนَ ู‚َุถَุงุก ุฑَู…َุถุงู†َ , 


Secara dhohir, hadits "Wa Atba-ahu Sittan min syawwal" dan lainnya, tidak menghasilkan pahala enam hari (puasa Syawal) apabila niatnya bersamaan dengan niat qodho' puasa Ramadhan.


ู„ูƒِู†ْ ุตَุฑَّุญَ ุงุจู†ُ ุญَุฌَุฑٍ ุจِุญُุตُูˆู„ِ ุฃَุตْู„ِ ุงู„ุซَّูˆَุงุจِ ู„ِุฅِูƒْู…َุงู„ِู‡ِ ุฅِุฐَุง ู†َูˆَุงู‡َุง ูƒَุบَูŠْุฑِู‡َุง ู…ِู†ْ ุนَุฑَูَุฉَ ูˆุนَุงุดُูˆุฑุงุก


Akan tetapi Ibnu Hajar menerangkan, mendapatkan pahala bagi yang menyempurnakannya apabila puasa Sunnah tersebut diniati dengan lainnya dari puasa arofah dan asyura' 


ุจَู„ْ ุฑَุฌَّุญَ (ู… ุฑ) ุญُุตُูˆู„ ุฃุตْู„ِ ุซَูˆَุงุจِ ุณَุงุฆِุฑ ุงู„ุชَّุทَูˆُّุนَุงุชِ ู…َุนَ ุงู„ูَุฑْุถِ ูˆุฅู†ْ ู„َู…ْ ูŠَู†ْูˆِู‡َุง, ู…َู„َู… ูŠُุตَّุฑูْู‡ُ ุตَุงุฑِูٌ , ูƒَุฃَู† ู‚َุถู‰ ุฑَู…َุถَุงู†َ ููŠ ุดَูˆَّุงู„ٍ, ูˆู‚َุตَุฏَ ู‚َุถَุงุก ุงู„ุณِّุชِّ ู…ِู†ْ ุฐِูŠ ุงู„ْู‚َุนْุฏَุฉِ, 


Bahkan Imam Ramli mengunggulkan, tetap mendapatkan beberapa pahala puasa sunah serta puasa fardhu, meskipun puasa sunnahnya tidak diniati selama tidak terbelokkan arah ibadahnya seperti ia niat puasa qadha ramadhan di bulan syawal dan ia niati sekalian puasa qadha 6 hari di bulan dzulqo'dah.


ูˆูŠُุดَู†ُّ ุตَูˆู…ُ ‹ุงู„ุณِّุชِّ ูˆุฅู†ْ ุฃูْุทَุฑَ ุฑَู…َุถَุงู†َ ุงู‡ู€. ู‚ู„ุช: ูˆุงุนุชู…ุฏ ุฃุจُูˆ ู…ุฎุฑู…ุฉ ุชَุจุนًุง ู„ู„ุดู†ู‡ูˆุฏูŠ ุนَุฏَู… ุญُุตُูˆْู„ِ ูˆَุงุญِุฏٍ ู…ِู†ْู‡َุง ุฅุฐَุง ู†َูˆَุงู‡َุง ู…َุนًุง , ูƒَู…َุง ู„َูˆْ ู†َูˆู‰ ุงู„ุธُّู‡ْุฑَ ูˆุณُู†َّุชَู‡َุง, ุจَู„ْ ุฑَุฌَّุญَ ุฃَุจُูˆ ู…َุฎุฑَู…ุฉ ุนَุฏَู…َ ุตِุญَّุฉِ ุตَูˆْู…ِ ุงู„ุณِّุชِّ ู„ِู…َู†ْ ุนَู„َูŠْู‡ِ ู‚َุถุงุกُ ุฑَู…َุถَุฃู†َ ู…ُุทْู„َู‚ًุง. ุงู†ุชู‡ู‰

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุจุบูŠุฉ ุงู„ู…ุณุชุฑุดุฏูŠู† : (ุต ูขูฃูฅ) ุตูˆู… ุงู„ุชุทูˆุน / ุงู„ู…ุคู„ู: ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุญุณูŠู† ุจู† ุนู…ุฑ ุจุงุนู„ูˆูŠ ุงู„ุญุถุฑู…ูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ / ุฏุงุฑ ุงู„ู†ุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ููƒุฑ - ุจุฏูˆู† ุงู„ุณู†ุฉ].


Dan disunahkan menjalankan puasa 6 hari di bulan Syawal meskipun ia memiliki tanggungan qadha karena ia pernah tidak puasa di bulan ramadhannya.


Aku berpendapat : Imam Abu Makhromah yang mengikuti pendapat Imam As-Samhudi MENGUKUHKAN TIDAK SAH SALAH SATU DARI KEDUANYA KETIKA DINIATI SECARA BERSAMAAN, seperti niat shalat dhuhur dan sunnahnya.”


Bahkan Imam Abu Makhromah MENGUNGGULKAN TIDAK SAHNYA PUASA 6 HARI (BULAN SYAWAL) BAGI ORANG YANG MEMILIKI KEWAJIBAN QODHO' PUASA RAMADHAN. Selesai.


RINGKASNYA ADA TIGA PENDAPAT :


1)• Menurut Ibnu Hajar Al Haitamiy Al Makkiy Asy Syafi'iy, orang yang mengqadha puasa bisa mendapat pahala puasa sunah syawal dengan syarat diniati juga puasa Syawal tersebut. 


2)• Menurut Imam Romliy Asy Syafi'iy, orang yang mengqadha puasa di bulan Syawal bisa mendapat pahala sunah Syawal meskipun tidak berniat. Maksudnya, ia hanya berniat mengqadha saja tanpa berniat puasa Syawal. 


3)• Menurut Abu Makhromah puasa qadha tidak bisa digabung dengan puasa Syawal.



แ—ท]•แ—ชIแ—ฉแ‘Žแ’แ‘Œแ–‡Kแ—ฉแ‘Ž  แ—ฐEแ‘Žแ—ชแ—ฉแ•ผแ‘Œแ’ชแ‘ŒKแ—ฉแ‘Ž แ‘ญแ‘Œแ—ฉแ”•แ—ฉ แ‘ซOแ—ชแ’ชO' TEแ–‡แ’ชEแ—ทIแ•ผ แ—ชแ—ฉแ•ผแ‘Œแ’ชแ‘Œ แ”•ETEแ’ชแ—ฉแ•ผ ITแ‘Œ แ—ทแ—ฉแ–‡แ‘Œ แ‘ญแ‘Œแ—ฉแ”•แ—ฉ แ”•แ‘Œแ‘Žแ‘Žแ—ฉแ•ผ


Terdapat pendapat lain yang menyebutkan bahwa SEORANG MUSLIM YANG MEMILIKI UTANG PUASA RAMADHAN DIANJURKAN UNTUK MENDAHULUKAN QADHA PUASANYA TERLEBIH DAHULU. Setelahnya, baru boleh menunaikan puasa sunah Syawal.


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Al-Khatib Asy-Syarbini dalam kitab Mughnil Muhtaj juga menjelaskan bahwa orang yang memiliki tangungan hutang puasa Ramadhan dianjurkan untuk mengqadhanya sesegera mungkin. Setelah itu, maka barulah ia boleh melanjutkan puasanya dengan puasa Syawal. 


ูˆَู„َูˆْ ุตَุงู…َ ูِูŠ ุดَูˆَّุงู„ٍ ู‚َุถَุงุกً ุฃَูˆْ ู†َุฐْุฑًุง ุฃَูˆْ ุบَูŠْุฑَ ุฐَู„ِูƒَ، ู‡َู„ْ ุชَุญْุตُู„ُ ู„َู‡ُ ุงู„ุณُّู†َّุฉُ ุฃَูˆْ ู„َุง؟ ู„َู…ْ ุฃَุฑَ ู…َู†ْ ุฐَูƒَุฑَู‡ُ، ูˆَุงู„ุธَّุงู‡ِุฑُ ุงู„ْุญُุตُูˆู„ُ. ู„َูƒِู†ْ ู„َุง ูŠَุญْุตُู„ُ ู„َู‡ُ ู‡َุฐَุง ุงู„ุซَّูˆَุงุจُ ุงู„ْู…َุฐْูƒُูˆุฑُ ุฎُุตُูˆุตًุง ู…َู†ْ ูَุงุชَู‡ُ ุฑَู…َุถَุงู†ُ ูˆَุตَุงู…َ ุนَู†ْู‡ُ ุดَูˆَّุงู„ًุง؛ ู„ِุฃَู†َّู‡ُ ู„َู…ْ ูŠَุตْุฏُู‚ْ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุงู„ْู…َุนْู†َู‰ ุงู„ْู…ُุชَู‚َุฏِّู…ُ، ูˆَู„ِุฐَู„ِูƒَ ู‚َุงู„َ ุจَุนْุถُู‡ُู…ْ: ูŠُุณْุชَุญَุจُّ ู„َู‡ُ ูِูŠ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْุญَุงู„َุฉِ ุฃَู†ْ ูŠَุตُูˆู…َ ุณِุชًّุง ู…ِู†ْ ุฐِูŠ ุงู„ْู‚َุนْุฏَุฉِ ู„ِุฃَู†َّู‡ُ ูŠُุณْุชَุญَุจُّ ู‚َุถَุงุกُ ุงู„ุตَّูˆْู…ِ ุงู„ุฑَّุงุชِุจِ ุงู‡ู€. 

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ู…ุบู†ูŠ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ ุฅู„ู‰ ู…ุนุฑูุฉ ู…ุนุงู†ูŠ ุฃู„ูุงุธ ุงู„ู…ู†ู‡ุงุฌ : (ุฌ ูข ุต ูกูจูค) /  [ูƒุชุงุจ ุงู„ุตูŠุงู… / ุจุงุจ ููŠ ุตูˆู… ุงู„ุชุทูˆุน / ุงู„ู…ุคู„ู: ุดู…ุณ ุงู„ุฏูŠู†، ู…ุญู…ุฏ ุจู† ู…ุญู…ุฏ، ุงู„ุฎุทูŠุจ ุงู„ุดุฑุจูŠู†ูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ [ุช ูฉูงูง ู‡ู€] / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคูกูฅ ู‡ู€ - ูกูฉูฉูค ู…ู€].


“Kalau seseorang mengqadha puasa, berpuasa nadzar, atau berpuasa lain di bulan Syawal, apakah mendapat keutamaan sunah puasa Syawal atau tidak? Saya tidak melihat seorang ulama berpendapat demikian, tetapi secara zahir, dapat. Tetapi memang ia tidak mendapatkan pahala yang dimaksud dalam hadits khususnya ORANG LUPUT PUASA RAMADHAN DAN MENGQADHANYA DI BULAN SYAWAL KARENA PUASANYA TIDAK MEMENUHI KRITERIA YANG DIMAKSUD. Karena itu sebagian ulama berpendapat bahwa dalam kondisi seperti itu ia dianjurkan untuk berpuasa enam hari di bulan Dzul qa’dah sebagai qadha puasa Syawal,” Selesai


Berbeda dengan pendapat yang memilih bahwa puasa 6 hari dibulan puasa tetap dianjurkan, walaupun masih punya hutang puasa romadlon karena berbuka, hal ini  sebagaimana diterangkan oleh Syaikh Ibrahim Al-Baijuri Asy Syafi'iy dalam Kitabnya Hasyiyatu Al Baijuri 'alรข Syarhil 'Allรขmah Ibni Qasim, Cet. Daru Al Fikr, (Juz. 1 Halaman 214):


ูˆุฅู† ู„ู… ูŠุตู… ุฑู…ุถุงู† ูƒู…ุง ู†ุจู‡ ุนู„ูŠู‡ ุจุนุถ ุงู„ู…ุชุฃุฎุฑูŠู† ูˆุงู„ุธุงู‡ุฑ ูƒู…ุง ู‚ุงู„ู‡ ุจุนุถู‡ู… ุญุตูˆู„ ุงู„ุณู†ุฉ ุจุตูˆู…ู‡ุง ุนู† ู‚ุถุงุก ุฃูˆ ู†ุฐุฑ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุญุงุดูŠุฉ ุงู„ุจูŠุฌูˆุฑูŠ ุนู„ู‰ ุดุฑุญ ุงู„ุนู„ุงู…ุฉ ุงุจู† ู‚ุงุณู… :(ุฌ ูก ุต ูขูกูค) / ุงู„ู…ุคู„ู : ุงู„ุดูŠุฎ ุงุจุฑุงู‡ูŠู… ุงู„ุจูŠุฌูˆุฑูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ / ุงู„ุทุจุนุฉ : ุฏุงุฑ ุงู„ููƒุฑ - ุจุฏูˆู† ุงู„ุณู†ุฉ].


"Puasa Syawal tetap dianjurkan meskipun seseorang tidak berpuasa Ramadhan-seperti diingatkan sebagian ulama muta'akhirin-. Tetapi yang jelas-seperti dikatakan sebagian ulama-seseorang mendapat keutamaan sunah puasa Syawal dengan cara melakukan puasa qadha atau puasa nadzar (di bulan Syawal),". Selesai



C]• แ—ทOแ’ชEแ•ผ แ—ฐEแ‘ŽGแ—ฉแ—ทแ‘Œแ‘ŽG แ‘ŽIแ—ฉT แ‘ญแ‘Œแ—ฉแ”•แ—ฉ แ”•แ‘Œแ‘Žแ‘Žแ—ฉแ•ผ แ—ชEแ‘ŽGแ—ฉแ‘Ž แ‘ŽIแ—ฉT แ‘ญแ‘Œแ—ฉแ”•แ—ฉ แ”•แ‘Œแ‘Žแ‘Žแ—ฉแ•ผ แ’ชแ—ฉIแ‘Žแ‘ŽYแ—ฉ


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Jalaluddin As-Suyuthi dalam kitabnya al-Asybah wan Nadhair mengatakan bahwa MENGGABUNGKAN DUA NIAT SUNAH MENURUT IMAM AL-QAFFAL KEDUA IBADAH TERSEBUT TIDAK SAH DILAKUKAN SECARA BERSAMAAN. 


Namun, pendapat Imam al-Qaffal ini dibantah dengan sebuah kasus bahwa berniat mandi sunah untuk shalat Jumat dan mandi sunah hari raya keduanya dianggap sah dikerjakan secara bersamaan. 


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Berikut penjelasan Imam Jalaluddin Abdurrahman As Suyuthiy Asy Syafi'iy dalam kitabnya Al-Asybah Wa An Nadhair( juz I halaman 23):


 ุงู„ุฑَّุงุจِุนُ: ุฃَู†ْ ูŠَู†ْูˆِูŠ ู…َุนَ ุงู„ู†َّูْู„ِ ู†َูْู„ًุง ุขุฎَุฑ: ูَู„َุง ูŠَุญْุตُู„َุงู†ِ. ู‚َุงู„َู‡ُ ุงู„ْู‚َูَّุงู„ُ ูˆَู†ُู‚ِุถَ ุนَู„َูŠْู‡ِ ุจِู†ِูŠَّุชِู‡ِ ุงู„ْุบُุณْู„ ู„ِู„ْุฌُู…ُุนَุฉِ ูˆَุงู„ْุนِูŠุฏ، ูَุฅِู†َّู‡ُู…َุง ูŠَุญْุตُู„َุงู†ِ. ู‚ُู„ْุช: ูˆَูƒَุฐَุง ู„َูˆْ ุงุฌْุชَู…َุนَ ุนِูŠุฏ ูˆَูƒُุณُูˆู، ุฎَุทَุจَ ู„َู‡ُู…َุง ุฎُุทْุจَุชَูŠْู†ِ، ุจِู‚َุตْุฏِู‡ِู…َุง ุฌَู…ِูŠุนًุง ุฐَูƒَุฑَู‡ُ ูِูŠ ุฃَุตْู„ِ ุงู„ุฑَّูˆْุถَุฉِ، ูˆَุนَู„َّู„َู‡ُ ุจِุฃَู†َّู‡ُู…َุง ุณُู†َّุชَุงู†ِ، ุจِุฎِู„َุงูِ ุงู„ْุฌُู…ُุนَุฉ ูˆَุงู„ْูƒُุณُูˆู، ูˆَูŠَู†ْุจَุบِูŠ ุฃَู†ْ ูŠُู„ْุญَู‚ ุจِู‡َุง ู…َุง ู„َูˆْ ู†َูˆَู‰ ุตَูˆْู… ูŠَูˆْู… ุนَุฑَูَุฉ ูˆَุงู„ِุงุซْู†َูŠْู†ِ ู…َุซَู„ًุง، ูَูŠَุตِุญّ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ุฃุดุจุงู‡ ูˆุงู„ู†ุธุงุฆุฑ ููŠ ู‚ูˆุงุนุฏ ูˆูุฑูˆุน ูู‚ู‡ ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ :(ุต ูขูฃ) /  ุงู„ู…ุจุญุซ ุงู„ุซุงู„ุซ: ููŠู…ุง ุดุฑุนุช ุงู„ู†ูŠุฉ ู„ุฃุฌู„ู‡ / ุงู„ุฃู…ุฑ ุงู„ุฎุงู…ุณ: ู…ู…ุง ูŠุชุฑุชุจ ุนู„ู‰ ุงู„ุชู…ูŠูŠุฒ ุงู„ุฅุฎู„ุงุต / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฌู„ุงู„ ุงู„ุฏูŠู† ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุณูŠูˆุทูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูฉูกูก ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคู ูฃ ู‡ู€ - ูกูฉูจูฃ ู…ู€].


"Keempat: Jika seseorang berniat MENGGABUNGKAN DUA NIAT UNTUK DUA IBADAH SUNAH, maka kedua ibadah tersebut tidak sah dilakukan secara bersamaan. Pendapat ini disampaikan oleh Imam Al-Qaffal. Namun, pendapat tersebut dibantah dengan contoh berniat mandi untuk Jumat dan hari raya, dimana keduanya dianggap sah." 


Aku ("As-Suyuthi) berpendapat: Begitu juga, jika shalat Ied dan shalat kusuf berkumpul (waktunya bersamaan), maka seseorang dapat berkhutbah dua kali dengan niat untuk keduanya sekaligus. Hal ini disebutkan dalam kitab Ar-Raudhah dan dikuatkan dengan alasan bahwa keduanya adalah ibadah sunah, berbeda dengan shalat Jumat dan salat kusuf."  


"Dan seyogyanya dapat disamakan juga, SESEORANG YANG BERNIAT PUASA HARI ARAFAH DAN HARI SENIN MISALNYA, MAKA PUASA TERSEBUT SAH." Selesai.



⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Salahsatu Guru dari orang orang wahhabiy syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy menjelaskan dalam kitab qowaidnya:


ุฅุฐุง ุงุฌุชู…ุนุช ุนุจุงุฏุชุงู† ู…ู† ุฌู†ุณ ูˆุงุญุฏ ุชุฏุงุฎู„ุช ุฃูุนุงู„ู‡ู…ุง ูˆุงูƒุชููŠ ุนู†ู‡ู…ุง ุจูุนู„ ูˆุงุญุฏ ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ู…ู‚ุตูˆุฏ ูˆุงุญุฏุง.

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ู‚ูˆุงุนุฏ ูˆุงู„ุฃุตูˆู„ ุงู„ุฌุงู…ุนุฉ ูˆุงู„ูุฑูˆู‚ ูˆุงู„ุชู‚ุงุณูŠู… ุงู„ุจุฏูŠุนุฉ ุงู„ู†ุงูุนุฉ : (ุต ูขู ูจ) ุงู„ู…ุคู„ู : ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุณุนุฏูŠ، (ุงู„ู‚ุงู‡ุฑุฉ: ุงู„ุนุฑุจูŠุฉ ุงู„ุณุนูˆุฏูŠุฉ، ุฏ.ุท، ูกูฉูฅูฆู…ู€].


"Apabila dua Ibadah yang sejenis berkumpul dan ada kemiripan dalam tatacara, maka pelaksanaannya digabung dan cukup dengan melaksanakan salah satunya jika keduanya mempunyai maksudnya yang sama".



⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Contoh niat menggabung 2 niat puasa antara puasa qodlo', kafarat, nadzar yang digabung  bersamaan dengan niat puasa sunnah: 


ู†َูˆَูŠْุชُ ุตَูˆْู…َ ุบَุฏٍ ุนَู†ْ ู‚َุถَุงุกِ ูَุฑْุถِ ุฑَู…َุถَุงู†َ ูˆَุตَูˆْู…َ ุดَู‡َุฑِ ุฑَุฌَุจَ ุฅِูŠู…َุงู†ًุง ูˆَุงุญْุชِุณَุงุจًุง ู„ِู„َّู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰.


"Saya niat berpuasa untuk mengganti puasa Ramadhan (puasa nadzar, kafarot, ... Dll), dan puasa bulan Rojab (Senin Kamis, Asyuro', puasa bidl, ..... Dll)، atas dasar iman dan hanya mengharap pahala dari Allah, karena Allah Ta'ala."


Atau menggabungkan 2 niat puasa Sunnah dengan niat puasa Sunnah lainnya :


ู†َูˆَูŠْุชُ ุตَูˆْู…َ ุงْู„ุฅِุซْู†َูŠْู†ِ ูˆَุงู„ْุฎَู…ِูŠْุณِ ูˆَ ุตَูˆْู…َ ุงู„ْุจِูŠْุถِ ุฅِูŠู…َุงู†ًุง ูˆَุงุญْุชِุณَุงุจًุง ู„ِู„َّู‡ِ ุชَุนَุงู„َู‰.


Saya berniat puasa   Senin kamis dan puasa putih atas dasar iman dan hanya mengharap pahala Allah, karena Allah Ta'ala.



แ—ช]• แ—ทOแ’ชEแ•ผ แ”•แ•ผOแ’ชแ—ฉT  แ—ชEแ‘ŽGแ—ฉแ‘Ž  แ—ชแ‘Œแ—ฉ แ‘ŽIแ—ฉTแ—ฉแ‘Ž


Shalat 2 rakaat dengan niat shalat sunah mutlak atau shalat sunah rawatib atau selainnya, atau bahkan shalat fardlu baik shalat ada`, qodlo', atau nadzar maka hal itu sudah dianggap cukup. Konsekuensinya ia mendapat pahala sesuai dengan apa yang diniatkan sekaligus juga mendapatkan pahala tahiyyatul masjid.


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab (juz. 4 hal. 52):


ู‚َุงู„َ ุงَุตْุญَุงุจُู†َุง ูˆَู„َุง ูŠُุดْุชَุฑَุทُ ุงَู†ْ ูŠَู†ْูˆِูŠَ ุจَุงู„ุฑَّูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุงู„ุชَّุญِูŠَّุฉَ ุจَู„ْ ุฅِุฐَุง ุตَู„َّูŠ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ุจِู†ِูŠَّุฉِ ุงู„ุตَّู„َุงุฉِ ู…ُุทْู„َู‚ًุง ุฃَูˆْ ู†َูˆَู‰ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ู†َุงูِู„َุฉً ุฑَุงุชِุจَุฉً ุฃَูˆْ ุบَูŠْุฑَ ุฑَุงุชِุจَุฉٍ ุฃَูˆْ ุตَู„َุงุฉَ ูَุฑِูŠุถَุฉٍ ู…ُุคَุฏَّุงุฉً ุฃَูˆْ ู…ُู‚ْุถِูŠَّุฉً ุฃَูˆْ ู…َู†ْุฐُูˆุฑَุฉً ุฃَุฌْุฒَุฃَู‡ُ ุฐَู„ِูƒَ ูˆَุญَุตَู„َ ู„َู‡ُ ู…َุง ู†َูˆَู‰ ูˆَุญَุตَู„ْุชْ ุชَุญِูŠَّุฉُ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ุถِู…ْู†ًุง ูˆَู„َุง ุฎِู„َุงูَ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ู…ุฌู…ูˆุน ุดุฑุญ ุงู„ู…ู‡ุฐุจ : (ุฌ ูค ุต ูฅูข) / ุจุงุจ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุชุทูˆุน / ู…ุณุงุฆู„ ู…ู‡ู…ุฉ ุชุชุนู„ู‚ ุจุตู„ุงุฉ ุงู„ู„ูŠู„ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุจูˆ ุฒูƒุฑูŠุง ู…ุญูŠูŠ ุงู„ุฏูŠู† ุจู† ุดุฑู ุงู„ู†ูˆูˆูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูฆูงูฆ ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงู„ุทุจุงุนุฉ ุงู„ู…ู†ูŠุฑูŠุฉ، ู…ุทุจุนุฉ ุงู„ุชุถุงู…ู† ุงู„ุฃุฎูˆูŠ) - ุงู„ู‚ุงู‡ุฑุฉ، ุนุงู… ุงู„ู†ุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ู‡ู€].


“Para ulama dari kalangan madzhab kami (madzhab Syafi’i) berpendapat bahwa tidak disyaratkan seseorang untuk berniat shalat tahiyyatal masjid dua rakaat, bahkan apabila ia shalat dua rakaat dengan niat shalat sunah mutlaq atau niat shalat dua rakaat shalat sunah rawatib atau selain rawatib, atau shalat fardlu baik shalat ada`, qadla, atau yang dinazdarkan maka hal teresebut dia anggap mencukupi dan ia mendapatkan sesuai dengan niatnya termasuk di dalamnya shalat tahiyyatal masjid. Dalam hal ini tidak ada perselisihan pendapat di antara mereka". Selesai.


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Berikut contoh niat menggabung 2 sholatan antara niat shalat wajib dan tahiyyatal masjid: 


ุฃُุตَู„ِّู‰ ูَุฑْุถَ ุงู„ุตّู€ุจْุญِ (ุฃَุฏَุงุกً / ู‚َุถَุงุกً) ูˆَุชَุญِูŠَّุฉَ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِ ู…ُุณْุชَู‚ْุจِู„َ ุงู„ْู‚ِุจْู„َุฉِ ู„ِู„ّٰู€ู€ู‡ِ ุชَุนَุงู„ٰู‰


Saya niat shalat fardhu subuh (pada waktunya/qodlo') dan shalat  tahiyyatal masjid (sebelum duduk ketika masuk masjid), 2 rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala.


Atau menggabung niat 2 shalatan antara shalat Sunnah dan niat shalat Sunnah yang lain : 


ุฃُุตَู„ِّู‰ ุณُู†َّุฉَ ุชَุญِูŠَّุฉِ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ูˆَู‚َุจْู„ِูŠَّุฉَ ุงู„ุธُّู‡ْุฑِ/ุงู„ْุฌُู…ْุนَุฉِ ุฑَูƒْุนَุชَูŠْู†ِุฉ ู…ُุณْุชَู‚ْุจِู„َ ุงู„ْู‚ِุจْู„َุฉِ (ุฃَุฏَุงุกً / ู‚َุถَุงุกً)

ู„ِู„ّٰู€ู€ู‡ِ ุชَุนَุงู„ٰู‰


Saya niat shalat  sunnah tahiyyatal masjid (sebelum duduk ketika masuk masjid), dan shalat Sunnah qobliyah Dzuhur/Jum'ah, 2 rakaat dengan menghadap kiblat, (pada waktunya/qodlo'), karena Allah Ta'ala.



⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab (juz. 4 hal. 52):


ูِูŠ ู‡َุฐَุง ู‚َุงู„َ ุฃَุตْุญَุงุจُู†َุง ูˆَูƒَุฐَุงู„َูˆْ ู†َูˆَู‰ ุงู„ْูَุฑِูŠุถَุฉَ ูˆَุชَุญِูŠَّุฉَ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ุฃَูˆْ ุงู„ุฑَّุงุชِุจَุฉَ ูˆَุชَุญِูŠَّุฉَ ุงู„ْู…َุณْุฌِุฏِ ุญَุตَู„َุง ุฌَู…ِูŠุนًุง ุจِู„َุง ุฎِู„َุงูٍ. ุงู†ุชู‡ู‰

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ู…ุฌู…ูˆุน ุดุฑุญ ุงู„ู…ู‡ุฐุจ : (ุฌ ูค ุต ูฅูข) / ุจุงุจ ุตู„ุงุฉ ุงู„ุชุทูˆุน / ู…ุณุงุฆู„ ู…ู‡ู…ุฉ ุชุชุนู„ู‚ ุจุตู„ุงุฉ ุงู„ู„ูŠู„ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุจูˆ ุฒูƒุฑูŠุง ู…ุญูŠูŠ ุงู„ุฏูŠู† ุจู† ุดุฑู ุงู„ู†ูˆูˆูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูฆูงูฆ ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงู„ุทุจุงุนุฉ ุงู„ู…ู†ูŠุฑูŠุฉ، ู…ุทุจุนุฉ ุงู„ุชุถุงู…ู† ุงู„ุฃุฎูˆูŠ) - ุงู„ู‚ุงู‡ุฑุฉ، ุนุงู… ุงู„ู†ุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ู‡ู€].


Dalam hal ini Para ulama dari kalangan kami (Syafi'iyyah) menyatakan :  ‘Begitu juga apabila ia berniat shalat fardlu dan shalat tahiyyatal masjid atau berniat shalat rawatib dan tahiyyatal masjid MAKA KEDUANYA BISA DIPEROLEH SEMUANYA. Dalam hal ini tidak ada perselisihan pedapat di antara mereka." Selesai



Begitu juga ketika seseorang niat shalat fardlu dan niat tahiyyatal masjid misalnya, atau niat tahiyatil Masjid dan Qabliyah maka keduanya dapat diperoleh, DENGAN KATA LAIN MENDAPATKAN PAHALA KEDUANYA.



⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Qolyubi dan 'Umairah berkata dalam kitab Hasyiyah Qalyubi Wa Umairah (juz. 1 hal. 246):


(ูˆَุชَุญْุตُู„ُ ุจِูَุฑْุถٍ ุฃَูˆْ ู†َูْู„ٍ ุขุฎَุฑَ ) ุณَูˆَุงุกٌ ู†ُูˆِูŠَุชْ ู…َุนَู‡ُ ุฃَู…ْ ู„َุง ู„ِุฃَู†َّ ุงู„ْู…َู‚ْุตُูˆุฏَ ูˆُุฌُูˆุฏُ ุตَู„َุงุฉٍ ู‚َุจْู„َ ุงู„ْุฌُู„ُูˆุณِ ، ูˆَู‚َุฏْ ูˆُุฌِุฏَุชْ ุจِู…َุง ุฐُูƒِุฑَ ، ูˆَู„َุง ูŠَุถُุฑُّู‡ُ ู†ِูŠَّุฉُ ุงู„ุชَّุญِูŠَّุฉِ ู„ِุฃَู†َّู‡َุง ุณُู†َّุฉٌ ุบَูŠْุฑُ ู…َู‚ْุตُูˆุฏَุฉٍ ุฎِู„َุงูَ ู†ِูŠَّุฉِ ูَุฑْุถٍ ูˆَุณُู†َّุฉٍ ู…َู‚ْุตُูˆุฏَุฉٍ ูَู„َุง ุชَุตِุญُّ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุญุงุดูŠุชุง ู‚ู„ูŠูˆุจูŠ ูˆุนู…ูŠุฑุฉ :(ุฌ ูก ุต ูขูคูฆ) /  ูƒุชุงุจ ุงู„ุตู„ุงุฉ / ุจุงุจ ุตู„ุงุฉ ุงู„ู†ูู„ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุญู…ุฏ ุณู„ุงู…ุฉ ุงู„ู‚ู„ูŠูˆุจูŠ ูˆุฃุญู…ุฏ ุงู„ุจุฑู„ุณูŠ ุนู…ูŠุฑุฉ / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ููƒุฑ - ุจูŠุฑูˆุช، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุจุฏูˆู† ุทุจุนุฉ، ูกูคูกูฅู‡ู€-ูกูฉูฉูฅู…ู€].


“Shalat sunnat tahiyyatal masjid bisa didapatkan dengan shalat fardlu atau shalat sunah yang lain baik shalat tahiyyatil masjid diniati bersamaan shalat fardlu atau sunah maupun tidak. Sebab, intinya adalah adanya shalat sebelum duduk di masjid dan hal itu sudah merupakan realisasi atau terwujud sebagaimana telah disebutkan . Dan niat shalat sunnat tahiyyatal masjid tidak merusak shalat tersebut karena shalat tahiyyatal masjid adalah termasuk sunah yang tidak ditentukan (sunah gharu maqshudah). Berbeda dengan niat shalat fardlu bersamaan dengan shalat sunnah yang sudah ditentukan. Dalam kasus ini shalatnya tidak sah." Selesai.



⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉Syaikh DR. Wahbah bin Musthofa Az Zuhailiy berkata dalam Kitabnya Al Fiqhiyyah Al Islamiy Wa Adillatuh (juz. 1 hal. 192):


ุงู„ุฑุงุจุน ู€ ุฃู† ูŠู†ูˆูŠ ู…ุน ุงู„ู†ูู„ ู†ูู„ุงً ุขุฎุฑ: ูู„ุง ูŠุญุตู„ุงู†، ู„ุฃู† ุงู„ุณَّู†ุชูŠู† ุฅุฐุง ู„ู… ุชุฏุฎู„ ุฅุญุฏุงู‡ู…ุง ููŠ ุงู„ุฃุฎุฑู‰، ู„ุง ุชู†ุนู‚ุฏุงู† ุนู†ุฏ ุงู„ุชุดุฑูŠูƒ ุจูŠู†ู‡ู…ุง ูƒุณู†ุฉ ุงู„ุถุญู‰ ูˆู‚ุถุงุก ุณู†ุฉ ุงู„ูุฌุฑ، ูุฅู† ุฏุฎู„ุช ุฅุญุฏุงู‡ู…ุง ููŠ ุงู„ุฃุฎุฑู‰ ูƒุชุญูŠุฉ ุงู„ู…ุณุฌุฏ ูˆุณู†ุฉ ุงู„ุธู‡ุฑ ู…ุซู„ุงً، ุตุญ؛ ู„ุฃู† ุงู„ุชุญูŠุฉ ุชุญุตู„ ุถู…ู†ุงً. ูˆูŠุณุชุซู†ู‰ ู…ู† ุฐู„ูƒ: ู…ุง ู„ูˆ ู†ูˆู‰ ุงู„ุบุณู„ ู„ู„ุฌู…ุนุฉ ูˆุงู„ุนูŠุฏ، ูุฅู†ู‡ู…ุง ูŠุญุตู„ุงู†، ูˆู…ุง ู„ูˆ ุฎุทุจ ุฎุทุจุชูŠู† ุจู‚ุตุฏ ุงู„ุนูŠุฏ ูˆุงู„ูƒุณูˆู ุฌู…ูŠุนุงً، ูุฅู†ู‡ ูŠุตุญ. ูˆู…ุง ู„ูˆ ู†ูˆู‰ ุตูˆู… ูŠูˆู… ุนุฑูุฉ ูˆุงู„ุงุซู†ูŠู† ู…ุซู„ุงً، ููŠุตุญ.

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ูِู‚ْู‡ُ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠُّ ูˆุฃุฏู„َّุชُู‡ُ : (ุฌ ูก ุต ูกูฉูข) /  ุงู„ู…ุทู„ุจ ุงู„ุซุงู†ูŠ ุนุดุฑ ู€ ุงู„ู†ูŠุฉ ูˆุงู„ุจุงุนุซ ููŠ ุงู„ุนุจุงุฏุงุช ูˆุงู„ุนู‚ูˆุฏ ูˆุงู„ูุณูˆุฎ ูˆุงู„ุชุฑูˆูƒ / ุซุงู…ู†ุง ู€ ุดุฑูˆุท ุงู„ู†ูŠุฉ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃ. ุฏ. ูˆَู‡ْุจَุฉ ุจู† ู…ุตุทูู‰ ุงู„ุฒُّุญَูŠْู„ِูŠّ، ุฃุณุชุงุฐ ูˆุฑุฆูŠุณ ู‚ุณู… ุงู„ูู‚ู‡ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠّ ูˆุฃุตูˆู„ู‡ ุจุฌุงู…ุนุฉ ุฏู…ุดู‚ - ูƒู„ّูŠَّุฉ ุงู„ุดَّุฑูŠุนุฉ / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ููƒุฑ - ุณูˆุฑูŠَّุฉ - ุฏู…ุดู‚، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฑَّุงุจุนุฉ، ุจุฏูˆู† ุงู„ุณู†ุฉ].


Keempat - Jika dia berniat shalat sunnah bersamaan  dengan shalat sunah yang lain: maka hal itu tidak terjadi, karena jika kedua sunnah tersebut tidak masuk ke dalam sunnah yang lain, maka tidak terjadi bila digabungkan, seperti shalat sunnah dhuha dan shalat sunnah. mengqodlo' shalat  sunnah shubuh (qobliyyah subuh), maka ketika salah satunya masuk ke dalam sunnah lainnya, seperti shalat Sunnah tahiyatal masjid dan sunnah dhuhur misalnya, maka sah, sebab shalat tahiyyatal masjid tersebut terjadi secara implisit (tercantumkan didalamnya). Pengecualiannya adalah jika dia berniat mandi pada hari Jumat dan Idul Fitri, maka keduanya terjadi, dan jika dia menyampaikan dua khutbah dengan niat Idul Fitri dan gerhana, maka sah. Kalau dia niat puasa pada hari Arafah dan Senin misalnya, maka sah. Selesai.


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•ุฃَู„ุญَู…ْุฏُ ู„ِู„ّู€ู‡ِ ุงู„َّุฐِูŠْ ุจِู†ِุนْู…َุชِู‡ِ ุชَุชُู…ُّ ุงู„ุตّุงู„ِุญَุงุชُ❉☾︎༆❦︎


❉☾︎༆❦︎ ะบัฮฑ∂ั”ฮทฮฑฮท ั•ั”โ„“ฮฑั‚ฮฑฮท 003 001 ะบัฮฑ∂ั”ฮทฮฑฮท ั•ัฯ…ะผะฒฯ…ฮทg ะผฮฑgั”โ„“ฮฑฮทg ื ฮฑั‚ั”ฮทg

 ๐ŸŽ€ ❉☾︎༆❦︎

ูจ ุฑุฌุจ  ูกูคูคูฆ ู‡ู€

07 ๐•ต๐–†๐–“๐–š๐–†๐–—๐–Ž 2025 ๐•ธ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (10) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BAGAIMANAPUN BENTUKNYA VAGINA RASANYA TUNGGAL (1) BAHASA ALAM AKHIRAT (1) BAHAYANYA MINUM DITENGAH TENGAH MAKAN MAKANAN (1) BAHAYANYA NAMIMAH TERHADAP TERKABULNYA DOA DAN BERLANGSUNGNYA ADZAB KUBUR (1) BEKERJA KERAS UNTUK MENCUKUPI ANAK ISTRI ORTU RENTA TERMASUK FI SABILILLAH (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BID'AH HASANAH SUDAH DILEGALKAN OLEH RASULULLAH ๏ทบ PADA ZAMANNYA (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH MEMINTA BANTUAN ATAU PERTOLONGAN JIN MALAIKAT DAN RUH PARA NABI WALI DAN SHOLIHIN (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) Bahsul Masa'il (1) Boleh Memuji Atau Menyebut Keahlian Diri Sendiri Untuk Promosi Bukan Untuk Kesombongan Atau Pamer (1) Bumi Memuntahkan Jasad Orang Murtad Pembunuh Orang Yangengucapkan Kalimat Tauhid (1) CARA BERSUCI PRAKTIS DAN TIDAK BERLEBIH LEBIHAN (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI DAN BATASAN YATIM MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA KHUSUS (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DSB) (1) DURHAKA (1) Dan Berinteraksi Dengan Mereka Secara Bijak (1) Diantara Pro Dan Kontra Mensholati Jenazah Yang Berada Didalam Keranda Atau Peti Mati Yang Dipaku Atau Digembok (1) Doa (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAHARU (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HARAM MEMAKAN KEPOMPONG SERANGGA ANAK TAWON YANG DISENDIRIKAN TIDAK BERSAMA MADU ATAU SARANGNYA (1) HARTA HARAM HALAL BAGI FAKIR MISKIN DAN BOLEH UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK (1) HARUS SELALU PEDULI DENGAN URUSAN SESAMA MUSLIM (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM INSEMINASI BUATAN DAN BAYI TABUNG (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) Hadits Keterbatasan Terkadang Adalah Keitimewaan (1) Hukum Bermakmum Dibelakang Imam Yang Tidak Semadzhab (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) ILMU MUKASYAFAH (WERUH SAK DURUNGE WINARAH) (1) IMAM ABU DAWUD MASUK SURGA GARA GARA MENJAWAB ORANG BERSIN DAN IMAM GHOZALI GARA GARA SEEKOR LALAT (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) INOVASI BID'AH OLEH ULAMA' YANG DITUDUH MEMBID'AH BID'AHKAN (1) ISLAM (1) ISTRI GALAK ADALAH GURU MENJADI WALI ALLAH (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) Jenazah (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KAJIAN TINGKEPAN NGAPATI MITONI KEHAMILAN (1) KALIMAH YANG BERISI TAUHID DAN DZIKIR BISA MENGHANTARKAN MASUK SURGA KETIKA DIUCAPKAN TERAKHIR (1) KAPAN ISTRI DAPAT MENGGUNAKAN HARTA DALAM RUMAH SUAMI? (1) KEBERKAHAN KEBERKAHAN MERAYAKAN MAULID NABI (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KECENDERUNGAN SIMPATI SOSIAL (1) KEGAGALAN RIHLAH HATIENUJU ALLAH (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TABKHIR EMBAKAR DUPA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KETIKA HAJAT TERCAPAI SEMBELIHLAH SYAHWAT DAN MENDEKATLAH KEPADA ALLAH (1) KETIKA ORANG ALIM SAMA DENGAN ANJING (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KIFAROT (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KREASI BARU IBADAH DAN DOA SUDAH DILEGALKAN SEJAK ZAMAN NABI -๏ทบ- (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KUFUR AKIBAT MENCELA NASAB KETURUNAN (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) Kalam Hikmah Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy (Part I) (1) Kapan Istri Boleh Mengalokasikan Harta Gono Gini Atau Harta Pribadi Suami (1) Kasih Sayang Dan Menyejukkan Hati Dalam Sholat (1) Keirian Nabi -๏ทบ-Yang Beliau Tidak Mengharapkan Ditanyakan Kepada Allah (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBANGUN KEBESARAN DIRI SENDIRI BUKAN HANYA MENGEKOR KEBESARAN MOYANGNYA (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMBELI KITAB ULAMA' MENARIK RIZQI DAN KEKAYAAN (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENCERITAKAN NIKMAT ALLAH UNTUK KESOMBONGAN (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ๏ทบ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MENUTUPI AIB ORANG LAIN DAN MEMANDANG KASIH SAYANG KEPADA PELAKU MAKSIAT DAN DOSA (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUSIBAH ITU MENYEBAR TIDAK PANDANG BULU (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) Membagusi Akhlaknya Bersama Manusia (1) Membungkuk Rukuk Mencium Lantai Sujud Kepada Makhluk (1) Mencaci Mayyit Dapat Menyakiti Kerabatnya Yang Masih Hidup Dan Dapat Menimbulkan Keburukan Keburukan (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) Orang Awwam Dan Yang Menjadi Madzhab Atau Taklidnya (1) Orang Disebut Sufi Jika Selalu Beristiqamah Bersama Allah Azza wa Jalla (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENGHORMATAN MURID PADA GURU MURSYID SECARA LAHIR (1) PENGHORMATAN SECARA LAHIR SEORANG MURID KEPADA GURU MURSYIDNYA (1) PENGHUNI KUBUR SURGA ATAUPUN NERAKA (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PESAN MBAH HAMID PASURUAN TENTANG KEHIDUPAN (1) POSISI IMAM SHOLAT JENAZAH DIMANAKAH? (1) PRAKTEK JUAL BELI SALING MERELAKAN BARANG DAGANGANNYA TANPA MENGUCAPKAN JUAL BELI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA QODLO' (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) PUJIAN ALLAH BAGI ORANG YANG MEMBANGUNKAN RUMAH TINGGAL BAGI PENDAKWAH ILALLAH (1) PUJIAN ALLAH KEPADA ORANG YANG MAU MENGAMBIL PELAJARAN DARI KISAH ORANG ORANG DAHULU (1) Paparan Syuyukh Guru Guru Murobbi Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy) (1) QISHOH ISLAMI (1) Qashidah (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) Rahasia Titik Huruf Ba' Dalam Al Qur'an Dan Pahala Berdakwah Walaupun Cuma Dapat 1 Orang (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SAYYID MUHAMMAD ALAWIY AL MALIKIY AL HASANIY KAYA RAYA NAMUN TETAP ZUHUD (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SEMBELIHAN (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SHOLAT REBO WEKASAN DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) SIKAP MURID KETIKA BATINNYA MENGINGKARI PERINTAH GURU MURSYIDNYA (1) SILATURRAHMI SESAMA ARWAH (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUAMI ONANI DENGAN TANGAN ISTRI DAN MENJILATI KEMALUAN ISTRINYA (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) Sedekah Boleh Dibelanjakan Sesuai Keinginan Selama Pemberi Tidak Menentukan Gunanya (1) Semua Yang Diperbolehkan Oleh Allah Adalan Sunnah Rasulullah -๏ทบ- (1) Silsilah Nasab Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAHALLUL CUKUR GUNDUL ATAU POTONG RAMBUT SELESAI HAJI DAN UMROH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TIDAK PERLU TEST DNA SEBAGAI BUKTI DZURRIYYAH NABI -๏ทบ- (1) TIDAK RUGI MENGABIL HIKMAH DARI MANAPUN DAN DARI SIAPAPUN (1) TIGA KATA KETELADANAN DALAM AL QUR'AN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) TUTORIAL ACUNG JARI KETIKA TASYAHUD (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) WAJIB NIAT MASUK WAKTU MAGHRIB HINGGA SEBELUM SUBUH (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top