*⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉☾︎༆❦︎๐️﷽๐️❦︎༆☽︎❉*
*۩❖ุงููุณََّููุงู ُู ุนฺََْููชُู ْู َูุฑَุญْู َุฉُ ุงّٰٰูููู َูุจَุฑฺَชَุงุชُُู❖۩*
โ๐๐๐๐๐ ๐๐๐ธ๐ ๐๐ธ๐ธ๐ ๐๐ผโ๐โ๐๐๐ธ๐๐ ๐๐ธ๐๐๐๐ โโ๐๐ธ ๐๐ธโ๐๐๐ธ ๐ป๐ธโ ๐๐ธโ๐๐ธ (โ๐ผ๐๐ธโโ๐๐ป๐๐, ๐น๐ธโโ๐)
๐]• ๐๐ ๐๐๐๐๐๐
i• Riwayat Imam Shalat Jenazah Berdiri Ditengah Tengah Jenazah Wanita Atau Banci
ุญَุฏَّุซََูุง ู ُุณَุฏَّุฏٌ ، ุญَุฏَّุซََูุง َูุฒِูุฏُ ุจُْู ุฒُุฑَْูุนٍ ، ุญَุฏَّุซََูุง ุญُุณٌَْูู ، ุญَุฏَّุซََูุง ุนَุจْุฏُ ุงَِّููู ุจُْู ุจُุฑَْูุฏَุฉَ ، ุนَْู ุณَู ُุฑَุฉَ ุจِْู ุฌُْูุฏَุจٍ ุฑَุถَِู ุงَُّููู ุนَُْูู ، َูุงَู :
«ุตََّْููุชُ َูุฑَุงุกَ ุงَّููุจِِّู -๏ทบ- ุนََูู ุงู ْุฑَุฃَุฉٍ ู َุงุชَุชْ ِูู َِููุงุณَِูุง ، ََููุงู َ ุนَََْูููุง َูุณَุทََูุง»
[ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู ูุงูููุธ ูู / ูุชุงุจ ุงูุฌูุงุฆุฒ / ุจุงุจ ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูููุณุงุก ุฅุฐุง ู ุงุชุช ูู ููุงุณูุง ุญุฏูุซ ุฑูู : ูกูขูงูฉ. ูู ุณูู ].
Dari Samurah bin Jundub radliyaAllahu 'anhu berkata;
"Aku pernah di belakang Nabi -๏ทบ- ikut mensolati jenazah wanita yang meninggal pada masa nifasnya. Beliau berdiri di tengah jenazah tersebut".
[HR. Bukhariy Teks Miliknya No. 1279. Dan Muslim].
ii• Riwayat Tentang Imam Shalat Jenazah Berdiri Didekat Kepala Jenazah Laki Laki
ุญَุฏَّุซََูุง َูุฒِูุฏُ ุฃَุฎْุจَุฑََูุง َูู َّุงู ُ ุจُْู َูุญَْูู ุญَุฏَّุซََูุง ุฃَุจُู ุบَุงِูุจٍ ุงْูุฎََّูุงุทُ َูุงَู ุดَِูุฏْุชُ ุฃََูุณَ ุจَْู ู َุงٍِูู ุตََّูู ุนََูู ุฌَِูุงุฒَุฉِ ุฑَุฌٍُู ََููุงู َ ุนِْูุฏَ ุฑَุฃْุณِِู ََููู َّุง ุฑُِูุนَ ุฃُุชَِู ุจِุฌَِูุงุฒَุฉِ ุงู ْุฑَุฃَุฉٍ ู ِْู ُูุฑَْูุดٍ ุฃَْู ู ِْู ุงْูุฃَْูุตَุงุฑِ ََِูููู َُูู : َูุง ุฃَุจَุง ุญَู ْุฒَุฉَ َูุฐِِู ุฌَِูุงุฒَุฉُ َُููุงَูุฉَ ุงุจَْูุฉِ َُููุงٍู َูุตَِّู ุนَََْูููุง َูุตََّูู ุนَََْูููุง ََููุงู َ َูุณَุทََูุง ََِููููุง ุงْูุนََูุงุกُ ุจُْู ุฒَِูุงุฏٍ ุงْูุนَุฏَُِّูู ََููู َّุง ุฑَุฃَู ุงุฎْุชَِูุงَู َِููุงู ِِู ุนََูู ุงูุฑَّุฌُِู َูุงْูู َุฑْุฃَุฉِ َูุงَู َูุง ุฃَุจَุง ุญَู ْุฒَุฉَ ََููุฐَุง َูุงَู ุฑَุณُُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ َُูููู ُ ู ِْู ุงูุฑَّุฌُِู ุญَْูุซُ ُูู ْุชَ َูู ِْู ุงْูู َุฑْุฃَุฉِ ุญَْูุซُ ُูู ْุชَ َูุงَู : َูุนَู ْ. َูุงَู َูุงْูุชََูุชَ ุฅََِْูููุง ุงْูุนََูุงุกُ ََููุงَู : ุงุญَْูุธُูุง.
[ุฑูุงู ุฃุญู ุฏ ูุงูููุธ ูู / ู ุณูุฏ ุงูู ูุซุฑูู ู ู ุงูุตุญุงุจุฉ / ู ุณูุฏ ุฃูุณ ุจู ู ุงูู ุฑุถู ุงููู ุชุนุงูู ุนูู / ุฑูู ุงูุญุฏูุซ: ูกูฃูกูกูค. ูุฃุจู ุฏุงูุฏ].
Dari Abu Ghalib Al-Khayyat berkata: Saya melihat Anas radliyyAllahu 'anhu MENSHALATI JENAZAH SEORANG LAKI-LAKI, MAKA BELIAU BERDIRI DI DEKAT KEPALANYA. Setelah jenazah itu diangkat, datang lagi jenazah wanita dari Quraisy atau dari anshar, dan ia diberitahu, wahai Abu Hamzah, ini adalah jenazah wanita fulanah binti fulan, shalatkanlah! lalu beliau BERDIRI DIDEKAT PUSARNYA. Diantara kami saat itu ada al-'Ala' Bin Ziyad Al-'Adawi. Tatkala 'Ala' bin Ziyad melihat PERBEDAAN LETAK BERDIRI ANAS RADHIYALLAHU 'ANHU ANTARA JENAZAH LAKI-LAKI DAN WANITA, 'Ala' bertanya, wahai Abu Hamzah : begitukah cara Rasulullah -๏ทบ- berdiri saat menyalatkan jenazah, yaitu seperti yang anda lakukan?. (Anas bin Malik radhiyAllahu 'anhu) menjawab 'iya'.
Abu Ghalib Khayyat berkata: lalu 'Ala' menoleh kepada kami dan mengatakan : Kalian jagalah!.
[HR. Ahmad Teks Miliknya No. 13114. Dan Abu Dawud].
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Imam Asy Syaukaniy Al Yamaniy berkata dalam Kitabnya Nailu Al Author (juz. 4 hal. 81):
َูุฅَِูู ู َุง َْููุชَุถِِูู َูุฐَุงِู ุงْูุญَุฏِูุซَุงِู ู ِْู ุงَِْูููุงู ِ ุนِْูุฏَ ุฑَุฃْุณِ ุงูุฑَّุฌُِู ََููุณْุทِ ุงْูู َุฑْุฃَุฉِ ุฐََูุจَ ุงูุดَّุงِูุนُِّู ََُููู ุงْูุญَُّู.
ََููุงَู ุฃَุจُู ุญََِูููุฉَ: ุญِุฐَุงุกَ ุตَุฏْุฑِِูู َุง، َِููู ุฑَِูุงَูุฉٍ: " ุญِุฐَุงุกَ َูุณْุทِِูู َุง "
ََููุงَู ู َุงٌِูู: ุญِุฐَุงุกَ ุงูุฑَّุฃْุณِ ู ُِْููู َุง.
ََููุงَู ุงَْููุงุฏِู: ุญِุฐَุงุกَ ุฑَุฃْุณِ ุงูุฑَّุฌُِู َูุซَุฏِْู ุงْูู َุฑْุฃَุฉِ. ุงูุชูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ููู ุงูุฃูุทุงุฑ ุดุฑุญ ู ูุชูู ุงูุฃุฎุจุงุฑ : (ุฌ ูค ุต ูจูก) / ุฃุจูุงุจ ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูู ูุช / ุจุงุจ ู ููู ุงูุฅู ุงู ู ู ุงูุฑุฌู ูุงูู ุฑุฃุฉ ูููู ูุตูุน ุฅุฐุง ุงุฌุชู ุนุช ุฃููุงุน / ุงูู ุคูู: ู ุญู ุฏ ุจู ุนูู ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงููู ุงูุดููุงูู ุงููู ูู (ุช ูกูขูฅู ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูุญุฏูุซ، ู ุตุฑ، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูกูฃูู - ูกูฉูฉูฃู ู].
“Dari kandungan dua hadits ini yaitu hadits Samurah dan Anas radliyyAllahu ’anhuma, BERDIRI DISISI KEPALA BAGI JENAZAH LELAKI DAN DI TENGAH BAGI JENAZAH WANITA ADALAH PENDAPAT SYAFI’I DAN ITU YANG BENAR.
Imam Abu Hanifah berkata: Disisi dada keduanya (jenazah laki laki ataupun wanita), dan dalam riwayatnya: “Disisi pinggang keduanya.”
Imam Malik berkata: Disisi kepala salah satu dari keduanya.
Al-Hadi berkata: Disebelah kepala jenazah laki-laki dan disisi dada jenazah perempuan. Selesai.
iii• Riwayat Tentang Imam Shalat Jenazah Berdiri Ditengah Tengah Jenazah Laki Laki Dan Berdiri Disebelah Kedua Bahu Jenazah Wanita.
ุฑูู: ...َูุงَู ุงุจُْู ู َุณْุนُูุฏٍ َُُูููู ุฅุฐَุง ุฃَุชَู ุจِุงْูุฌَِูุงุฒَุฉِ ุงุณْุชَْูุจََู ุงَّููุงุณَ ََููุงَู: ุฃََُّููุง ุงَّููุงุณُ ุฅِّูู ุณَู ِุนْุชُ ุฑَุณَُูู ุงَِّููู -๏ทบ- َُُูููู:
«ُُّูู ู ِุงุฆَุฉٍ ุฃُู َّุฉٌ ََْููู ุชَุฌْุชَู ِุนَ ู ِุงุฆَุฉٌ ِูู َِّูุชٍ ََููุฌْุชَِูุฏَُูู َُูู ุจِุงูุฏُّุนَุงุกِ ุฅَّูุง ََููุจَ ุงَُّููู ุฐُُููุจَُู َُููู ْ َูุฅَُِّููู ْ ุฌِุฆْุชُู ْ ุดَُูุนَุงุกَ ِูุฃَุฎُِููู ْ َูุงุฌْุชَِูุฏُูุง َُูู ุจِุงูุฏُّุนَุงุกِ، ุซُู َّ ุงุณْุชَْูุจََู ุงِْููุจَْูุฉَ َูุฅِْู َูุงَู ุฑَุฌًُูุง َูุงู َ ุนِْูุฏَ َูุณَุทِِู، َูุฅِْู َูุงَูุชْ ุงู ْุฑَุฃَุฉً َูุงู َ ุนِْูุฏَ ู َِْููุจََْููุง... ุงูุญุฏูุซ.
[ุฑูุงู ู ุงูู ูู ุง ูู ุงูู ุฏููุฉ ูุงูููุธ ูู / ูุชุงุจ ุงูุฌูุงุฆุฒ / ุฑูุน ุงูุฃูุฏู ูู ุงูุชูุจูุฑ ุนูู ุงูุฌูุงุฆุฒ. ูุงูุจูููู ูู ุงููุจุฑู].
Diriwayatkan: ...Ibnu Mas'ud radliyyAllahu 'anhu mengatakan bahwa ketika dihadapan beliau didatangkan jenazah, maka beliau menghadap kepada orang-orang dan berkata: Wahai manusia, saya mendengar Rasulullah -๏ทบ- bersabda:
"Setiap seratus orang adalah ummat, dan tidak berkumpul 100 orang untuk 1 jenazah kemudian mereka bersungguh-sungguh mendoakannya, kecuali Allah akan mengampuni dosa-dosanya dan sesungguhnya kedatangan kalian merupakan syafaat bagi saudara kalian, oleh karena itu berdoalah dengan sungguh-sungguh untuknya. Kemudian menghadaplah ke arah kiblat, JIKA JENAZAH LAKI-LAKI, MAKA BERDIRILAH DI TENGAH TENGAHNYA (ARAH PUSAR), DAN JIKA JENAZAH PEREMPUAN, MAKA BERDIRILAH DI ANTARA KEDUA BAHUNYA...al Hadits.
[HR. Malik Teks Miliknya Dalam Kitab Al Mudawwanah. Dan Baihaqiy Dalam Sunan Al Kubro].
๐]• ๐๐๐๐๐๐๐ ๐๐๐๐๐'
๐• ๐๐ช๐๐๐'๐๐ช๐ช๐๐
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉ Imam An Nawawiy Asy Syafi'iy rahimahullah mengatakan dalam kitabnya Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab
ุงูุณَُّّูุฉُ ุฃَْู ََِููู ุงْูุฅِู َุงู ُ ุนِْูุฏَ ุนَุฌِูุฒَุฉِ ุงْูู َุฑْุฃَุฉِ ุจَِูุง ุฎَِูุงٍู ِْููุญَุฏِูุซِ َِููุฃََُّูู ุฃَุจُْูุบُ ِูู ุตَِูุงَูุชَِูุง ุนَْู ุงْูุจَุงَِููู َِููู ุงูุฑَّุฌُِู َูุฌَْูุงِู (ุงูุตَّุญِูุญُ ุจِุงุชَِّูุงِู ุงْูู ُุตََِِّูููู ََููุทَุนَ ุจِِู َูุซِูุฑَُูู ََُููู َُْููู ุฌُู ُْููุฑِ ุฃَุตْุญَุงุจَِูุง ุงْูู ُุชََูุฏِّู َِูู ุฃََُّูู َُِููู ุนِْูุฏَ ุฑَุฃْุณِِู.
(َูุงูุซَّุงِูู): َูุงَُูู ุฃَุจُู ุนٍَِّูู ุงูุทَّุจَุฑُِّู ุนِْูุฏَ ุตَุฏْุฑِِู ََููุฐَุง ุงุฎْุชَِูุงุฑُ ุฅู َุงู ِ ุงْูุญَุฑَู َِْูู َูุงْูุบَุฒَุงِِّูู ََููุทَุนَ ุจِِู ุงูุณَّุฑَุฎْุณُِّู, َูุงَู ุงูุตَّْูุฏََูุงُِّูู : ََُููู ุงุฎْุชَِูุงุฑُ ุฃَุฆِู َّุชَِูุง, ََููุงَู ุงْูู َุงَูุฑْุฏُِّู : ูุงู ุงุตุญุงุจูุง ุงูุจุตุฑููู ุนูุฏ ุฑุฃุณู ูุงูุจุบุฏุงุฏููู ุนูุฏ ุตุฏุฑู (َูุงูุตََّูุงุจُ) ู َุง َูุฏَّู ْุชُُู ุนَْู ุงْูุฌُู ُْููุฑِ ََُููู ุนِْูุฏَ ุฑَุฃْุณِِู. ุงูุชูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุฌู ูุน ุดุฑุญ ุงูู ูุฐุจ :(ุฌ ูฅ ุต ูขูขูฅ) / ูุชุงุจ ุงูุฌูุงุฆุฒ / ุจุงุจ ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูู ูุช / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุฒูุฑูุง ู ุญูู ุงูุฏูู ุจู ุดุฑู ุงููููู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฆูงูฆ ูู) / ุงููุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงูุทุจุงุนุฉ ุงูู ููุฑูุฉ، ู ุทุจุนุฉ ุงูุชุถุงู ู ุงูุฃุฎูู) - ุงููุงูุฑุฉ، ุนุงู ุงููุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ูู].
“Sesuai sunnah, seorang imam berdiri di tengah wanita tanpa ada perbedaan. Berdasarkan hadits, karena hal itu lebih terjaga dari lainnya. Sementara bagi lelaki ada dua cara : ( Yang kuat) adalah sesuai dengan kesepakatan para penulis, diputuskan oleh mayoritas dan itu merupakan pendapat jumhur (mayoritas) sahabat sahabat kami (Syafi'iyyah), yang terdahulu, bahwa DIA BERDIRI DISISI DEKAT KEPALANYA. (Yang kedua): Hal ini dikatakan oleh Abu Ali Al-Thabariy BERDIRI DISISI DEKAT DADANYA, dan ini adalah pilihan Imam Al Haromain dan Al-Ghazali, dan Al-Sarkhasiy mengkategorikan dengannya. Dan Ash Shoidalaniy berkata : Itu merupakan pilihan para Imam kami, dan Al-Mawardi berkata: Sahabat sahabat kami penduduk Bashroh berkata : IMAM BERDIRI DISISI DEKAT KEPALA MAYYIT, dan orang orang Baghdad berkata : IMAM BERDIRI DISISI DEKAT DADA MAYYIT,
(DAN YANG BENAR) seperti apa yang telah diketengahkan oleh jumhur ulama (mayoritas ulama Syafi'iyyah) IMAM BERDIRI DISISI DEKAT KEPALA MAYYIT. Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉ Imam Al Bujairamy Asy Syafi'iy mengutip keterangan dari Syaikh Ali Syibramalisy, dalam kitab Hasyiyatul Bujairami ‘Ala Al Khathรฎb (juz.
َูุชُูุถَุนُ ุฑَุฃْุณُ ุงูุฐََّูุฑِ ِูุฌَِูุฉِ َูุณَุงุฑِ ุงْูุฅِู َุงู ِ ََُُููููู ุบَุงِูุจُُู ِูุฌَِูุฉِ َูู ِِِููู ุฎَِูุงَู ู َุง ุนََِْููู ุนَู َُู ุงَّููุงุณِ ุงْูุขَู، ุฃَู َّุง ุงْูุฃُْูุซَู َูุงْูุฎُْูุซَู ََُِูููู ุงْูุฅِู َุงู ُ ุนِْูุฏَ ุนَุฌِูุฒَุชِِูู َุง ََُُููููู ุฑَุฃْุณُُูู َุง ِูุฌَِูุฉِ َูู ِِِููู ุนََูู ู َุง ุนََِْููู ุงَّููุงุณُ ุงْูุขَู. ุงูุชูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุชุญูุฉ ุงูุญุจูุจ ุนูู ุดุฑุญ ุงูุฎุทูุจ = ุญุงุดูุฉ ุงูุจุฌูุฑู ู ุนูู ุงูุฎุทูุจ :(ุฌ ูข ุต ูขูงูจ) / ูุชุงุจ ุงูุตูุงุฉ / ูุตู ูู ุงูุฌูุงุฒุฉ / ุงูู ุคูู: ุณููู ุงู ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนู ุฑ ุงูุจُุฌَْูุฑَู ِّู ุงูู ุตุฑู ุงูุดุงูุนู (ุช ูกูขูขูกูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุงูุทุจุนุฉ: ุจุฏูู ุทุจุนุฉ، ุชุงุฑูุฎ ุงููุดุฑ: ูกูคูกูฅูู - ูกูฉูฉูฅู ู].
“Kepala mayit laki-laki diletakkan di sebelah kiri imam —(kaprahnya di sebelah kanan imam)— berbeda dengan pengamalan orang saat ini. Adapun mayit perempuan dan khuntsa (orang yang berkelamin ganda, banci, waria), MAKA IMAM BERDIRI DI SISI PANTATNYA SEDANGKAN KEPALANYA ADA DI SEBELAH KANAN IMAM sebagaimana pengamalan orang saat ini.” Selesai.
Meski demikian apa yang telah menjadi kebiasaan di masyarakat tersebut tidaklah mengapa dan bukan sesuatu yang dilarang. Pemahaman ini bisa kita ambil dari penjelasan Bujairamy di atas yang mengakui adanya kebiasaan masyarakat yang berbeda dengan yang semestinya namun beliau tidak menyatakan pelarangannya.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Adapun perihal di mana posisi imam berdiri saat menshalati mayit Syaikh Sulaiman Al-Jamal menjelaskan dalam kitab Hรขsyiyatul Jamal-nya (juz. 2 hal. 188):
(ََُِูููู) َูุฏْุจًุง (ุบَْูุฑُ ู َุฃْู ُูู ٍ) ู ِْู ุฅู َุงู ٍ َูู َُْููุฑِุฏٍ (ุนِْูุฏَ ุฑَุฃْุณِ ุฐََูุฑٍ َูุนَุฌُุฒِ ุบَْูุฑِِู) ู ِْู ุฃُْูุซَู َูุฎُْูุซَู ِِููุงุชِّุจَุงุนِ ِูู ุบَْูุฑِ ุงْูุฎُْูุซَู ุฑََูุงُู ุงูุชِّุฑْู ِุฐُِّู َูุญَุณََُّูู ِูู ุงูุฐََّูุฑِ َูุงูุดَّْูุฎَุงِู ِูู ุงْูุฃُْูุซَู ََِูููุงุณًุง ุนََูู ุงْูุฃُْูุซَู ِูู ุงْูุฎُْูุซَู َูุญِْูู َุฉُ ุงْูู ُุฎَุงََููุฉِ ุงْูู ُุจَุงَูุบَุฉُ ِูู ุณَุชْุฑِ ุบَْูุฑِ ุงูุฐََّูุฑِ َูุชَุนْุจِูุฑِู ุจِู َุง ุฐُِูุฑَ. ุงูุชูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ูุชูุญุงุช ุงูููุงุจ ุจุชูุถูุญ ุดุฑุญ ู ููุฌ ุงูุทูุงุจ = ุญุงุดูุฉ ุงูุฌู ู :(ุฌ ูข ุต ูกูจูจ) / ูุตู ูู ุตูุงุฉ ุงูู ูุช / ุดุฑูุท ุตุญุฉ ุตูุงุฉ ุงูุฌูุงุฒุฉ / ุงูู ุคูู: ุณููู ุงู ุจู ุนู ุฑ ุจู ู ูุตูุฑ ุงูุนุฌููู ุงูุฃุฒูุฑู، ุงูู ุนุฑูู ุจุงูุฌู ู ุงูุดุงูุนู (ุช ูกูขู ูคูู)، ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
“Selain makmum, yakni imam dan orang yang shalat sendirian, sunah berdiri di sisi kepala jenazah laki-laki dan di sisi pantat jenazah perempuan dan khuntsa karena ittibรข’ pada selain hermafrodit (banci, waria), diriwayatkan oleh Al-Tirmidzi DAN MENGHASANKANNYA mengenai mayyit laki laki, dan oleh Syaikhoini (Nawawiy dan Rofi'iy) mengenai mayyit perempuan. DAN MEMPERUMPAMAKAN (MENG-QIYAS-KAN) MENGENAI MAYYIT PEREMPUAN DENGAN MAYYIT HERMAFRODIT (BANCI, WARIA, WANDU). Dan hikmah yang membedakan adalah berlebih dalam MENYEMBUNYIKAN (MENUTUPI) PADA SELAIN MAYYIT LAKI LAKI, dan ekspresiku dengan apa yang telah disebutkan. Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉BISA DISIMPULKAN bahwa ketika menshalati mayit laki-laki, disunnahkan POSISI IMAM BERDIRI DI SISI DEKAT KEPALA SI MAYYIT, sedangkan ketika menshalati mayit perempuan disunnahkan posisi imam berdiri di sisi pantat si mayyit. Hal ini juga berlaku bagi orang yang menshalati mayit seorang diri (munfarid), tidak berjamaah. Sedangkan bagi makmum mereka berdiri di belakang imam sebagaimana layaknya shalat jamaah pada umumnya.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Al Imroniy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Bayan Fi Madzhabi Al Imam Asy Syafi'iy (juz. 3 hal. 60):
ูุฃู ุง ุงูู ุฑุฃุฉ: ููุง ูุฎุชูู ุฃุตุญุงุจูุง ูููุง، ุจู ููู ุงูุฅู ุงู ุนูุฏ ุนุฌูุฒุชูุง، ููุฐูู ุงูุฎูุซู ููู ุนูุฏ ุนุฌูุฒุชู، ูุงูู ุฑุฃุฉ.
ููุงู ุฃุจู ุญูููุฉ: (ููู ุนูุฏ ุตุฏุฑ ุงูุฑุฌู ูุงูู ุฑุฃุฉ) .
ููุงู ู ุงูู ุฑุญู ุฉ ุงููู ุนููู: (ููู ู ู ุงูุฑุฌู ุนูุฏ ูุณุทู، ูู ู ุงูู ุฑุฃุฉ ุนูุฏ ู ููุจููุง) .
ุฏููููุง: ู ุง ุฑูู ุณู ุฑุฉ ุจู ุฌูุฏุจ: «ุฃู ุงููุจู - ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ - ุตูู ุนูู ุงู ุฑุฃุฉ ู ุงุชุช ูู ููุงุณูุง، ููุงู ูุณุทูุง» .«ูุฑูู ุฃุจู ุบุงูุจ: ูุงู: (ููุช ูู ุณูุฉ ุงูู ุฏููุฉ، ูุนูู: ุงูุจุตุฑุฉ، ูู ุฑุช ุฌูุงุฒุฉ ู ุนูุง ูุงุณ ูุซูุฑ، ูููู: ูุฐู ุฌูุงุฒุฉ ุนุจุฏ ุงููู ุจู ุนู ูุฑ، ูุชุจุนุชูุง، ูุฅุฐุง ุจุฑุฌู ุนููู ูุณุงุก ุฑููู، ูุนูู ุฑุฃุณู ุฎุฑูุฉ ุชููู ู ู ุงูุดู ุณ، ูููุช: ู ู ูุฐุง؟ ููุงููุง: ูุฐุง ุฃูุณ ุจู ู ุงูู - ุฑَุถَِู ุงَُّููู ุนَُْูู -، ููู ุง ูุถุนุช ุงูุฌูุงุฒุฉ ... ูุงู ุฃูุณ، ูุตูู ุนูููุง، ูุฃูุง ุฎููู، ูุง ูุญูู ุจููู ูุจููู ุดูุก، ููุงู ุนูุฏ ุฑุฃุณู، ููุจุฑ ุฃุฑุจุนًุง، ุซู ุฐูุจ، ููุนุฏ، ููุงููุง: ูุง ุฃุจุง ุญู ุฒุฉ، ุงูู ุฑุฃุฉ ุงูุฃูุตุงุฑูุฉ، ูุฃุชู ุจูุง، ูุนูููุง ูุนุด ุฃุฎุถุฑ، ููุงู ุนูุฏ ุนุฌูุฒุชูุง، ูุตูู ุนูููุง ุตูุงุชู ุนูู ุงูุฑุฌู، ููุงู ูู ุงูุนูุงุก ุจู ุฒูุงุฏ: ูุง ุฃุจุง ุญู ุฒุฉ، ููุฐุง ูุงูุช ุตูุงุฉ ุฑุณูู ุงููู - ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู َ - ููุจุฑ ุฃุฑุจุนًุง، ููููู ุนูุฏ ุฑุฃุณ ุงูุฑุฌู، ูุนูุฏ ุนุฌูุฒุฉ ุงูู ุฑุฃุฉ؟ ูุงู: ูุนู ، ููู ุง ูุฑุบูุงู: ุงุญูุธูุง» . ูุฐูุฑ ุงูุชุฑู ุฐู: ุฃู ุงูู ุฑุฃุฉ ูุงูุช ู ู ูุฑูุด. ุงูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูุจูุงู ูู ู ุฐูุจ ุงูุฅู ุงู ุงูุดุงูุนู : (ุฌ ูฃ ุต ูฆู ) / ู ุณุฃูุฉ: ุตูุงุฉ ุงูุฌูุงุฒุฉ ูู ุงูู ุณุฌุฏ / ูุฑุน: ู ููู ุงูุฅู ุงู ูู ุงูุฌูุงุฒุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุงูุญุณูู ูุญูู ุจู ุฃุจู ุงูุฎูุฑ ุจู ุณุงูู ุงูุนู ุฑุงูู ุงููู ูู ุงูุดุงูุนู (ุช ูฅูฅูจูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูู ููุงุฌ - ุฌุฏุฉ، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูขูก ูู- ูขู ู ู ู ู].
Sedangkan mengenai jenazah wanita, tidak ada perbedaan pendapat antara sahabat-sahabat kami (Syafi'iyyah) terhadapnya, melainkan IMAM SHALAT JENAZAH BERDIRI DISISI DEKAT PANTATNYA, dan orang yang hermafrodit (banci, waria, bencong) juga berdiri di pantatnya, seperti halnya seorang wanita.
Imam Abu Hanifah berkata: (Imam shalat jenazah berdiri disisi dekat dada mayyit laki-laki dan perempuan).
Imam Malik rahimahullah berkata: (Imam shalat jenazah berdiri pada mayyit laki laki disisi dekat pinggangnya, dan pada mayyit perempuan berdiri disisi dekat kedua bahunya).
Dalil kami (Syafi'iyyah): Apa yang telah Samurah bin Jundub radliyyAllahu 'anhu meriwayatkannya: “Nabi-๏ทบ- menshalati jenazah seorang wanita yang meninggal setelah melahirkan, MAKA BELIAU BERDIRI DI TENGAH-TENGAHNYA (SEKITAR PUSAR).”...dst. Selesai.
๐• โ๐๐๐๐๐๐ช๐ช๐๐
Imam shalat jenazah posisinya disisi dekat pinggang mayyit laki laki, dan disisi dekat dada mayyit perempuan.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Abul Hasan As Sa'diy Al Hanafiy berkata dalam Kitabnya An Nutfu Fi Al Fatฤwa (juz. 1 hal. 125):
َูุฃู ุง ููุงู ุงูุงู ุงู ูุงู ุงูุงู ุงู ูููู ุนِْูุฏ ุตุฏุฑ ุงْูู َِّูุช ูุงูู ู َุนْุฏู ุงْูููุจ َูุงْูููุจ ู ูู ุงْูุฌَุณَุฏ َูุงู ุงูุตَّุฏْุฑ ูุทุจ ุงูุงูุณุงู َูุณَุงุฆِุฑ ุงْูุจุฏู ุงุทุฑุงู َِููุฃَู ุงْูููุจ ู َุนْุฏู ุงْูู ุนุฑَูุฉ ูุงุดูุงููุง. ูุฑูู ุนَู ุงุจู ُููุณُู ุงูู َูุงَู : ูููู ุนِْูุฏ ุงูุฑَّุฃْุณ. ََููุงَู ุจุนุถ ุงََُْููููุงุก : ูููู ุนِْูุฏ ูุณุท ุงูุฑุฌู َูุตุฏุฑ ุงْูู َุฑْุฃَุฉ. ََْูููุจَุบِู ุงู ูููู ุจَูู ุงูุงู ุงู َูุจَูู ุงْูุฌَِูุงุฒَุฉ ُูุฑْุฌَุฉ. ุงูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงููุชู ูู ุงููุชุงูู :(ูก ุต ูกูขูฅ) / ูุชุงุจ ุงูุฌูุงุฆุฒ / ู ุทูุจ ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูุฌูุงุฒุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุงูุญุณู ุนูู ุจู ุงูุญุณูู ุจู ู ุญู ุฏ ุงูุณُّุบْุฏู ุงูุญููู (ุช ูคูฆูก ูู ุจุจุฎุงุฑู) /ุงููุงุดุฑ: (ู ุคุณุณุฉ ุงูุฑุณุงูุฉ - ุจูุฑูุช)، (ุฏุงุฑ ุงููุฑูุงู - ุนู ุงู)، ุจุฏูู ุงูุณูุฉ].
Adapun posisi berdirinya Imam shalat jenazah, IA BERDIRI DISISI DEKAT DADA ORANG YANG MENINGGAL karena di situlah sumber jantung, dan hati adalah rajanya jasad, karena dada adalah tiang bagi manusia dan selebihnya, tubuh adalah ekstremitas (cabangnya), dan karena hati adalah sumber ilmu dan wujudnya. Diriwayatkan dari Abu Yusuf bahwa ia mengatakan: bahwa ia posisinya berada disisi dekat kepala. Sebagian ahli fikih mengatakan : berdirinya disisi dekat pinggang laki-laki dan disisi dekat dada perempuan. Dan seyogyanya ada jarak antara imam dan jenazah. Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Alauddin Al Kasaniy Al Hanafiy berkata dalam Kitabnya Badai'u Ash Shonai' Fi Tartibi Asy Syaroi' (juz. 1 hal. 312):
َูุฑََูู ุงْูุญَุณَُู ِูู ِูุชَุงุจِ ุตََูุงุชِِู ุนَْู ุฃَุจِู ุญََِูููุฉَ ุฃََُّูู َูุงَู ِูู ุงูุฑَّุฌُِู: " َُูููู ُ ุจِุญِุฐَุงุกِ َูุณَุทِِู َูู ِْู ุงْูู َุฑْุฃَุฉِ ุจِุญِุฐَุงุกِ ุตَุฏْุฑَِูุง " ََُููู َُْููู ุงุจِْู ุฃَุจِู ََْูููู، َูุฌُْู ุฑَِูุงَูุฉِ ุงْูุญَุณَِู: ุฃََّู ِูู ุงَِْูููุงู ِ ุจِุญِุฐَุงุกِ ุงَْููุณَุทِ ุชَุณَِْููุฉً ุจََْูู ุงْูุฌَุงِูุจَِْูู ِูู ุงْูุญَุธِّ ู ِْู ุงูุตََّูุงุฉِ، ุฅَّูุง ุฃََّู ِูู ุงْูู َุฑْุฃَุฉِ َُูููู ُ ุจِุญِุฐَุงุกِ ุตَุฏْุฑَِูุง ََُِููููู ุฃَุจْุนَุฏَ ุนَْู ุนَْูุฑَุชَِูุง ุงْูุบَِููุธَุฉِ،
Al-Hasan meriwayatkan dalam kitab shalatnya dari Abu Hanifah bahwa dia berkata tentang jenazah seorang laki-laki: “Imam shalat jenazah berdiri disisi dekat pinggangnya, dan seorang wanita disisi dekat dadanya,” dan itu merupakan pendapat Imam Ibnu Abi Laila. Dan riwayat Al-Hasan: Bahwa berdiri disisi tengah menyamakan kedua sisi dalam porsi shalat, kecuali pada jenazah seorang wanita imam sholat jenazah berdiri disisi dekat dadanya, agar dapat menjauh dari bagian pribadinya yang besar (menonjol).
َูุฌُْู ุธَุงِูุฑِ ุงูุฑَِّูุงَูุฉِ ุฃََّู ุงูุตَّุฏْุฑَ َُูู َูุณَุทُ ุงْูุจَุฏَِู؛ ِูุฃََّู ุงูุฑِّุฌَِْْููู َูุงูุฑَّุฃْุณَ ู ِْู ุฌُู َْูุฉِ ุงْูุฃَุทْุฑَุงِู ََููุจَْูู ุงْูุจَุฏَُู ู ِْู ุงْูุนَุฌِูุฒَุฉِ ุฅَูู ุงูุฑََّูุจَุฉِ ََููุงَู َูุณَุทُ ุงْูุจَุฏَِู َُูู ุงูุตَّุฏْุฑُ، َูุงَِْูููุงู ُ ุจِุญِุฐَุงุกِ ุงَْููุณَุทِ ุฃََْููู َِููุณْุชََِูู ุงْูุฌَุงِูุจَุงِู ِูู ุงْูุญَุธِّ ู ِْู ุงูุตََّูุงุฉِ؛ َِููุฃََّู ุงَْْูููุจَ ู َุนْุฏُِู ุงْูุนِْูู ِ َูุงْูุญِْูู َุฉِ، َูุงُُُْููููู ุจِุญَِูุงِِูู ุฃََْููู.ุงูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุจุฏุงุฆุน ุงูุตูุงุฆุน ูู ุชุฑุชูุจ ุงูุดุฑุงุฆุน :(ุฌ ูก ุต ูฃูกูข) / ูุตู ุจูุงู ูุฑูุถุฉ ุตูุงุฉ ุงูุฌูุงุฒุฉ ูููููุฉ ูุฑุถูุชูุง / ูุตู ุจูุงู ููููุฉ ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูุฌูุงุฒุฉ / ุงูู ุคูู: ุนูุงุก ุงูุฏูู، ุฃุจู ุจูุฑ ุจู ู ุณุนูุฏ ุงููุงุณุงูู ุงูุญููู ุงูู ููุจ ุจู «ุจู ูู ุงูุนูู ุงุก» (ุช ูฅูจูง ูู)، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู ูกูฃูขูง - ูกูฃูขูจ ูู].
Makna yang tampak dari narasi tersebut adalah bahwa dada merupakan bagian tengah tubuh. Karena kaki dan kepala berada di antara anggota badan, maka badan tetap dari tulang kering sampai leher, maka bagian tengah badan adalah dada, dan Imam Shalat jenazah lebih baik berdiri disisi tengah agar kedua sisinya sejajar dalam porsi shalat, dan karena hati adalah sumber ilmu dan hikmah, maka berdiri disekitarnya lebih baik. Selesai.
๐• ๐๐๐๐๐๐๐ช๐ช๐๐
DIANJURKAN dalam shalat jenazah imam atau orang yang menshalati sendirian pada jenazah pria Imam Shalat jenazah berdiri disisi tengah-tengahnya, Dan pada jenazah wanita imam shalat jenazah berdiri disisi dekat kedua bahunya.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Abu Ghonim An Nafrawiy Al Azhariy Al Malikiy berkata dalam Kitabnya Al Fawakih Ad Dawani 'Ala Risalati Ibni Abi Zaid Al Qoirawaniy (juz. 1 hal. 294):
(َู) ุตَِูุฉُ ุงُُِْููููู ุงْูู َْูุฏُูุจِ ِูู ุตََูุงุฉِ ุงْูุฌَِูุงุฒَุฉِ ุฃَْู (ََِููู ุงْูุฅِู َุงู ُ) َูู ِุซُُْูู ุงْูู َُْููุฑِุฏُ (ِูู) ุงูุตََّูุงุฉِ ุนََูู (ุงูุฑَّุฌُِู ุนِْูุฏَ َูุณَุทِِู َِููู) ุงูุตََّูุงุฉِ ุนََูู (ุงْูู َุฑْุฃَุฉِ ุนِْูุฏَ ู َِْููุจََْููุง)
َูุงَُูู ุฎٌَِููู: َُُُููููู ุฅู َุงู ٍ ุจِุงَْููุณَุทِ َูู َِْููุจَْู ุงْูู َุฑْุฃَุฉِ َูู َุง ุชَُِูู ุงْูู َุฑْุฃَุฉُ ِูู ุตََูุงุชَِูุง ุนََِْููู ِูุฆََّูุง َูุชَุฐََّูุฑَ ٌُّูู ุฅْู َََููู ุนِْูุฏَ َูุณَุทِ ุงْูู َِّูุชِ ู َุง َูุดْุบَُُูู، ََููุง َูุดُُْูู ุนََูู َูุฐَุง ู َุง ِูู ุญَุฏِูุซِ ุณَู ُุฑَุฉَ: «ุฃََّู ุงَّููุจَِّู -๏ทบ- ุตََّูู ุนََูู ุงู ْุฑَุฃَุฉٍ ََََูููู ุนِْูุฏَ َูุณَุทَِูุง» ِูุนِุตْู َุชِِู -๏ทบ- ุนَْู َูุตْุฏِ ู َุง َูุดْุบَُُูู، َูุฃَู َّุง ُُُูููู ุงْูู َุฃْู ُูู ِ َูุนََูู ุตَِูุฉِ ُُِِููููู ِูู ุตََูุงุฉِ ุงْูุฌَู َุงุนَุฉِ، ََููุธَْูุฑُ ุฃََّู ุงูุตََّูุงุฉَ ุนََูู ุงْูุฎُْูุซَู ุงْูู ُุดِِْูู َูุงูุตََّูุงุฉِ ุนََูู ุงูุฑَّุฌُِู، ََููุฐَุง ُُُُููููู ุนِْูุฏَ ุตََูุงุชِِู ู َُْููุฑِุฏًุง ุนََูู ุฌَِูุงุฒَุฉٍ ุณََูุงุกٌ َูุงَูุชْ ุฑَุฌًُูุง ุฃَْู ุงู ْุฑَุฃَุฉً، َูุฃَู َّุง ุงْูู َุฑْุฃَุฉُ ุฅุฐَุง ุตََّูุชْ ุนََูู ุงู ْุฑَุฃَุฉٍ َูุชَُِูู ุญَْูุซُ ุดَุงุกَุชْ، ุงูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูููุงูู ุงูุฏูุงูู ุนูู ุฑุณุงูุฉ ุงุจู ุฃุจู ุฒูุฏ ุงูููุฑูุงูู :(ุฌ ูก ุต ูขูฉูค) / ุจุงุจ ูู ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูุฌูุงุฆุฒ ูุงูุฏุนุงุก ููู ูุช / ุงูู ุคูู: ุฃุญู ุฏ ุจู ุบุงูู (ุฃู ุบููู ) ุจู ุณุงูู ุงุจู ู ููุง، ุดูุงุจ ุงูุฏูู ุงูููุฑุงูู ุงูุฃุฒูุฑู ุงูู ุงููู (ุช ูกูกูขูฆูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ، ุงูุทุจุนุฉ: ุจุฏูู ุทุจุนุฉ، ุชุงุฑูุฎ ุงููุดุฑ: ูกูคูกูฅูู - ูกูฉูฉูฅู ู].
Dan bentuk berdiri yang dianjurkan dalam shalat jenazah adalah (imam berdiri), demikian pula yang menshalati sendirian (dalam) shalat jenazah atas (jenazah pria Imam Shalat jenazah berdiri disisi dekat tengah-tengahny). Dan dalam shalat atas (jenazah wanita imam shalat jenazah berdiri disisi dekat kedua bahunya)
Imam Khalil telah mengatakannya: Dan seorang imam shalat jenazah berdiri di tengah dan di bahu wanita, sebagaimana seorang wanita berdiri di atasnya dalam shalatnya sehingga Jika dia berdiri di tengah-tengah orang yang sudah meninggal, semua orang tidak akan mengingat ingat apa yang menyibukkannya (dari aurat wanita yang terlihat menonjol), dan ini tidak sama dengan apa yang disebutkan dalam hadits Samurah: “Nabi -๏ทบ- menshalati jenazah seorang wanita dan beliau berdiri di tengah-tengahnya” sebagai bentuk perlindungannya -๏ทบ-, untuk tujuan sesuatu perkara (dari aurat wanita yang menonjol) yang dapat menyibukkannya.
Dan adapun berdirinya makmum shalat jenazah, seperti posisinya ketika shalat berjamaah, dan yang jelas ketika mensholati Jenazah Khuntsa Musykil (banci yang lebih condong pada laki lakinya), seperti menshalati jenazah laki-laki, begitu pula posisinya ketika shalat sendirian, baik jenazah laki-laki maupun jenazah perempuan, adapun jenazah seorang wanita, jika dia menshalati jenazah seorang wanita, dia boleh berdiri dimanapun dia mau. Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉Imam Al 'Adawiy Al Malikiy berkata dalam Kitabnya Hasyiyyah Al 'Adawiy 'Ala Syarhi Kifayati Ath Tholib Ar Robbaniy (juz. 1 hal 426):
[َُُْูููู: ุฃََُّูู -๏ทบ- ุตََّูู ุนََูู ุงู ْุฑَุฃَุฉٍ ุฅَูุฎْ] َูุงَู ุฃَุจُู ُูุฑَْูุฑَุฉَ: ِูุฃََُّูู َูุณْุชُุฑَُูุง ุนَْู ุงَّููุงุณِ.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุญุงุดูุฉ ุงูุนุฏูู ุนูู ุดุฑุญ ููุงูุฉ ุงูุทุงูุจ ุงูุฑุจุงูู :(ุฌ ูก ุต ูคูขูฆ) / ูุชุงุจ ุงูุตูุงุฉ / ุจุงุจ ูู ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูุฌูุงุฒุฉ / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุงูุญุณู, ุนูู ุจู ุฃุญู ุฏ ุจู ู ูุฑู ุงูุตุนูุฏู ุงูุนุฏูู (ูุณุจุฉ ุฅูู ุจูู ุนุฏู، ุจุงููุฑุจ ู ู ู ููููุท) (ุช ูกูกูจูฉูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูููุฑ - ุจูุฑูุช، ุงูุทุจุนุฉ: ุจุฏูู ุทุจุนุฉ، ุชุงุฑูุฎ ุงููุดุฑ: ูกูคูกูคูู - ูกูฉูฉูคู ู].
[Ungkapannya: Beliau Nabi -๏ทบ- menshalati jenazah seorang wanita,...dst]. Abu Hurairah radliyyAllahu 'anhu berkata: Karena hal itu dapat menyembunyikan jenazah wanita dari (ingatan) orang banyak. Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Imam Ibnul Hajj Al Malikiy berkata dalam Kitabnya Al Madkhol (juz. 3 hal. 252);
َูู َْูุถِุนُ َِููุงู ِ ุงْูู ُุตَِّูู ِูู َูุณَุทِ ุงูุฑَّุฌُِู، َูุงْูู َุฑْุฃَุฉُ ุนِْูุฏَ ู َِْููุจََْููุง ุนََูู ู َุฐَْูุจِ ู َุงٍِูู ู ุฑَุญِู َُู ุงَُّููู ุชَุนَุงَูู ู ِูุฃََُّูู َูุฎَุงُู ุนََِْููู ุฅْู َูุงู َ ِูู َูุณَุทَِูุง ุฃَْู َูุชَุฐََّูุฑَ ุจِุฐََِูู ู َุง ُْููุณِุฏُ ุงูุตََّูุงุฉَ، ุฃَْู ู َุง ุชَُูุฒَُّู ุงูุตََّูุงุฉُ ุนَُْูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุฏุฎู :(ุฌ ูฃ ุต ูขูฅูข) / ูุตู ุชุตุฑู ุงููุงุณ ูู ุฃุณุจุงุจูู ูุตูุงุฆุนูู ูู ุนุงูุดูู / ุดุฑูุท ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูุฌูุงุฒุฉ ูุฃุฑูุงููุง ูุณูููุง / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ุนุจุฏ ุงููู ู ุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ู ุญู ุฏ ุงูุนุจุฏุฑู ุงููุงุณู ุงูู ุงููู ุงูุดููุฑ ุจุงุจู ุงูุญุงุฌ (ุช ูงูฃูงูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูุชุฑุงุซ، ุงูุทุจุนุฉ: ุจุฏูู ุทุจุนุฉ ูุจุฏูู ุชุงุฑูุฎ].
Posisi berdiri orang yang shalat (jenazah) adalah di tengah-tengah jenazah laki-laki, dan perempuan disisi dekat kedua pundaknya, menurut Madzhab Imam Malik rahimahullahu, karena ia takut, jika dia berdiri di tengah-tengahnya, maka dia akan mengingat dengan cara itu perkara yang dapat merusak shalat, atau perkara yang dapat menghilangkan shalatnya. Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Pernyataan ini bertolak belakang dengan pernyataan di antara mereka yang tidak mempertimbangkan dalil tersebut, dan itu mencocoki dengan Madzhab Jumhur (mayoritas ulama), seperti yang dikemukakan oleh Imam Ibnu Ziyad Al Qoirowaniy Al Malikiy dalam kitabnya Al-Nawadir wa Al-Ziyadat (juz. 1 hal. 590):
ุฑูู ุนู ู ุงูู، ุฃูู ููู ุนูุฏ ูุณุท ุงูู ุฑุฃุฉ. ุงูุชูู
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงَّูููุงุฏุฑ ูุงูุฒِّูุงุฏุงุช ุนูู ู َุง ูู ุงูู ุฏََّููุฉ ู ู ุบูุฑูุง ู ู ุงูุฃُู ูุงุชِ : (ุฌ ูก ุต ูฅูฉู ) / ูุชุงุจ ุงูุฌูุงุฆุฒ / ู ุง ูุฌุจ ู ู ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูุฌูุงุฒุฉ، ูุนุฏุฏ ุงูุชูุจูุฑ ุนูููุง، ูุฃูู ููู ุงูุงู ุงู ู ููุง، ูุฑูุน ุงูุฃูุฏู ูููุง، ูุงูุณูุงู ู ููุง، ูุฅู ุงู ุฉ ุงูู ุฑุฃุฉ ูููุง / ุงูู ุคูู: ุฃุจู ู ุญู ุฏ ุนุจุฏ ุงููู ุจู (ุฃุจู ุฒูุฏ) ุนุจุฏ ุงูุฑุญู ู ุงูููุฒู، ุงูููุฑูุงูู، ุงูู ุงููู (ุช ูฃูจูฆูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงูุบุฑุจ ุงูุฅุณูุงู ู، ุจูุฑูุช، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูฉูฉูฉ ู ู].
Diriwayatkan dari Malik : bahwa beliau berdiri disisi dekat pinggang (tengah tengah) jenazah wanita. Selesai.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Imam Ibnul Hajib Al Malikiy berkata dalam Kitabnya At Taudlih (juz. 2 hal. 163):
ุงูู ุดููุฑ ุนูุฏ ู ููุจููุง. ูู ูุงุจู ุงูู ุดููุฑ ููู ุงุจู ู ุณุนูุฏ؛ ุฐูุฑู ูู ุงูู ุฏููุฉ، ูุงูููู ุจุฃูู ููู ุนูุฏ ูุณุท ุงูู ุฑุฃุฉ ุฃูุถุงً ูู ุงูู...(ุฅูู ุฃู ูุงู)...
ูุงู ุงููุงุจุณู: ูุงูุฐู ูู ุงูู ุฏููุฉ ุนู ุงุจู ู ุณุนูุฏ ูู ุฅุณูุงุฏู ูุธุฑ، ูููู ุฑุฌู ู ุฌููู ุนู ุฅุจุฑุงููู ، ูุฅุจุฑุงููู ูู ูุฏุฑู ุงุจู ู ุณุนูุฏ، ููู ู ุฎุงูู ููุญุฏูุซ ุงูุฐู ุฃุฎุฑุฌู ุฃูู ุงูุตุญูุญ.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูุชูุถูุญ ูู ุดุฑุญ ุงูู ุฎุชุตุฑ ุงููุฑุนู ูุงุจู ุงูุญุงุฌุจ :(ุฌ ูข ุต ูกูฆูฃ) / ูุชุงุจ ุงูุตูุงุฉ / ุตูุงุฉ ุงูุฌูุงุฆุฒ / ุงูู ุคูู: ุฎููู ุจู ุฅุณุญุงู ุจู ู ูุณู، ุถูุงุก ุงูุฏูู ุงูุฌูุฏู ุงูู ุงููู ุงูู ุตุฑู (ุช ูงูงูฆูู) / ุงููุงุดุฑ: ู ุฑูุฒ ูุฌูุจููู ููู ุฎุทูุทุงุช ูุฎุฏู ุฉ ุงูุชุฑุงุซ، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูขูฉูู - ูขู ู ูจู ู].
Terkenal (menurut Madzhab Maliki Imam shalat jenazah wanita berdiri) disisi kedua pundaknya. Berbeda dengan perkataan terkenal Ibnu Mas'ud radliyyAllahu 'anhu: Dia menyebutkannya di Kitab Al Mudawwanah, dan pernyataan bahwa dia juga berdiri disisi dekat pinggang jenazah wanita itu menurut Malik... (sampai dia berkata)...
Al-Qabisi berkata: Apa yang ada di Kitab Al Mudawwanah dari Ibnu Mas'ud radliyyAllahu 'anhu dalam sanadnya masih perlu dipertimbangkan, dan di dalamnya terdapat perowi yang majhul (tidak dikenal) dari Ibrahim, dan Ibrahim tidak bertemu dengan Ibnu Mas'ud, dan itu bertentangan dengan hadits yang diriwayatkan oleh orang-orang Shahih. Selesai.
๐• โ๐๐๐๐๐๐๐๐๐
Sunnahnya imam shalat jenazah berdiri disisi kepala jenazah laki-laki dan di tengah-tengah jenazah perempuan.
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•Imam Burhanuddin Ibnu Muflih Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Al Mubdi' Fi Syarhi Al Muqni' (juz. 2 hal. 248 - 249):
(ุงูุณَُّّูุฉُ ุฃَْู َُูููู َ ุงْูุฅِู َุงู ُ ุนِْูุฏَ ุฑَุฃْุณِ ุงูุฑَّุฌُِู، ََููุณَุทِ ุงْูู َุฑْุฃَุฉِ) ِูู َุง ุฑََูู ุฃَุญْู َุฏُ، َูุงูุชِّุฑْู ِุฐُِّู َูุญَุณََُّูู، َูุฅِุณَْูุงุฏُُู ุซَِูุงุชٌ ุนَْู ุฃََูุณٍ: «ุฃََُّูู ุตََّูู ุนََูู ุฑَุฌٍُู ََููุงู َ ุนِْูุฏَ ุฑَุฃْุณِِู، ุซُู َّ ุตََّูู ุนََูู ุงู ْุฑَุฃَุฉٍ ََููุงู َ َูุณَุทََูุง، ََููุงَู ุงْูุนََูุงุกُ ุจُْู ุฒَِูุงุฏٍ: ََููุฐَุง ุฑَุฃَْูุชُ ุงَّููุจَِّู -๏ทบ- َُูููู ُ؟ َูุงَู: َูุนَู ْ» ، َูุนَْู ุณَู ُุฑَุฉَ ุจِْู ุฌُْูุฏُุจٍ َูุงَู: «ุตََّْููุชُ ู َุนَ ุงَّููุจِِّู-๏ทบ- ุนََูู ุงู ْุฑَุฃَุฉٍ، ََููุงู َ َูุณَุทََูุง» ู ُุชٌََّูู ุนََِْููู، َِููุฃََُّูู ุฃَุณْุชَุฑُ ََููุง، َูุนَُْูู: َُูููู ُ ุนِْูุฏَ ุตَุฏْุฑِ ุงูุฑَّุฌُِู، ุฌَุฒَู َ ุจِِู ุงْูุฎِุฑَُِّูู، َูุตَุงุญِุจُ " ุงูุชَّْูุฎِูุตِ "، َู " ุงْูู ُุญَุฑَّุฑِ "، َู " ุงَْููุฌِูุฒِ "، ََููุฏَّู َُู ِูู " ุงُْููุฑُูุนِ ".
َูุงَู ِูู " ุงูุดَّุฑْุญِ ": ََُููู َูุฑِูุจٌ ู َِู ุงْูุฃََِّูู، َูุนَُْูู: ุนِْูุฏَ ุตَุฏْุฑِِูู َุง؛ ِูุฃََُّููู َุง ุณََูุงุกٌ، َูุงْูุฎُْูุซَู ุจََْูู ุฐََِูู، ََููู ْ َูุชَุนَุฑَّุถِ ุงْูู ُุคَُِّูู ِْููู ََูุงู ِ ู َِู ุงูุตَّุจِِّู َูุงูุตَّุจَِّูุฉِ، َูุธَุงِูุฑُ " ุงَْููุฌِูุฒِ " ุฃََُّููู َุง َูู َุง ุณَุจََู، ََْููู ุฎَุงََูู ุงْูู َْูุถِุนَ ุตَุญَّุชْ ََููู ْ ُูุตِุจِ ุงูุณَُّّูุฉَ، ุงูู.
[ุงูุธุฑ ูุชุงุจ ุงูู ุจุฏุน ูู ุดุฑุญ ุงูู ููุน :(ุฌ ูข ุต ูขูคูจ - ูขูคูฉ) / ูุชุงุจ ุงูุฌูุงุฆุฒ / ูุตู ูู ุงูุตูุงุฉ ุนูู ุงูู ูุช / ุงูู ุคูู: ุฅุจุฑุงููู ุจู ู ุญู ุฏ ุจู ุนุจุฏ ุงููู ุจู ู ุญู ุฏ ุงุจู ู ููุญ ุงูุญูุจูู، ุฃุจู ุฅุณุญุงู، ุจุฑูุงู ุงูุฏูู (ุช ูจูจูค ูู) / ุงููุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงููุชุจ ุงูุนูู ูุฉ، ุจูุฑูุช - ูุจูุงู، ุงูุทุจุนุฉ: ุงูุฃููู، ูกูคูกูจ ูู - ูกูฉูฉูง ู ู].
(Sunnahnya imam shalat jenazah berdiri disisi kepala jenazah laki-laki dan di tengah-tengah jenazah perempuan) sebagaimana diriwayatkan oleh Ahmad dan Al-Tirmidzi, yang menggolongkannya sebagai hadits hasan, dan sanadnya dapat dipercaya berdasarkan hadits dari Anas radliyyAllahu 'anhu: “Beliau menshalati jenazah seorang laki-laki dan beliau berdiri disisi dekat kepalanya, kemudian beliau mensholati jenazah seorang wanita dan beliau berdiri di tengah-tengahnya, Al-Alaa bin Ziyad berkata: Beginilah cara Anda melihat Nabi -๏ทบ- berdiri? Beliau berkata: Ya. dan berdasarkan hadits dari Samurah ibn Jundub radliyyAllahu 'anhu, yang berkata: “Saya shalat bersama Nabi -๏ทบ- atas jenazah seorang wanita, dan beliau berdiri di tengah-tengahnya.” (muttafaq 'alaih). Dan hal tersebut lebih bersifat menutupi bagi mayyit wanita, dan darinya : berdiri disisi dekat dada jenazah laki-laki, hal ini dibenarkan oleh Al-Kharqi, penulis “Al-Talkhish”, “Al-Muharrar”, dan “Al-Wajiz” . Dia memperkenalkannya dalam “Al-Furuu’”.
Beliau berkata dalam “Syarahnya”: Dekat dengan yang pertama, dan serupa dengan itu: disisi dekat dada mayyit laki laki dan perempuan; Karena keduanya sama, dan hermafrodit (banci) berada di antara keduanya, dan penulis tidak menyebutkan posisi berdiri pada mayyit bocah laki-laki dan mayyit bocah perempuan, dan tampak dalam Kitab “Al-Wajiz” bahwa keduanya seperti yang disebutkan sebelumnya. Jika berbeda dengan keadaan maka sah (shalat jenazahnya) dan hanya tidak mendapatkan kesunnahannya. Selesai
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ٜٜٜٜٜٜٜ❉•KESIMPULANNYA :
Perbedaan pendapat yang terjadi di kalangan ahli fikih dari 4 madzhab diatas HANYA ADA PADA SUNNAH SAJA, TIDAK PADA HUKUM WAJIB, dan tidak termasuk rukun shalat jenazah, berdiri di tempat tertentu dari orang yang meninggal, baik mayyit laki-laki maupun mayyit perempuan, JADI SHALAT JENAZAHNYA TETAP SAH terlepas dari kesunnahan posisi imam shalat jenazah di dalamnya, DAN HANYA TIDAK MEMPEROLEH KESUNNAHANNYA.
๐️❦︎❉ SELESAI
⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•ุฃَูุญَู ْุฏُ ِِّูููู ุงَّูุฐِْู ุจِِูุนْู َุชِِู ุชَุชُู ُّ ุงูุตّุงِูุญَุงุชُ❉☾︎༆❦︎
❉☾︎༆❦︎ ะบัฮฑ∂ัฮทฮฑฮท ััโฮฑัฮฑฮท 003 001 ะบัฮฑ∂ัฮทฮฑฮท ััฯ ะผะฒฯ ฮทg ะผฮฑgัโฮฑฮทg ื ฮฑััฮทg
๐ ❉☾︎༆❦︎
ูฉ ุฑุฌุจ ูกูคูคูฆ ูู
09 ๐ต๐๐๐๐๐๐ 2025 ๐ธ


Tidak ada komentar:
Posting Komentar