Bismillahirrohmaanirrohiim

08 Februari 2025

๐™๐™„๐˜ฟ๐˜ผ๐™† ๐™‹๐™€๐™๐™‡๐™ ๐™ˆ๐™€๐™‰๐™‚๐™๐˜ฝ๐˜ผ๐™ƒ ๐˜ฟ๐™Š๐˜ผ ๐™…๐™€๐™‰๐˜ผ๐™•๐˜ผ๐™ƒ ๐™”๐˜ผ๐™‰๐™‚ ๐™ˆ๐˜ผ'๐™๐™Ž๐™๐™ ๐™‡๐˜ผ๐™‰๐™‚๐™Ž๐™๐™‰๐™‚ ๐˜ฟ๐™„๐˜ผ๐™…๐˜ผ๐™๐™†๐˜ผ๐™‰ ๐™‰๐˜ผ๐˜ฝ๐™„

 *⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉☾︎༆❦︎๐Ÿ•Š️﷽๐Ÿ•Š️❦︎༆☽︎❉* 

                             

*۩❖ุงู„ู€ุณَّู€ู„َุงู…ُู€ ุนَู„َูŠฺْชُู…ْู€ ูˆَุฑَุญْู…َุฉُ ุงู„ู„ّٰู€ٰู‡ ูˆَุจَุฑฺَชَุงุชُู‡ُ❖۩*


๐˜ฟ๐™„๐˜ผ๐™‰๐™๐˜ผ๐™๐˜ผ ๐™‹๐™๐™Š ๐˜ฟ๐˜ผ๐™‰ ๐™†๐™Š๐™‰๐™๐™๐˜ผ ๐™๐™„๐˜ฟ๐˜ผ๐™† ๐™‹๐™€๐™๐™‡๐™ ๐™ˆ๐™€๐™‰๐™‚๐™๐˜ฝ๐˜ผ๐™ƒ ๐˜ฟ๐™Š๐˜ผ ๐™…๐™€๐™‰๐˜ผ๐™•๐˜ผ๐™ƒ ๐™”๐˜ผ๐™‰๐™‚ ๐™ˆ๐˜ผ'๐™๐™Ž๐™๐™ ๐™‡๐˜ผ๐™‰๐™‚๐™Ž๐™๐™‰๐™‚ ๐˜ฟ๐™„๐˜ผ๐™…๐˜ผ๐™๐™†๐˜ผ๐™‰ ๐™‰๐˜ผ๐˜ฝ๐™„ -๏ทบ- ๐˜ฟ๐™„๐™Ž๐™€๐™Ž๐™๐˜ผ๐™„๐™†๐˜ผ๐™‰ ๐˜ฟ๐™€๐™‰๐™‚๐˜ผ๐™‰ ๐™ˆ๐˜ผ๐™”๐™”๐™„๐™ ๐™‹๐™๐™„๐˜ผ ๐™’๐˜ผ๐™‰๐™„๐™๐˜ผ ๐˜ผ๐™๐˜ผ๐™ ๐™’๐˜ผ๐™๐™„๐˜ผ




ูˆَุญَุฏَّุซَู†ِูŠ ู‡َุงุฑُูˆู†ُ ุจْู†ُ ุณَุนِูŠุฏٍ ุงู„ْุฃَูŠْู„ِูŠُّ ุฃَุฎْุจَุฑَู†َุง ุงุจْู†ُ ูˆَู‡ْุจٍ ุฃَุฎْุจَุฑَู†ِูŠ ู…ُุนَุงูˆِูŠَุฉُ ุจْู†ُ ุตَุงู„ِุญٍ ุนَู†ْ ุญَุจِูŠุจِ ุจْู†ِ ุนُุจَูŠْุฏٍ ุนَู†ْ ุฌُุจَูŠْุฑِ ุจْู†ِ ู†ُูَูŠْุฑٍ ุณَู…ِุนَู‡ُ ูŠَู‚ُูˆู„ُ : ุณَู…ِุนْุชُ ุนَูˆْูَ ุจْู†َ ู…َุงู„ِูƒٍ ูŠَู‚ُูˆู„ُ ุตَู„َّู‰ ุฑَุณُูˆู„ُ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุนَู„َู‰ ุฌَู†َุงุฒَุฉٍ ูَุญَูِุธْุชُ ู…ِู†ْ ุฏُุนَุงุฆِู‡ِ ูˆَู‡ُูˆَ ูŠَู‚ُูˆู„ُ : 


«ุงู„ู„َّู‡ُู…َّ ุงุบْูِุฑْ ู„َู‡ُ ูˆَุงุฑْุญَู…ْู‡ُ ูˆَุนَุงูِู‡ِ ูˆَุงุนْูُ ุนَู†ْู‡ُ...ุงู„ุญุฏูŠุซ».

[ุฑูˆุงู‡ ุงู„ุจุฎุงุฑูŠ /  ูƒุชุงุจ ุงู„ุฌู†ุงุฆุฒ / ุจุงุจ ุงู„ุฏุนุงุก ู„ู„ู…ูŠุช ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ / ุฑู‚ู… ุงู„ุญุฏูŠุซ: ูฉูฆูฃ]. 


Dari 'Auf bin bin Malik radliyAllohu 'anhu, beliau berkata : “Rasulullah -๏ทบ- menshalati jenazah, dan aku menghafal doa yang beliau baca. Beliau membaca :  


“Allahummaghfir lahuu, warham huu, wa ‘aafihii wa’fu ‘anhu…” 

[HR. Muslim. No. 963]



๐”ธ]• ๐•‹๐•š๐••๐•’๐•œ โ„™๐•–๐•ฃ๐•๐•ฆ ๐•„๐•–๐•Ÿ๐•˜๐•ฆ๐•“๐•’๐•™ ๐”ป๐•๐• ๐•ž๐•š๐•ฃ๐•Ÿ๐•ช๐•’ (๐•‚๐•’๐•ฅ๐•’ ๐”พ๐•’๐•Ÿ๐•ฅ๐•š๐•Ÿ๐•ช๐•’).


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•Imam Asy Syaukaniy Al Yamaniy berkata dalam Kitabnya Nailu Al Author (juz. 4 hal. 80):


ูˆَุงู„ุธَّุงู‡ِุฑُ ุฃَู†َّู‡ُ ูŠَุฏْุนُูˆ ุจِู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْุฃَู„ْูَุงุธِ ุงู„ْูˆَุงุฑِุฏَุฉِ ูِูŠ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْุฃَุญَุงุฏِูŠุซِ ุณَูˆَุงุกٌ ูƒَุงู†َ ุงู„ْู…َูŠِّุชُ ุฐَูƒَุฑًุง ุฃَูˆْ ุฃُู†ْุซَู‰، ูˆَู„َุง ูŠُุญَูˆِّู„ُ ุงู„ุถَّู…َุงุฆِุฑَ ุงู„ْู…ُุฐَูƒَّุฑَุฉَ ุฅู„َู‰ ุตِูŠุบَุฉِ ุงู„ุชَّุฃْู†ِูŠุซِ ุฅุฐَุง ูƒَุงู†َ ุงู„ْู…َูŠِّุชُ ุฃُู†ْุซَู‰؛ ู„ِุฃَู†َّ ู…َุฑْุฌِุนَู‡َุง ุงู„ْู…َูŠِّุชُ، ูˆَู‡ُูˆَ ูŠُู‚َุงู„ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ุฐَّูƒَุฑِ ูˆَุงู„ْุฃُู†ْุซَู‰. ุงู†ุชู‡ู‰.

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ู†ูŠู„ ุงู„ุฃูˆุทุงุฑ:(ุฌ ูค ุต ูจู ) / ุฃุจูˆุงุจ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูŠุช / ุจุงุจ ุงู„ุฏุนุงุก ู„ู„ู…ูŠุช ูˆู…ุง ูˆุฑุฏ ููŠู‡ / ุงู„ู…ุคู„ู: ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุนู„ูŠ ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุดูˆูƒุงู†ูŠ ุงู„ูŠู…ู†ูŠ (ุช ูกูขูฅู ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ุญุฏูŠุซ، ู…ุตุฑ، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคูกูฃู‡ู€ - ูกูฉูฉูฃู…ู€].


Yang dzahir, orang yang shalat dia membaca dengan lafadz yang waridah (langsung diajarkan oleh Rasulullah -๏ทบ-), yang disebutkan didalam hadis. Baik mayitnya lelaki maupun perempuan. DAN KATA GANTI YANG ADA, TIDAK DIUBAH MENJADI KATA GANTI PEREMPUAN, KETIKA MAYITNYA PEREMPUAN. Karena dhamir ini kembali ke kata ‘mayit’. Dan kata mayit berlaku bagi jenazah lelaki dan perempuan. Selesai.



๐”น]• ๐”น๐• ๐•๐•–๐•™ ๐•„๐•–๐•Ÿ๐•˜๐•˜๐•’๐•ฅ๐•š ๐”ป๐•๐• ๐•ž๐•š๐•ฃ๐•Ÿ๐•ช๐•’ ๐•Š๐•–๐•ค๐•ฆ๐•’๐•š ๐•‚๐•–๐•“๐•ฆ๐•ฅ๐•ฆ๐•™๐•’๐•Ÿ


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Syaikh Sayyid Abu Bakr bin Muhammad Syatho Ad Dimyathiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya 'Ianatu Ath Thalibin (juz. 2 hal. 146):


(ู‚ูˆู„ู‡ ูˆูŠุฌูˆุฒ ุชุฐูƒูŠุฑู‡ุง ) ุฃูŠ ุงู„ุถู…ุงุฆุฑ ููŠ ุงู„ุฃู†ุซู‰ ( ูˆู‚ูˆู„ู‡ ุจุฅุฑุงุฏุฉ ุงู„ู…ูŠุช ุฃูˆ ุงู„ุดุฎุต ) ูŠุนู†ูŠ ุฃู†ู‡ ุฅุฐุง ุฐูƒุฑ ุงู„ุถู…ูŠุฑ ูˆูƒุงู† ุงู„ู…ูŠุช ุฃู†ุซู‰ ุฌุงุฒ ุฐู„ูƒ ุจุชุฃูˆูŠู„ู‡ุง ุจุงู„ุดุฎุต ุฃูˆ ุจุงู„ู…ูŠุช. ุงู†ุชู‡ู‰.

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ  ุฅุนุงู†ุฉ ุงู„ุทุงู„ุจูŠู† ุนู„ู‰ ุญู„ ุฃู„ูุงุธ ูุชุญ ุงู„ู…ุนูŠู† :(ุฌ ูข ุต ูกูคูฆ) / ุจุงุจ ุงู„ุตู„ุงุฉ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุจูˆ ุจูƒุฑ (ุงู„ู…ุดู‡ูˆุฑ ุจุงู„ุจูƒุฑูŠ) ุนุซู…ุงู† ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุดุทุง ุงู„ุฏู…ูŠุงุทูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูกูฃูกู ู‡ู€)

ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ููƒุฑ ู„ู„ุทุจุงุนุฉ ูˆุงู„ู†ุดุฑ ูˆุงู„ุชูˆุฑูŠุน، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคูกูจ ู‡ู€ - ูกูฉูฉูง ู…ู€].


‘Pernyataan penulis: ‘Kata gantinya diubah jadi muannats (perempuan) untuk mayit perempuan” maksudnya misal  dengan mengucapkan, ‘Allahummaghfir lahaa warhamhaa… sampai akhir.’ “Pernyataan penulis, ‘Boleh diubah jadi kata ganti lelaki” maksudnya adalah kata ganti perempuan…. Maksudnya, jika kaitannya dengan dhamir (kata ganti), sementara mayitnya perempuan, boleh dikembalikan ke orangnya atau ke mayit. (I’anatut Thalibin, 2/146).


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Imam Zakariyya Al-Anshariy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Ghuraru Al Bahiyyah Syarhu Al Bahjah al-Wardiyyah (juz. 2 hal. 111):


ูˆَูŠُุคَู†ِّุซُ ุงู„ุถَّู…َุงุฆِุฑَ ูˆَูŠَุฌُูˆุฒُ ุชَุฐْูƒِูŠุฑُู‡َุง ุจِู‚َุตْุฏِ ุงู„ุดَّุฎْุตِ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ุบุฑุฑ ุงู„ุจู‡ูŠุฉ ููŠ ุดุฑุญ ุงู„ุจู‡ุฌุฉ ุงู„ูˆุฑุฏูŠุฉ :(ุฌ ูข ุต ูกูกูก) / ุจุงุจ ุงู„ุฌู†ุงุฆุฒ / ูุงุฆุฏุฉ ููŠ ุณุจุจ ุชุณู…ูŠุฉ ู…ู† ู‚ุชู„ ู‚ุจู„ ููŠ ุญุฑุจ ุงู„ูƒูุงุฑ ุดู‡ูŠุฏุง / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฒูƒุฑูŠุง ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุฒูƒุฑูŠุง ุงู„ุฃู†ุตุงุฑูŠ، ุฒูŠู† ุงู„ุฏูŠู† ุฃุจูˆ ูŠุญูŠู‰ ุงู„ุณู†ูŠูƒูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูฉูขูฆู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุงู„ู…ุทุจุนุฉ ุงู„ู…ูŠู…ู†ูŠุฉ - ุจุฏูˆู† ุงู„ุณู†ุฉ].


Dan dhomir dijadikan ta’nits (dalam mayat wanita) DAN BOLEH JUGA MEMUDZAKKARKANNYA (memakai kata ganti "hu" dalam mayat wanita). Selesai.


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•Kitab Mughnil Muhtaj: 


ูˆุงู„ู‚ูŠุงุณ ุฃู†ู‡ ู„ูˆ ู„ู… ูŠุนุฑู ุฃู† ุงู„ู…ูŠุช ุฐูƒุฑ ุฃูˆ ุฃู†ุซู‰ ุฃู† ูŠุนุจุฑ ุจุงู„ู…ู…ู„ูˆูƒ ูˆู†ุญูˆู‡ ูˆูŠุฌูˆุฒ ุฃู† ูŠุฃุชูŠ ุจุงู„ุถู…ุงุฆุฑ ู…ุฐูƒุฑุฉ ุนู„ู‰ ุฅุฑุงุฏุฉ ุงู„ุดุฎุต ุฃูˆ ุงู„ู…ูŠุช ูˆู…ุคู†ุซุฉ ุนู„ู‰ ุฅุฑุงุฏุฉ ู„ูุธ ุงู„ุฌู†ุงุฒุฉ


“Secara qiyas, sungguh jika tidak diketahui apakah mayit laki-laki atau perempuan, maka kata ‘mayit’ dilafalkan dengan kata mamluk atau lafal lain yang sama, dan boleh (dalam doa) untuk menggunakan dhamir mudzakkar (laki-laki "hu" = ู€ู€ู‡ُ...) dengan menghendaki kata ‘As-Syakhs’ (sosok  manusia) atau ‘Al-Mayyit’ dan boleh pula menggunakan dhamir muannats (perempuan "ha" = ู€ู€ู‡َุง...) dengan menghendaki kata ‘al-janazah,’ Selesai.


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•Imam Abdurrahman Al Jazariy berkata dalam Kitabnya Al Fiqhi Al Madzahibi Al Arba'ah. (Juz. 1 hal. 472 - 474):


ุงู„ู…ุงู„ูƒูŠุฉ ู‚ุงู„ูˆุง : ...(ุฅู„ู‰ ุฃู† ู‚ุงู„)...ูุฅู† ูƒุงู† ูŠุตู„ูŠ ุนู„ู‰ ุฐูƒุฑ ูˆุฃู†ุซู‰ ู…ุนุงً ูŠุบู„ุจ ุงู„ุฐูƒุฑ ุนู„ู‰ ุงู„ุฃู†ุซู‰،...(ุฅู„ู‰ ุฃู† ู‚ุงู„)...


ุงู„ุญู†ููŠุฉ ู‚ุงู„ูˆุง : ...(ุฅู„ู‰ ุฃู† ู‚ุงู„)... ู‡ุฐุง ุฅุฐุง ูƒุงู† ุงู„ู…ูŠุช ุฑุฌู„ุงً، ูุฅู† ูƒุงู† ุฃู†ุซู‰ ูŠุจุฏู„ ุถู…ูŠุฑ ุงู„ู…ุฐูƒุฑ ุจุถู…ูŠุฑ ุงู„ุฃู†ุซู‰، ...(ุฅู„ู‰ ุฃู† ู‚ุงู„)...


ุงู„ุดุงูุนูŠุฉ ู‚ุงู„ูˆุง : ...(ุฅู„ู‰ ุฃู† ู‚ุงู„)...ูˆูŠู†ุจุบูŠ ุฃู† ูŠู„ุงุญุธ ู‚ุงุฑุฆ ุงู„ุฏุนุงุก ุงู„ุชุฐูƒูŠุฑ ูˆุงู„ุชุฃู†ูŠุซ ูˆุงู„ุชุซู†ูŠุฉ ูˆุงู„ุฌู…ุน ุจู…ุง ูŠู†ุงุณุจ ุญุงู„ ุงู„ู…ูŠุช ุงู„ุฐูŠ ูŠุตู„ูŠ ุนู„ูŠู‡، ูˆู„ู‡ ุฃู† ูŠุฐูƒุฑ ู…ุทู„ู‚ุงً ุจู‚ุตุฏ ุงู„ุดุฎุต، ูˆุฃู† ูŠุคู†ุซ ู…ุทู„ู‚ุงً ุจู‚ุตุฏ ุงู„ุฌู†ุงุฒุฉ، ...(ุฅู„ู‰ ุฃู† ู‚ุงู„)...


ุงู„ุญู†ุงุจู„ุฉ ู‚ุงู„ูˆุง :...(ุฅู„ู‰ ุฃู† ู‚ุงู„)...ูˆู‡ุฐุง ุงู„ุฏุนุงุก ู„ู„ู…ูŠุช ุงู„ูƒุจูŠุฑ ุฐูƒุฑุงً ูƒุงู† ุฃูˆ ุฃู†ุซู‰، ุฅู„ุง ุฃู†ู‡ ูŠุคู†ุซ ุงู„ุถู…ุงุฆุฑ ููŠ ุงู„ุฃู†ุซู‰، 

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ูู‚ู‡ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ุฐุงู‡ุจ ุงู„ุฃุฑุจุนุฉ:(ุฌ ูก ุต ูคูงูข - ูคูงูค) / ู…ุจุงุญุซ ุตู„ุงุช ุงู„ุฌู†ุงุฒุฉ / ุฃุฑูƒุงู† ุตู„ุงุฉ ุงู„ุฌู†ุงุฒุฉ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ุจู† ู…ุญู…ุฏ ุนูˆุถ ุงู„ุฌุฒูŠุฑูŠ (ุช ูกูฃูฆู ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ، ุจูŠุฑูˆุช - ู„ุจู†ุงู†، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ، ูกูคูขูค ู‡ู€ - ูขู ู ูฃ ู…ู€].


Al -Malikiyah berkata: ... (sampai dia berkata) ... jika dia shalat jenazah  pada mayyit pria dan mayyit wanita secara bersamaan, maka mayyit pria  mendominasi terhadap mayyit wanita, ... (sampai dia berkata) ...


Al Hanafiyyah  berkata: ... (sampai dia berkata) ... ini jika pria yang meninggal, jika seorang wanita yang mati, maka diganti dengan  dlomir mudzakkar (kata ganti pria "hu") diganti dengan dlomir mu'anats (kata ganti wanita "ha") ... (sampai dia berkata) ...


Asy Syafi'iyyah berkata: (sampai dia berkata) ...Seyogyanya bagi pembaca agar menjaga doa bagi mayyit pria, wanita, mayyit double, dan banyak, dengan cara yang menyesuaikan (kata ganti mayyit) sesuai dengan kondisi orang mati yang sedang dishalati, dan baginya boleh memudzakarkannya secara mutlak dengan menyegaja sosok seseorang (syakhs), dan memu'anatskan secara mutlak, dengan menyengaja suatu jenazah, .. (sampai dia berkata) ...


Al Hanabillah  berkata: ... (sampai dia berkata) ... dan doa ini untuk orang mati yang dewasa, baik pria atau wanita, kecuali ia harus memu'anatskan kata - kata ganti pada mayyit wanita. Selesai


Dibebaskan bagi seseorang yang hendak menshalati mayit yang tidak diketahui alat kelaminnya untuk menggunakan dhamir “hu” atau “ha” dalam bacaan doa setelah takbir ketiga. Menggunakan dhamir “hu” dengan dimaksudkan pada lafadz ุดุฎุต (seseorang) atau ู…ูŠุช yang dalam gramatika arab keduanya tergolong lafal yang mudzakkar (laki-laki) atau boleh juga dalam doa setelah takbir ketiga melafalkan dengan menggunakan dlamir “ha” dengan dimaksudkan pada lafal ุฌู†ุงุฒุฉ (jenazah) yang dalam gramatika arab tergolong muannats (perempuan).


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Imam Khothib Asy Syirbiniy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Nihayatu Al Muhtaj Ila Ma'rifati Maa'niy Alfaadzi Al Minhaj (juz. 2 hal. 24);


ูˆَุงู„ْู‚ِูŠَุงุณُ ุฃَู†َّู‡ُ ุฅู†ْ ู„َู…ْ ูŠَุนْุฑِูْ ุฃَู†َّ ุงู„ْู…َูŠِّุชَ ุฐَูƒَุฑٌ ุฃَูˆْ ุฃُู†ْุซَู‰ ุฃَู†ْ ูŠُุนَุจِّุฑَ ุจِุงู„ْู…َู…ْู„ُูˆูƒِ ูˆَู†َุญْูˆِู‡ِ، ูˆَูŠَุฌُูˆุฒُ ุฃَู†ْ ูŠَุฃْุชِูŠَ ุจِุงู„ุถَّู…َุงุฆِุฑِ ู…ُุฐَูƒَّุฑَุฉً ุนَู„َู‰ ุฅุฑَุงุฏَุฉِ ุงู„ุดَّุฎْุตِ ุฃَูˆْ ุงู„ْู…َูŠِّุชِ ูˆَู…ُุคَู†َّุซَุฉً ุนَู„َู‰ ุฅุฑَุงุฏَุฉِ ู„َูْุธِ ุงู„ْุฌِู†َุงุฒَุฉِ ูˆَุฃَู†َّู‡ُ ู„َูˆْ ุตَู„َّู‰ ุนَู„َู‰ ุฌَู…ْุนٍ ู…َุนًุง ูŠَุฃْุชِูŠ ูِูŠู‡ِ ุจِู…َุง ูŠُู†َุงุณِุจُู‡ُ.

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ู…ุบู†ูŠ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ ุฅู„ู‰ ู…ุนุฑูุฉ ู…ุนุงู†ูŠ ุฃู„ูุงุธ ุงู„ู…ู†ู‡ุงุฌ :(ุฌ ูข ุต ูขูค) / ูƒุชุงุจ ุงู„ุฌู†ุงุฆุฒ / ูุตู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูŠุช ุงู„ู…ุณู„ู… ุบูŠุฑ ุงู„ุดู‡ูŠุฏ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุดู…ุณ ุงู„ุฏูŠู†، ู…ุญู…ุฏ ุจู† ู…ุญู…ุฏ، ุงู„ุฎุทูŠุจ ุงู„ุดุฑุจูŠู†ูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ [ุช ูฉูงูง ู‡ู€] / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุฃูˆู„ู‰، ูกูคูกูฅ ู‡ู€ - ูกูฉูฉูค ู…ู€].


“Secara qiyas, sungguh jika tidak diketahui apakah mayit laki-laki atau perempuan, maka kata ‘mayit’ dilafalkan dengan kata mamluk atau lafal lain yang sama, dan boleh (dalam doa) untuk menggunakan dhamir mudzakkar (kata ganti laki-laki) dengan menghendaki kata ‘As-Syakhs’ (sosok seseorang) atau ‘Al-Mayyit’ dan boleh pula menggunakan dhamir muannats (kata ganti perempuan) dengan menghendaki kata ‘al-janazah (jenazah),’ Selesai.


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Imam Syihabuddin Ar Romliy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Nihayatu Al Muhtaj Ila Syarhi Al-Minhฤj (juz. 2 hal. 477):


ู‡َุฐَุง ุฅู†ْ ูƒَุงู†َ ุงู„ْู…َูŠِّุชُ ุจَุงู„ِุบًุง ุฐَูƒَุฑًุง، ูَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ุจِุงู„ْุฃُู†ْุซَู‰ ุนَุจَّุฑَ ุจِุงู„ْุฃَู…َุฉِ ูˆَุฃَู†َّุซَ ู…َุง ูŠَุนُูˆุฏُ ุฅู„َูŠْู‡َุง ูˆَุฅِู†ْ ุฐَูƒَุฑَ ุจِู‚َุตْุฏِ ุงู„ุดَّุฎْุตِ ู„َู…ْ ูŠَุถُุฑَّ ูˆَุฅِู†ْ ูƒَุงู†َ ุฎُู†ْุซَู‰.


ู‚َุงู„َ ุงู„ْุฅِุณْู†َูˆِูŠُّ: ุงู„ْู…ُุชَّุฌَู‡ُ ุงู„ุชَّุนْุจِูŠุฑُ ุจِุงู„ْู…َู…ْู„ُูˆูƒِ ูˆَู†َุญْูˆِู‡ِ.

ู‚َุงู„َ: ูَุฅِู†ْ ู„َู…ْ ูŠَูƒُู†ْ ู„ِู„ْู…َูŠِّุชِ ุฃَุจٌ ุจِุฃَู†ْ ูƒَุงู†َ ูˆَู„َุฏَ ุฒِู†ًุง ูَุงู„ْู‚ِูŠَุงุณُ ุฃَู†َّู‡ُ ูŠَู‚ُูˆู„ُ ูِูŠู‡ِ ูˆَุงุจْู†ُ ุฃَู…َุชِูƒَ ุงู‡ู€.

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ู†ู‡ุงูŠุฉ ุงู„ู…ุญุชุงุฌ ุฅู„ู‰ ุดุฑุญ ุงู„ู…ู†ู‡ุงุฌ :(ุฌ ูข ุต ูคูงูง) /  ูƒุชุงุจ ุงู„ุฌู†ุงุฆุฒ / ูุตู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูŠุช ุงู„ู…ุณู„ู… ุบูŠุฑ ุงู„ุดู‡ูŠุฏ / ุงู„ู…ุคู„ู: ุดู…ุณ ุงู„ุฏูŠู† ู…ุญู…ุฏ ุจู† ุฃุจูŠ ุงู„ุนุจุงุณ ุฃุญู…ุฏ ุจู† ุญู…ุฒุฉ ุดู‡ุงุจ ุงู„ุฏูŠู† ุงู„ุฑู…ู„ูŠ ุงู„ุดุงูุนูŠ (ุช ูกู ู ูคู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ููƒุฑ، ุจูŠุฑูˆุช، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุท ุฃุฎูŠุฑุฉ - ูกูคู ูคู‡ู€/ูกูฉูจูคู…ู€].


Hal ini berlaku jika yang meninggal adalah seorang laki-laki dewasa, maka apabila yang dimaksud meninggal adalah perempuan, maka menyatakannya  dengan budak perempuan, dan kamu tidak  merujuk kepadanya.  Dan Itu tidak  bermasalah  meskipun yang mati seorang hermafrodit (banci, waria, bencong).


Al-Isnawi berkata: Arah yang mengungkapkan  dengan mamluk (budak sahaya)  dan sejenisnya.

Beliau berkata: Jika orang yang meninggal itu tidak mempunyai ayah, jika ia dilahirkan dari hasil zina, maka analoginya (kiasannya) adalah tentang dia dan anak dari budak perempuanmu. Selesai.


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Imam An Nawawiy Asy Syafi'iy berkata dalam Kitabnya Al Majmu' Syarhu Al Muhadzab (juz. 5 hal. 326): 


ูˆุจุฃู‰ ุดุฆ ุฏุนุง ุฌุงุฒ ู„ุงู†ู‡ ู‚ุฏ ู†ู‚ู„ ุนَู†ْ ุฑَุณُูˆู„ِ ุงู„ู„َّู‡ِ ุตَู„َّู‰ ุงู„ู„َّู‡ُ ุนَู„َูŠْู‡ِ ูˆَุณَู„َّู…َ ุงุฏุนูŠุฉ ู…ุฎุชู„ูุฉ ูุฏู„ ุนู„ูŠ ุงู† ุงู„ุฌู…ูŠุน ุฌุงุฆุฒ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุงู„ู…ุฌู…ูˆุน ุดุฑุญ ุงู„ู…ู‡ุฐุจ :(ุฌ ูฅ ุต ูขูฃูฆ) / ุงู„ู…ุฌู…ูˆุน ุดุฑุญ ุงู„ู…ู‡ุฐุจ

ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุจูˆ ุฒูƒุฑูŠุง ู…ุญูŠูŠ ุงู„ุฏูŠู† ุจู† ุดุฑู ุงู„ู†ูˆูˆูŠ (ุช ูฆูงูฆ ู‡ู€) /  ูƒุชุงุจ ุงู„ุฌู†ุงุฆุฒ / ุจุงุจ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูŠุช / ุงู„ู…ุคู„ู: ุฃุจูˆ ุฒูƒุฑูŠุง ู…ุญูŠูŠ ุงู„ุฏูŠู† ุจู† ุดุฑู ุงู„ู†ูˆูˆูŠ (ุช ูฆูงูฆ ู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: (ุฅุฏุงุฑุฉ ุงู„ุทุจุงุนุฉ ุงู„ู…ู†ูŠุฑูŠุฉ، ู…ุทุจุนุฉ ุงู„ุชุถุงู…ู† ุงู„ุฃุฎูˆูŠ) - ุงู„ู‚ุงู‡ุฑุฉ، ุนุงู… ุงู„ู†ุดุฑ:ูกูฃูคูค - ูกูฃูคูง ู‡ู€].


Dengan doa apapun diperbolehkan, karena hal tersebut sebenarnya telah dinukil dari Rasulullah -๏ทบ-, doa doa yang berbeda beda, maka hal itu  menunjukkan bahwa semuanya diperbolehkan. Selesai.



โ„‚]• ๐•„๐•–๐•๐•’๐•—๐•’๐••๐•ซ๐•œ๐•’๐•Ÿ ๐•ƒ๐•’๐•—๐•’๐••๐•ซ ๐•‚๐•–๐•Ÿ๐•’๐•“๐•š๐•’๐•Ÿ ๐•ƒ๐•–๐•“๐•š๐•™ ๐•Œ๐•ฅ๐•’๐•ž๐•’ ๐”ป๐•–๐•Ÿ๐•˜๐•’๐•Ÿ โ„™๐•–๐•Ÿ๐••๐•’๐•ก๐•’๐•ฅ ๐•Œ๐•๐•’๐•ž๐•’'


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉• Al Alamah Syaraful Al Haq Ash Shidiqiy Al Adzim Abadi dalam Kitabnya 'Aunu Al Ma'bud Syarhu Sunan Abi Dawud (juz. 8 hal. 348):


ูˆَุงู„ุธَّุงู‡ِุฑُ ุฃَู†َّู‡ُ ูŠَุฏْุนُูˆ ุจِู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْุฃَู„ْูَุงุธِ ุงู„ْูˆَุงุฑِุฏَุฉِ ูِูŠ ู‡َุฐِู‡ِ ุงู„ْุฃَุญَุงุฏِูŠุซِ ุณَูˆَุงุกً ูƒَุงู†َ ุงู„ْู…َูŠِّุชُ ุฐَูƒَุฑًุง ุฃَูˆْ ุฃُู†ْุซَู‰ ูˆَู„َุง ูŠُุญَูˆِّู„ُ ุงู„ุถَّู…َุงุฆِุฑَ ุงู„ْู…ُุฐَูƒَّุฑَุฉَ ุฅِู„َู‰ ุตِูŠุบَุฉِ ุงู„ุชَّุฃْู†ِูŠุซِ ุฅِุฐَุง ูƒَุงู†َุชِ ุงู„ْู…َูŠِّุชُ ุฃُู†ْุซَู‰ ู„ِุฃَู†َّ  ู…َุฑْุฌِุนَู‡َุง ุงู„ْู…َูŠِّุชُ ูˆَู‡ُูˆَ ูŠُู‚َุงู„ُ ุนَู„َู‰ ุงู„ุฐَّูƒَุฑِ ูˆَุงู„ْุฃُู†ْุซَู‰ ูƒَุฐَุง ูِูŠ ุงู„ู†َّูŠْู„ِ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ุนูˆู† ุงู„ู…ุนุจูˆุฏ ุดุฑุญ ุณู†ู† ุฃุจูŠ ุฏุงูˆุฏ :(ุฌ ูจ ุต ูฃูคูจ) / ูขู  - ูƒุชุงุจ ุงู„ุฌู†ุงุฆุฒ / ุจุงุจ ุงู„ุฏุนุงุก ู„ู„ู…ูŠุช / ุงู„ู…ุคู„ู: ู…ุญู…ุฏ ุฃุดุฑู ุจู† ุฃู…ูŠุฑ ุจู† ุนู„ูŠ ุจู† ุญูŠุฏุฑ، ุฃุจูˆ ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู†، ุดุฑู ุงู„ุญู‚، ุงู„ุตุฏูŠู‚ูŠ، ุงู„ุนุธูŠู… ุขุจุงุฏูŠ (ุช ูกูฃูขูฉู‡ู€) / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ุฏุงุฑ ุงู„ูƒุชุจ ุงู„ุนู„ู…ูŠุฉ - ุจูŠุฑูˆุช، ุงู„ุทุจุนุฉ: ุงู„ุซุงู†ูŠุฉ، ูกูคูกูฅ ู‡ู€].


DAN YANG TAMPAK ADALAH BERDOA  DENGAN LAFADZ LAFADZ YANG DISEBUTKAN DALAM HADIS-HADIS INI (WARIDAH), baik yang meninggal itu laki-laki atau perempuan, dan dia tidak mengubah kata kata ganti tersebut dari bentuk maskulin (mudzakkar, pria)  diubah menjadi bentuk feminin (mu'anats, wanita),  jika yang meninggal adalah seorang perempuan, karena yang dimaksud adalah orang yang meninggal (mayyit bukan jenis kelaminnya), dan dikatakan atas mayyit laki-laki dan perempuan, dan itu yang  disebutkan dalam Kitab An Nail (Nailul Author). Selesai.



⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•Imam Manshur Al Buhutiy Al Hanbaliy berkata dalam Kitabnya Kasyafu Al Qina' 'An Matni Al Iqna' (juz. 2 hal. 113):


(ูˆَูŠَุฏْุนُูˆ) ู„ِู„ْู…َูŠِّุชِ (ูِูŠ) ุงู„ุชَّูƒْุจِูŠุฑَุฉِ (ุงู„ุซَّุงู„ِุซَุฉِ ุณِุฑًّุง ุจِุฃَุญْุณَู†ِ ู…َุง ูŠَุญْุถُุฑُู‡ُ) ...(ุฅู„ู‰ ุฃู† ู‚ุงู„)...


(ูˆَู„َุง ุชَูˆْู‚ِูŠุชَ) ุฃَูŠْ: ุชَุญْุฏِูŠุฏَ (ูِูŠู‡ِ) ุฃَูŠْ: ูِูŠ ุงู„ุฏُّุนَุงุกِ ู„ِู„ْู…َูŠِّุชِ ู†َุตَّ ุนَู„َูŠْู‡ِ ู„ِู…َุง ุณَุจَู‚َ. (ูˆَูŠُุณَู†ُّ) ุงู„ุฏُّุนَุงุกُ (ุจِุงู„ْู…َุฃْุซُูˆุฑِ) ุฃَูŠْ: ุงู„ْูˆَุงุฑِุฏِ ูِูŠ ุงู„ุฏُّุนَุงุกِ ู„ِู„ْู…َูŠِّุชِ

[ุงู†ุธุฑ ูƒุชุงุจ ูƒุดุงู ุงู„ู‚ู†ุงุน ุนู† ู…ุชู† ุงู„ุฅู‚ู†ุงุน :(ุฌ ูข ุต ูกูกูฃ) /  ูƒุชุงุจ ุงู„ุฌู†ุงุฆุฒ / ูุตู„ ููŠ ุงู„ุตู„ุงุฉ ุนู„ู‰ ุงู„ู…ูŠุช / ุงู„ู…ุคู„ู: ู…ู†ุตูˆุฑ ุจู† ูŠูˆู†ุณ ุจู† ุฅุฏุฑูŠุณ ุงู„ุจู‡ูˆุชูŠ ุงู„ุญู†ุจู„ูŠ / ุงู„ู†ุงุดุฑ: ู…ูƒุชุจุฉ ุงู„ู†ุตุฑ ุงู„ุญุฏูŠุซุฉ ุจุงู„ุฑูŠุงุถ، ู„ุตุงุญุจَูŠู‡ุง/ ุนุจุฏุงู„ู„ู‡ ูˆู…ุญู…ุฏ ุงู„ุตุงู„ุญ ุงู„ุฑุงุดุฏ - ุจุฏูˆู† ุงู„ุณู†ุฉ].


Dan mendoakan mayyit setelah takbir ketiga secara lirih, dengan menggunakan doa  terbaik yang menghadirinya,...(sampai dia berkata)... 


dan tidak ada batasan waktunya, yaitu mendoakan  untuk orang mati,  itu ditentukan, seperti yang telah berlalu, DAN DISUNNAHKAN BERDOA DENGAN DOA YANG MA'TSUR (LANGSUNG DIAJARKAN OLEH RASULULLAH ๏ทบ), ARTINYA BERDASARKAN RIWAYAT HADITS TENTANG DOA UNTUK MAYYIT. Selesai. 


⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ٜٜٜٜٜٜ ٜٜ⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•

⌬ٜٜٜٜٜٜٜ҈ཻٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜٜ͜҈ ٜٜٜٜٜٜٜ❉•ุฃَู„ุญَู…ْุฏُ ู„ِู„ّู€ู‡ِ ุงู„َّุฐِูŠْ ุจِู†ِุนْู…َุชِู‡ِ ุชَุชُู…ُّ ุงู„ุตّุงู„ِุญَุงุชُ๐Ÿ•Š️❦︎༆❉


๐Ÿ•Š️❦︎༆❉• ะบัฮฑ∂ั”ฮทฮฑฮท ั•ั”โ„“ฮฑั‚ฮฑฮท 003 001 ะบัฮฑ∂ั”ฮทฮฑฮท ั•ัฯ…ะผะฒฯ…ฮทg ะผฮฑgั”โ„“ฮฑฮทg ื ฮฑั‚ั”ฮทg

 ๐ŸŽ€ ๐Ÿ•Š️❦︎༆❉•


ูฉ ุดุนุจุงู†  ูกูคูคูฆ ู‡ู€

08 ๐•ฑ๐–Š๐–‡๐–—๐–š๐–†๐–—๐–ž 2025 ๐•ธ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PALING DIMINATI

Kategori

SHALAT (10) HADITS (5) WANITA (5) ADAB DAN HADITS (3) FIQIH HADIST (3) WASHIYYAT DAN FAWAID (3) 5 PERKARA SEBELUM 5 PERKARA (2) AQIDAH DAN HADITS (2) CINTA (2) PERAWATAN JENAZAH BAG VII (2) SIRAH DAN HADITS (2) TAUSHIYYAH DAN FAIDAH (2) TAWAJUHAT NURUL HARAMAIN (2) (BERBHAKTI (1) 11 BAYI YANG BISA BICARA (1) 12 BINATANG YANG MASUK SURGA (1) 25 NAMA ARAB (1) 7 KILOGRAM UNTUK RAME RAME (1) ADAB DAN AKHLAQ BAGI GURU DAN MURID (1) ADAB DAN HADITS (SURGA DIBAWAH TELAPAK KAKI BAPAK DAN IBU) (1) ADAT JAWA SISA ORANG ISLAM ADALAH OBAT (1) AIR KENCING DAN MUNTAHAN ANAK KECIL ANTARA NAJIS DAN TIDAKNYA ANTARA CUKUP DIPERCIKKI AIR ATAU DICUCI (1) AJARAN SUFI SUNNI (1) AKIBAT SU'UDZON PADA GURU (1) AL QUR'AN (1) AMALAN KHUSUS JUMAT TERAKHIR BULAN ROJAB DAN HUKUM BERBICARA DZIKIR SAAT KHUTBAH (1) AMALAN NISFHU SYA'BAN HISTORY (1) AMALAN SUNNAH DAN FADHILAH AMAL DIBULAN MUHARRAM (1) AMALAN TANPA BIAYA DAN VISA SETARA HAJI DAN UMRAH (1) APAKAH HALAL DAN SAH HEWAN YANG DISEMBELIH ULANG? (1) AQIDAH (1) ASAL MULA KAUM KHAWARIJ (MUNAFIQ) DAN CIRI CIRINYA (1) ASAL USUL KALAM YANG DISANGKA HADITS NABI (1) AYAT PAMUNGKAS (1) BAGAIMANAPUN BENTUKNYA VAGINA RASANYA TUNGGAL (1) BAHASA ALAM AKHIRAT (1) BAHAYANYA MINUM DITENGAH TENGAH MAKAN MAKANAN (1) BAHAYANYA NAMIMAH TERHADAP TERKABULNYA DOA DAN BERLANGSUNGNYA ADZAB KUBUR (1) BEKERJA KERAS UNTUK MENCUKUPI ANAK ISTRI ORTU RENTA TERMASUK FI SABILILLAH (1) BELAJAR DAKWAH YANG BIJAK MELALUI BINATANG (1) BERITA HOAX SEJARAH DAN AKIBATNYA (1) BERSENGGAMA ITU SEHAT (1) BERSIKAP LEMAH LEMBUT KEPADA SIAPA SAJA KETIKA BERDAKWAH (1) BID'AH HASANAH SUDAH DILEGALKAN OLEH RASULULLAH ๏ทบ PADA ZAMANNYA (1) BIRRUL WALIDAIN PAHALA DAN MANFAATNYA (1) BOLEH MEMINTA BANTUAN ATAU PERTOLONGAN JIN MALAIKAT DAN RUH PARA NABI WALI DAN SHOLIHIN (1) BOLEH SHALAT SUNNAH SETELAH WITIR (1) BOLEHNYA MENDEKTE IMAM DAN MEMBAWA MUSHAF DALAM SHALAT (1) BOLEHNYA MENGGABUNG DUA SURAT SEKALIGUS (1) BOLEHNYA PATUNGAN DAN MEWAKILKAN PENYEMBELIHAN KEPADA KAFIR DZIMMI ATAU KAFIR KITABI (1) BULAN ROJAB DAN KEUTAMAANNYA (1) Bahsul Masa'il (1) Boleh Memuji Atau Menyebut Keahlian Diri Sendiri Untuk Promosi Bukan Untuk Kesombongan Atau Pamer (1) Bumi Memuntahkan Jasad Orang Murtad Pembunuh Orang Yangengucapkan Kalimat Tauhid (1) CARA BERSUCI PRAKTIS DAN TIDAK BERLEBIH LEBIHAN (1) DAGING KURBAN AQIQAH UNTUK KAFIR NON MUSLIM (1) DAN FAKHR (1) DAN YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA) (1) DARIMANA SEHARUSNYA UPAH JAGAL DAN BOLEHKAH MENJUAL DAGING KURBAN (1) DASAR PERAYAAN MAULID NABI (1) DEFINISI DAN BATASAN YATIM MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) DEFINISI TINGKATAN DAN PERAWATAN SYUHADA' (1) DO'A MUSTAJAB (1) DO'A TIDAK MUSTAJAB (1) DOA ASMAUL HUSNA PAHALA DAN FAIDAHNYA (1) DOA DIDALAM SHALAT DAN SHALAT DENGAN SELAIN BAHASA ARAB (1) DOA KHUSUS (1) DOA ORANG MUSLIM DAN KAFIR YANG DIDZALIMI MUSTAJAB (1) DOA SHALAT DLUHA MA'TSUR (1) DONGO JOWO MUSTAJAB (1) DSB) (1) DURHAKA (1) Dan Berinteraksi Dengan Mereka Secara Bijak (1) Diantara Pro Dan Kontra Mensholati Jenazah Yang Berada Didalam Keranda Atau Peti Mati Yang Dipaku Atau Digembok (1) Doa (1) FADHILAH RAMADHAN DAN DOA LAILATUL QADAR (1) FAIDAH MINUM SUSU DIAWWAL TAHUN BARU HIJRIYYAH (1) FENOMENA QURBAN/AQIQAH SUSULAN BAGI ORANG LAIN DAN ORANG MATI (1) FIKIH SHALAT DENGAN PENGHALANG (1) FIQIH MADZAHIB (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN SERANGGA (1) FIQIH MADZAHIB HUKUM MEMAKAN TERNAK YANG DIBERI MAKAN NAJIS (1) FIQIH QURBAN SUNNI (1) FUNGSI ZAKAT FITRAH DAN CARA IJAB QABULNYA (1) GAHARU (1) GAYA BERDZIKIRNYA KAUM CERDAS KAUM SUPER ELIT PAPAN ATAS (1) HADITS DAN ATSAR BANYAK BICARA (1) HADITS DLO'IF LEBIH UTAMA DIBANDINGKAN DENGAN PENDAPAT ULAMA DAN QIYAS (1) HALAL BI HALAL (1) HARAM MEMAKAN KEPOMPONG SERANGGA ANAK TAWON YANG DISENDIRIKAN TIDAK BERSAMA MADU ATAU SARANGNYA (1) HARTA HARAM HALAL BAGI FAKIR MISKIN DAN BOLEH UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK (1) HARUS SELALU PEDULI DENGAN URUSAN SESAMA MUSLIM (1) HUKUM BERBUKA PUASA SUNNAH KETIKA MENGHADIRI UNDANGAN MAKAN (1) HUKUM BERKURBAN DENGAN HEWAN YANG CACAT (1) HUKUM BERSENGGAMA DIMALAM HARI RAYA (1) HUKUM DAN HIKMAH MENGACUNGKAN JARI TELUNJUK KETIKA TASYAHUD (1) HUKUM FAQIR MISKIN BERSEDEKAH (1) HUKUM INSEMINASI BUATAN DAN BAYI TABUNG (1) HUKUM MEMASAK DAN MENELAN IKAN HIDUP HIDUP (1) HUKUM MEMELIHARA MENJUALBELIKAN DAN MEMBUNUH ANJING (1) HUKUM MEMUKUL DAN MEMBAYAR ONGKOS UNTUK PENDIDIKAN ANAK (1) HUKUM MENCIUM MENGHIAS DAN MENGHARUMKAN MUSHAF AL QUR'AN (1) HUKUM MENGGABUNG NIAT QODLO' ROMADLAN DENGAN NIAT PUASA SUNNAH (1) HUKUM MENINGGALKAN PUASA RAMADLAN MENURUT 4 MADZHAB (1) HUKUM MENYINGKAT SHALAWAT (1) HUKUM PUASA SYA'BAN (NISHFU SYA'BAN (1) HUKUM PUASA SYAWWAL DAN HAL HAL YANG BERHUBUNGAN DENGANNYA (1) HUKUM PUASA TARWIYYAH DAN 'ARAFAH BESERTA KEUTAMAAN - KEUTAMAANNYA (1) HUKUM SHALAT IED DIMASJID DAN DIMUSHALLA (1) HUKUM SHALAT JUM'AT BERTEPATAN DENGAN SHALAT IED (1) Hadits Keterbatasan Terkadang Adalah Keitimewaan (1) Hukum Bermakmum Dibelakang Imam Yang Tidak Semadzhab (1) IBADAH JIMA' (BERSETUBUH) DAN MANFAAT MANFATNYA (1) IBADAH TERTINGGI PARA PERINDU ALLAH (1) IBRANI (1) ILMU MUKASYAFAH (WERUH SAK DURUNGE WINARAH) (1) IMAM ABU DAWUD MASUK SURGA GARA GARA MENJAWAB ORANG BERSIN DAN IMAM GHOZALI GARA GARA SEEKOR LALAT (1) IMAM YANG CERDAS YANG FAHAM MEMAHAMI POSISINYA (1) INDONESIA (1) INGAT SETELAH SALAM MENINGGALKAN 1 ATAU 2 RAKAAT APA YANG HARUS DILAKUKAN? (1) INOVASI BID'AH OLEH ULAMA' YANG DITUDUH MEMBID'AH BID'AHKAN (1) ISLAM (1) ISTRI GALAK ADALAH GURU MENJADI WALI ALLAH (1) JANGAN GAMPANG MELAKNAT (1) JUMAT DIGANDAKAN 70 KALI BERKAH (1) Jenazah (1) KAIFA TUSHLLI (XX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (III) - MENEPUK MENARIK MENGGESER DALAM SHALAT SETELAH TAKBIRATUL IHRAM (1) KAIFA TUSHOLLI (XV) - SOLUSI KETIKA LUPA DALAM SHALAT JAMAAH FARDU JUM'AH SENDIRIAN MASBUQ KETINGGALAN (1) KAIFA TUSHOLLI (I) - SAHKAH TAKBIRATUL IHROM DENGAN JEDA ANTARA KIMAH ALLAH DAN AKBAR (1) KAIFA TUSHOLLI (II) - MENEMUKAN SATU RAKAAT ATAU KURANG TERHITUNG MENEMUKAN SHALAT ADA' DAN SHALAT JUM'AT (1) KAIFA TUSHOLLI (IV) - SOLUSI KETIKA LUPA MELAKUKAN SUNNAH AB'ADH DAN SAHWI BAGI IMAM MA'MUM MUNFARID DAN MA'MUM MASBUQ (1) KAIFA TUSHOLLI (IX) - BASMALAH TERMASUK FATIHAH SHALAT TIDAK SAH TANPA MEMBACANYA (1) KAIFA TUSHOLLI (V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (VI) - TAKBIR DALAM SHALAT (1) KAIFA TUSHOLLI (VII) - MENARUH TANGAN BERSEDEKAP MELEPASKANNYA ATAU BERKACAK PINGGANG SETELAH TAKBIR (1) KAIFA TUSHOLLI (VIII) - BACAAN FATIHAH DALAM SHOLAT (1) KAIFA TUSHOLLI (XI) - LOGAT BACAAN AMIN SELESAI FATIHAH (1) KAIFA TUSHOLLI (XII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XIX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XVII) - BACAAN TASBIH BAGI IMAM MA'MUM DAN MUNFARID KETIKA RUKU' (1) KAIFA TUSHOLLI (XVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XX1V) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXIX) - BACAAN SALAM SETELAH TASYAHUD MENURUT PENDAPAT ULAMA' MADZHAB MENGUSAP DAHI ATAU WAJAH DAN BERSALAM SALAMAN SETELAH SHALAT DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) KAIFA TUSHOLLI (XXV) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVI) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXVIII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXX) - (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXI) - DZIKIR JAHRI (KERAS) MENURUT ULAMA' MADZHAB (1) KAIFA TUSHOLLI (XXXII) - (1) KAIFA TUSHOLLI (x) - (1) KAJIAN TINGKEPAN NGAPATI MITONI KEHAMILAN (1) KALIMAH YANG BERISI TAUHID DAN DZIKIR BISA MENGHANTARKAN MASUK SURGA KETIKA DIUCAPKAN TERAKHIR (1) KAPAN ISTRI DAPAT MENGGUNAKAN HARTA DALAM RUMAH SUAMI? (1) KEBERKAHAN KEBERKAHAN MERAYAKAN MAULID NABI (1) KEBERSIHAN DERAJAT TINGGI DALAM SHALAT (1) KECENDERUNGAN SIMPATI SOSIAL (1) KEGAGALAN RIHLAH HATIENUJU ALLAH (1) KEMATIAN ULAMA' DAN AKIBATNYA (1) KEPADA ORANGTUA (1) KESUNNAHAN TABKHIR EMBAKAR DUPA (1) KESUNNAHAN TAHNIK/NYETAKKI ANAK KECIL (1) KETIKA HAJAT TERCAPAI SEMBELIHLAH SYAHWAT DAN MENDEKATLAH KEPADA ALLAH (1) KETIKA ORANG ALIM SAMA DENGAN ANJING (1) KEUTAMAAN ILMU DAN ADAB (1) KEWAJIBAN SABAR DAN SYUKUR BERSAMAAN (1) KHUTBAH JUM'AT DAN YANG BERHUBUNGAN (1) KIFARAT SUAMI YANG MENYERUBUHI ISTRI DISIANG BULAN RAMADHAN (1) KIFAROT (1) KISAH INSPIRATIF AHLU BAIT (SAYYIDINA IBNU ABBAS) DAN ULAMA' BESAR (SAYYIDINA ZAID BIN TSABIT) (1) KISAH PEMABUK PINTAR YANG MEMBUAT SYAIKH ABDUL QADIR AL JAILANIY MENANGIS (1) KREASI BARU IBADAH DAN DOA SUDAH DILEGALKAN SEJAK ZAMAN NABI -๏ทบ- (1) KRETERIA UCAPAN SUNNAH MENJAWAB KIRIMAN SALAM (1) KUFUR AKIBAT MENCELA NASAB KETURUNAN (1) KULLUHU MIN SYA'BAN (1) KURBAN DAN AQIQAH UNTUK MAYYIT (1) Kalam Hikmah Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy (Part I) (1) Kapan Istri Boleh Mengalokasikan Harta Gono Gini Atau Harta Pribadi Suami (1) Kasih Sayang Dan Menyejukkan Hati Dalam Sholat (1) Keirian Nabi -๏ทบ-Yang Beliau Tidak Mengharapkan Ditanyakan Kepada Allah (1) LARANGAN MENYINGKAT SHALAWAT NABI (1) LEBIH UTAMA MANA GURU DAN ORANGTUA (1) MA'MUM BOLEH MEMBENARKAN BACAAN IMAM DAN WAJIB MEMBENARKAN BACAAN FATIHAHNYA (1) MA'MUM MEMBACA FATIHAH APA HUKUMNYA DAN KAPAN WAKTUNYA? (1) MACAM DIALEK AAMIIN SETELAH FATIHAH (1) MACAM MACAM NIAT ZAKAT FITRAH (1) MAKAN MINUM MEMBUNUH BINATANG BERBISA MEMAKAI PAKAIAN BERGAMBAR DAN MENJAWAB PANGGILAN ORANGTUA DALAM SHALAT (1) MALAIKAT SETAN JIN DAPAT DILIHAT SETELAH MENJELMA SELAIN ASLINYA (1) MELAFADZKAN NIAT NAWAITU ASHUMU NAWAITU USHALLI (1) MELEPAS TALI POCONG DAN MENEMPELKAN PIPI KANAN MAYYIT KETANAH (1) MEMBANGUN KEBESARAN DIRI SENDIRI BUKAN HANYA MENGEKOR KEBESARAN MOYANGNYA (1) MEMBAYAR FIDYAH BAGI ORANG ORANG YANG TIDAK MAMPU BERPUASA (1) MEMBELI KITAB ULAMA' MENARIK RIZQI DAN KEKAYAAN (1) MEMPERBANYAK DZIKIR SAMPAI DIKATAKAN GILA/PAMER (1) MENCERITAKAN NIKMAT ALLAH UNTUK KESOMBONGAN (1) MENDIRIKAN SHALAT JUM'AT DALAM SATU DESA KARENA KAWATIR TERSULUT FITNAH DAN PERMUSUHAN (1) MENGAMBIL UPAH DALAM IBADAH (1) MENGHADIAHKAN MITSIL PAHALA AMAL SHALIH KEPADA NABI ๏ทบ (1) MENGIRIM MITSIL PAHALA KEPADA YANG MASIH HIDUP (1) MENUTUPI AIB ORANG LAIN DAN MEMANDANG KASIH SAYANG KEPADA PELAKU MAKSIAT DAN DOSA (1) MERAWAT JENAZAH MENURUT QUR'AN HADITS MADZAHIB DAN ADAT JAWS (1) MUHASABATUN NAFSI INTEROPEKSI DIRI (1) MUSIBAH ITU MENYEBAR TIDAK PANDANG BULU (1) MUTIARA HIKMAH DAN FAIDAH (1) Manfaat Ucapan Al Hamdulillah (1) Membagusi Akhlaknya Bersama Manusia (1) Membungkuk Rukuk Mencium Lantai Sujud Kepada Makhluk (1) Mencaci Mayyit Dapat Menyakiti Kerabatnya Yang Masih Hidup Dan Dapat Menimbulkan Keburukan Keburukan (1) NABI DAN RASUL (1) NIAT PUASA SEKALI UNTUK SEBULAN (1) NISHFU AKHIR SYA'BAN (1) ORANG GILA HUKUMNYA MASUK SURGA (1) ORANG SHALIHPUN IKUT TERKENA KESULITAN HUJAN DAN GEMPA BUMI (1) Orang Awwam Dan Yang Menjadi Madzhab Atau Taklidnya (1) Orang Disebut Sufi Jika Selalu Beristiqamah Bersama Allah Azza wa Jalla (1) PAHALA KHOTMIL QUR'AN (1) PENGHORMATAN MURID PADA GURU MURSYID SECARA LAHIR (1) PENGHORMATAN SECARA LAHIR SEORANG MURID KEPADA GURU MURSYIDNYA (1) PENGHUNI KUBUR SURGA ATAUPUN NERAKA (1) PENIS DAN PAYUDARA BERGERAK GERAK KETIKA SHALAT (1) PENYELEWENGAN AL QUR'AN (1) PERAWATAN JENAZAH BAG I & II & III (1) PERAWATAN JENAZAH BAG IV (1) PERAWATAN JENAZAH BAG V (1) PERAWATAN JENAZAH BAG VI (1) PESAN MBAH HAMID PASURUAN TENTANG KEHIDUPAN (1) POSISI IMAM SHOLAT JENAZAH DIMANAKAH? (1) PRAKTEK JUAL BELI SALING MERELAKAN BARANG DAGANGANNYA TANPA MENGUCAPKAN JUAL BELI (1) PREDIKSI LAILATUL QADAR (1) PUASA QODLO' (1) PUASA SUNNAH 6 HARI BULAN SYAWAL DISELAIN BULAN SYAWWAL (1) PUASA SYAWWAL DAN PUASA QADLO' (1) PUJIAN ALLAH BAGI ORANG YANG MEMBANGUNKAN RUMAH TINGGAL BAGI PENDAKWAH ILALLAH (1) PUJIAN ALLAH KEPADA ORANG YANG MAU MENGAMBIL PELAJARAN DARI KISAH ORANG ORANG DAHULU (1) Paparan Syuyukh Guru Guru Murobbi Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy) (1) QISHOH ISLAMI (1) Qashidah (1) RAHASIA BAPAK PARA NABI DAN PILIHAN PARA NABI DALAM TASYAHUD SHALAT (1) RAHASIA HURUF DHOD PADA LAMBANG NU (1) RESEP MENJADI WALI (1) Rahasia Titik Huruf Ba' Dalam Al Qur'an Dan Pahala Berdakwah Walaupun Cuma Dapat 1 Orang (1) SAHABAT QULHU RADLIYYALLAHU 'ANHUM (1) SANAD SILSILAH ASWAJA (1) SANG GURU ASLI (1) SAYYID MUHAMMAD ALAWIY AL MALIKIY AL HASANIY KAYA RAYA NAMUN TETAP ZUHUD (1) SEDEKAH SHALAT (1) SEDEKAH TAK SENGAJA (1) SEJARAH TAHNI'AH (UCAPAN SELAMAT) IED (1) SEMBELIHAN (1) SERBA SERBI PENGGUNAAN INVENTARIS MASJID (1) SETIAP ABAD PEMBAHARU ISLAM MUNCUL (1) SHADAQAH SHALAT (1) SHALAT DAN FAIDAHNYA (1) SHALAT IED DIRUMAH KARENA SAKIT ATAU WABAH (1) SHALAT JUM'AT DISELAIN MASJID (1) SHOLAT REBO WEKASAN DIANTARA PRO DAN KONTRA (1) SIKAP MURID KETIKA BATINNYA MENGINGKARI PERINTAH GURU MURSYIDNYA (1) SILATURRAHMI SESAMA ARWAH (1) SILSILAH SYAIKH JUMADIL KUBRA TURGO JOGJA (1) SIRAH BABI DAN ANJING (1) SIRAH DAN FAIDAH (1) SIRAH DZIKIR BA'DA MAKTUBAH (1) SIRAH NABAWIYYAH (1) SIRAH NIKAH MUT'AH DAN NIKAH MISYWAR (1) SIRAH PERPINDAHAN QIBLAT (1) SIRAH THAHARAH (1) SIRAH TOPI TAHUN BARU MASEHI (1) SUAMI ONANI DENGAN TANGAN ISTRI DAN MENJILATI KEMALUAN ISTRINYA (1) SUHBAH HAQIQAH (1) SUM'AH (1) SUNNAH MENCERITAKAN NIKMAT YANG DIDAPAT KEPADA YANG DIPERCAYA TANPA UNSUR RIYA' (1) SURGA IMBALAN YANG SAMA BAGI PENGEMBAN ILMU PENOLONG ILMU DAN PENYEBAR ILMU HALAL (1) SUSUNAN MURAQIY/BILAL SHALAT TARAWIH WITIR DAN DOA KAMILIN (1) SYAIR/DO'A BAGI GURU MUROBBI (1) SYAIR/DO'A SETELAH BERKUMPUL DALAM KEBAIKKAN (1) SYARI'AT DARI BID'AH (1) Sedekah Boleh Dibelanjakan Sesuai Keinginan Selama Pemberi Tidak Menentukan Gunanya (1) Semua Yang Diperbolehkan Oleh Allah Adalan Sunnah Rasulullah -๏ทบ- (1) Silsilah Nasab Abuya Prof. DR. Sayyid Muhammad 'Alawiy Al Malikiy Al Hasaniy (1) TA'JIL UNIK LANGSUNG BERSETUBUH TANPA MAKAN MINUM DAHULU (1) TAAT PADA IMAM ATAU PEMERINTAH (1) TAHALLUL CUKUR GUNDUL ATAU POTONG RAMBUT SELESAI HAJI DAN UMROH (1) TAKBIR IED MENURUT RASULULLAH DAN ULAMA' SUNNI (1) TALI ALLAH BERSATU DAN TAAT (1) TATACARA SHALAT ORANG BUTA ATAU BISU DAN HUKUM BERMAKMUM KEPADA KEDUANYA (1) TEMPAT SHALAT IED YANG PALING UTAMA AKIBAT PANDEMI (WABAH) CORONA (1) TIDAK BOLEH KURBAN DENGAN KUDA NAMUN HALAL DIMAKAN (1) TIDAK PERLU TEST DNA SEBAGAI BUKTI DZURRIYYAH NABI -๏ทบ- (1) TIDAK RUGI MENGABIL HIKMAH DARI MANAPUN DAN DARI SIAPAPUN (1) TIGA KATA KETELADANAN DALAM AL QUR'AN (1) TREND SHALAT MEMAKAI SARUNG TANGAN DAN KAOS KAKI DAN HUKUMNYA (1) TUTORIAL ACUNG JARI KETIKA TASYAHUD (1) T̳I̳P̳ ̳C̳E̳P̳E̳T̳ ̳J̳A̳D̳I̳ ̳W̳A̳L̳I̳ ̳A̳L̳L̳O̳H̳ (1) UCAPAN HARI RAYA MENURUT SUNNAH (1) UCAPAN NATAL ANTARA YANG PRO DAN KONTRA (1) ULANG TAHUN RASULILLAH (1) URUTAN SILSILAH KETURUNAN ORANG JAWA (1) Ulama' Syafi'iyyah Menurut Lintas Abadnya (1) WAJIB BERMADZHAB UNTUK MENGETAHUI MATHLA' TEMPAT MUNCULNYA HILAL (1) WAJIB NIAT MASUK WAKTU MAGHRIB HINGGA SEBELUM SUBUH (1) YAUMU SYAK) (1) ZAKAT DIBERIKAN SEBAGAI SEMACAM MODAL USAHA (1) ZAKAT FITRAH 2 (1) ZAKAT FITRAH BISA UNTUK SEMUA KEBAIKKAN DENGAN BERBAGAI ALASAN (1)
Back To Top